13 Tips Dan Trik Untuk Fotografi iPhone yang Lebih Baik

13 Tips Dan Trik Untuk Fotografi iPhone yang Lebih Baik

IPhone dikemas dengan alat fotografi yang kuat untuk membantu Anda mengambil foto sebaik mungkin. Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya, mode pencahayaan apa yang harus saya gunakan? Apakah ini saat yang tepat untuk mode potret? Apa itu HDR? Mengapa foto saya tidak terlihat seperti orang lain di Instagram?

Kami telah menyusun daftar 13 Tips dan Trik penting ini untuk membantu Anda membawa fotografi iPhone Anda ke tingkat berikutnya. Plus, mengambil foto berkualitas tidak selalu tentang teknologi, penting untuk mengetahui beberapa teknik komposisi dasar yang digunakan oleh fotografer dan pembuat konten.

 

Komposisi

  1. Tetap Sederhana

Selain alat yang kuat, komposisi mungkin merupakan bagian terpenting dari foto yang bagus. Menjaga agar tetap sederhana berarti membatasi gambar Anda untuk satu atau dua subjek.

  1. Bidik dari sudut yang berbeda

Sebagian besar foto diambil dari ketinggian dada dan tampilan ini bisa sedikit basi (kecuali jika Anda mengambil potret seseorang). Cobalah memotret subjek yang membentuk sudut rendah untuk memasukkan lebih banyak ruang negatif, seperti langit. Tidak hanya akan menawarkan perspektif lingkungan Anda yang baru, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk menangkap detail menarik di latar depan seperti rumput atau pantulan di dalam air.

  1. Buat Kedalaman

Foto bisa sederhana tetapi masih termasuk subjek di latar depan, jalan tengah dan latar belakang. Bahkan, ia memberikan konteks dan efek tiga dimensi, memberikan penonton perspektif yang mirip dengan mata manusia. Juga perhatikan elemen dramatis dan berdampak alami seperti bayangan, refleksi, riak air, dan siluet.

Cara lain untuk menangkap kedalaman adalah dengan memasukkan garis depan dalam komposisi Anda. Ini adalah garis alami – jalur kereta api, jalan, garis pantai, pagar, bayangan, dll. – yang mengarahkan mata pemirsa dari depan gambar ke belakang.

 

  1. Komposisi Diagonal

Jika foto Anda terasa agak tidak seimbang, atau Anda kesulitan membingkai latar depan, tengah, dan latar belakang, coba selaraskan secara diagonal. Ini adalah contoh yang bagus dari latar depan yang dimulai di kanan bawah, dan sungai bertindak sebagai garis terdepan menuju puncak raksasa di kiri belakang.

  1. Simetri

Terlepas dari aturan pertiga, gambar yang disusun secara simetris adalah klasik dan menawarkan daya tarik yang tidak dapat disangkal. Saat membingkai foto simetris, pastikan bahwa subjek Anda berada tepat di tengah, atau efeknya mungkin hilang atau terlihat sedikit canggung.

Praktek Menembak

  1. Stabilisasi

Untuk gambar dengan kualitas terbaik, iPhone Anda harus distabilkan dengan sempurna, jadi bawa saja tripod ke mana pun Anda pergi! Jelas itu tidak akan terjadi. Alternatifnya adalah menemukan cara kreatif untuk menstabilkan lengan Anda saat memotret. Jika memungkinkan, gunakan kedua tangan untuk memegang telepon, sandarkan siku Anda pada permukaan yang keras, atau sandarkan bahu Anda pada benda padat. Ingat, tombol rana tidak mengambil gambar sampai jari Anda terlepas. Jadi, jangan mengetuk ponsel Anda, yang menyebabkan getaran, cobalah menekan dan melepaskan tombol dengan lembut. Atau untuk meningkatkan stabilitas, coba gunakan fitur pengatur waktu, atur menjadi 3 detik, stabilkan telepon Anda, dan biarkan rana otomatis melakukan sisanya.

 

  1. Bersihkan lensa Anda

Ini mungkin hal nomor satu yang orang lupa lakukan sebelum mengambil foto. Ponsel Anda memantul sepanjang hari dan lensa biasanya tertutup noda. Ingatlah selalu untuk segera menghapusnya sebelum memotret.

 

  1. Gunakan HDR

Apa itu HDR? Ini adalah singkatan dari High Dynamic Range, dan ini adalah alat yang dirancang untuk menangkap detail dalam semua nada cahaya yang berbeda dalam foto – sorotan, midtone, dan bayangan. Ini bekerja dengan mengambil tiga eksposur berbeda dari gambar yang sama dan memadukannya. Dengan begitu tidak ada yang hilang dari paparan berlebihan atau bayangan gelap. Yang tersisa adalah gambar yang sangat detail dengan rentang warna dan nada yang dinamis. Anda mungkin memperhatikan bahwa HDR Anda tampak sedikit datar, dengan kekontrasan yang kurang, tetapi itu berarti sedang melakukan tugasnya. Anda perlu menggunakan aplikasi atau program pengeditan dengan foto HDR untuk membuka potensi mereka.

 

 

  1. Gunakan fokus & eksposur

Anda mungkin sudah mengetuk layar pada kamera untuk menarik fokus, tetapi apakah Anda tahu bahwa jika Anda menekan dan menggeser layar dapat memindahkan eksposur ke atas atau ke bawah pada gambar Anda? Mengatur eksposur yang tepat sebelum Anda mengambil bidikan sangat penting untuk memaksimalkan detail dan meminimalkan highlight yang berlebihan.

 

  1. Hindari zoom digital

Jika Anda tidak menggunakan iPhone yang memiliki zoom optik (plus model & X). Hindari fitur zoom, karena itu hanya akan memperluas piksel dan kompromi detail gambar Anda.

 

 

  1. Hindari menggunakan pra-filter

Lebih baik bekerja dengan kanvas kosong, yang mempertahankan sebanyak mungkin warna dan detail alami sehingga Anda memiliki opsi pengeditan yang lebih dinamis.

Alat iPhone

  1. Memilih mode

IPhone terbaru memiliki banyak mode pemotretan di kotak alatnya, dan terkadang sangat sulit untuk mengetahui mana dan kapan harus memilih.

Mode Potret: Ini bisa dibilang mode baru paling menarik yang ditawarkan iPhone. Ini dirancang untuk memberikan keunggulan pada subjek Anda dengan mensimulasikan bokeh di latar belakang, pada akhirnya melunakkan gambar dan memberikannya tampilan yang lebih profesional / artistik. Apple merekomendasikan melayang sekitar 8 kaki jauhnya dari subjek, dan menggunakan cahaya lembut / tersebar untuk hasil terbaik.

Pencahayaan Potret: Anda akan melihat segi enam kecil di bagian bawah layar saat dalam mode potret. Ini menawarkan Anda 5 jenis pencahayaan alami, studio, kontur, dan mono. Mereka semua mengambil pendekatan berbeda untuk menerangi subjek Anda. Pencahayaan studio mungkin merupakan mode yang paling dapat diandalkan, karena berperilaku serupa di sebagian besar situasi; itu mencerahkan wajah subjek Anda dan membuat highlight benar-benar muncul. Pencahayaan kontur memberikan efek yang lebih dramatis dengan menonjolkan bayangan dan definisi. Untuk ikhtisar lengkap tentang alat ini, artikel ini menawarkan beberapa informasi hebat.

Mode Berurutan: Jika Anda kesulitan menangkap momen sempurna dalam waktu – mata terbuka, segala sesuatu dalam fokus, senyum sempurna, dll. – lakukan apa yang dilakukan profesional dan ambil lusinan foto. Tekan terus tombol rana dan kamera Anda akan mengeluarkan gambar sepersekian detik selama Anda memegangnya.

Foto Langsung: Untuk fotografi yang memikat, Anda tidak perlu menggunakan fitur foto langsung. Agak menarik perhatian dan membutuhkan banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda.

 

  1. Pertimbangkan aplikasi kamera pihak ketiga

App store memiliki beberapa aplikasi kamera pihak ketiga yang benar-benar hebat yang berjanji untuk membuat iPhone Anda sedekat mungkin dengan DSLR. Anda dapat memiliki kontrol manual penuh atas eksposur, kecepatan rana, iso, eksposur, dan lainnya. Sebagian besar memotret dalam RAW yang berarti, gambar yang kuat, penuh dengan data. Ini menciptakan kemungkinan pengeditan yang jauh lebih dinamis. Kami sangat merekomendasikan ProCam5, ProCamera, atau Adobe Lightroom.

Jadikan foto Anda sederhana, ikuti aturan dasar fotografi, dan pahami alat perangkat lunak kamera. Pedoman ini harus dengan cepat membawa foto Anda ke tingkat selanjutnya!

Sinyaliti.com
BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?‚Äč

Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

HUBUNGI WEFIXIT
WhatsApp chat