8 Pengaturan Aplikasi iPhone Yang Harus Diketahui

8 Pengaturan Aplikasi iPhone Yang Harus Diketahui

 

Pernahkan Anda memikirkan jika perangkat iPhone yang Anda miliki diretas oleh seseorang  ?

Untungnya, ada cara untuk menjaga data agar tetap aman dan terlindungi di perangkat Anda. Bahkan menjadikannya sulit bagi orang yang tidak berwenang untuk melihatnya. Berikut penjelasannya :

  1. Perbarui iOS

Cara yang terbaik untuk menjaga keamanan iPhone (atau iPad) Anda adalah dengan selalu memasang  iOS versi terbaru. Ini penting karena ketika peretas menemukan kelemahan keamanan di iOS (atau sistem operasi apa pun), Apple menambalnya di pembaruan perangkat lunak.

Untuk memperbarui iPhone Anda, Anda dapat menginstal pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) atau di komputer Anda melalui iTunes.

Untuk pembaruan OTA :

Buka Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika ada pembaruan untuk diinstal, ketuk opsi Unduh dan Instal.  Anda akan melihat pesan perangkat lunak Anda terbaru.

Saat pembaruan diinstal, akan muncul logo Apple di layar dengan bilah untuk menunjukkan kemajuan. Setelah terinstal, iPhone atau iPad Anda dimulai ulang secara otomatis.

Perbarui iPhone Melalui iTunes

Untuk memperbarui melalui iTunes:

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer yang Anda
  • Buka iTunes dan pilih perangkat Anda di sudut kiri atas jendela.
  • Klik Ringkasan di bilah sisi, lalu klik Periksa Pembaruan.
  • iTunes akan memberi tahu Anda. Jika pembaruan tersedia, cukup pilih Unduh dan Perbarui. Anda mungkin perlu memasukkan kode sandi di perangkat Anda jika terkunci.

iTunes bisa sedikit lambat dalam mendeteksi pembaruan perangkat lunak baru daripada OTA. Maka dari itu lakukan pembaruan OTA demi kenyamanan. Tetapi, jika tidak bisa, perbarui melaui iTunes adalah alternative yang bagus.

  1. Aktifkan Find My iPhone

Find My iPhone tidak hanya membantu Anda menemukan iPhone Anda yang hilang, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menghapus data Anda dari jarak jauh jika hilang atau dicuri.

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Anda Menggunakan Layanan Lokasi

Untuk mengaktifkan Find My iPhone:

  • Buka Pengaturan> iCloud.
  • Pilih iCloud
  • Ketuk Find My iPhone dan pastikan toggle berwarna hijau untuk mengaktifkannya.
  • Anda juga dapat mengaktifkan Kirim Lokasi Terakhir, yang secara otomatis mengirim lokasi terakhir iPhone ketika baterai mencapai tingkat yang sangat rendah.
  • Temukan Lokasi iPhone saya

Untuk menggunakan Find My iPhone untuk mencari atau menghapus perangkat Anda dari jarak jauh:

  • Masuk ke akun iCloud Anda dari perangkat iOS yang berbeda atau dari situs web iCloud.
  • Pilih Temukan iPhone Saya.
  • Secara default, Find My iPhone menampilkan semua perangkat yang ditautkan di mana Find My iPhone sudah aktif.

Ada tiga opsi untuk semua perangkat: Putar Suara, Mode Hilang, dan Hapus iPhone.

Play Sound mengirimkan sinyal ke perangkat Anda untuk membantu Anda menemukannya jika ada di dekatnya.

Mode Hilang memungkinkan Anda untuk menulis pesan (termasuk nomor kontak) yang ditampilkan di layar kunci iPhone.

Hapus iPhone akan mengatur ulang semua pengaturan dan informasi yang tersimpan di perangkat lain kali terhubung ke internet.

  1. Gunakan Otentikasi Dua Faktor

Dengan pelanggaran data dan hacking reguler, Anda tidak akan pernah bisa terlalu aman. Itu sebabnya semua orang harus mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) pada akun iCloud mereka.

Saat Anda mengaktifkan 2FA dan masuk dari perangkat baru untuk pertama kalinya, Anda akan mendapatkan prompt untuk kode verifikasi enam digit. Kode ini ditampilkan di perangkat tepercaya Anda. Dengan demikian, mengaktifkan 2FA di akun Anda akan aman.

Untuk mengaktifkan 2FA dengan iPhone Anda:

  • Untuk iOS 10.3 dan yang lebih baru, buka Pengaturan> [Nama Anda]> Kata Sandi & Keamanan. Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau yang lebih lama, Anda masih dapat mengakses 2FA dengan masuk ke Pengaturan> iCloud> Apple ID> Kata Sandi & Keamanan.
  • Ketuk Aktifkan Otentikasi Dua Faktor, lalu Lanjutkan.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan dan memverifikasi nomor telepon Anda. Dengan melakukan ini, Apple dapat mengirimi Anda kode verifikasi melalui teks atau panggilan telepon.
  • Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Apple mengirimkan kode ke nomor itu menggunakan metode yang Anda pilih. Masukkan kode verifikasi itu, lalu 2FA diaktifkan untuk akun Anda.

  1. Gunakan Kode Sandi yang Lebih Panjang

Untuk memastikan data aman, sebaiknya gunakan kode sandi anka yang lebih panjang ( 8 hingga 10 digit) atau bahkan sandi alfanumerik, yang dapat terdiri dari huruf dan angka.

Untuk mengubah kode sandi Anda:

  • Buka Pengaturan> Sentuh ID & Kode Sandi (atau ID Wajah & Kode Sandi untuk pengguna iPhone X).
  • Konfirmasikan kode sandi Anda saat ini.
  • Pilih Ubah Kode Sandi.
  • Masukkan kembali kode sandi Anda saat ini.
  • Masukkan kode sandi baru. Jika sebelumnya Anda menggunakan kode sandi empat atau enam digit, ketuk pada Opsi Kode Sandi. Ini menampilkan Kode Numerik Khusus dan Kode Alfanumerik Kustom.
  • Ketuk jenis kode sandi yang ingin Anda gunakan, masukkan kode baru Anda, verifikasi, dan set.
  1. Secara Otomatis Menghapus Data iPhone

Apple menyediakan fitur praktis lain untuk memperkuat kode sandi Anda. Pengaturan iOS bernama Erase Data muncul setelah 10 upaya kode sandi gagal. Jika diaktifkan, semua yang ada di ponsel Anda akan nuked jika Anda memasukkan kode sandi yang salah 10 kali pada perangkat. Ini melindungi seseorang yang memegang perangkat Anda dan mencoba membukanya secara paksa.

Untuk mengaktifkan Hapus Data:

  • Buka Pengaturan> Sentuh ID & Kode Sandi.
  • Masukkan kode sandi Anda saat ini.
  • Gulir ke bawah hingga Anda melihat Hapus Data.
  • Pastikan sakelar berwarna hijau untuk mengaktifkannya.
  1. Matikan Siri

Layar iPhone Lock Siri Disable

Meskipun Siri dapat membantu, dan juga dapat memberikan informasi pribadi kepada orang yang salah di layar kunci Anda. Untungnya, ada cara untuk mencegah hal ini terjadi:

Buka Pengaturan> Sentuh ID & Kode Sandi.

Masukkan kode sandi Anda.

Gulir ke bawah ke Siri di bawah bagian Allow Access When Locked dan matikan (slider putih alih-alih hijau).

  1. Matikan Isi Otomatis

Fitur Keychain Apple menyimpan kata sandi login akun Anda dan bahkan informasi kartu kredit di akun iCloud Anda. Anda kemudian dapat menggunakan fungsionalitas Isi Otomatis agar iOS secara otomatis mengisi informasi Anda.

Anda dapat mematikan IsiOtomatis untuk tujuan keamanan:

Buka Pengaturan> Safari> IsiOtomatis.

Matikan sakelar untuk setiap pengaturan (Info Kontak, Nama dan Kata Sandi, dan Kartu Kredit).

  1. Gunakan Aplikasi yang Mengamankan dan Mengenkripsi Data Anda

Kami telah membahas beberapa cara bawaan terbaik untuk melindungi data iPhone Anda dari pengintaian. Tetapi penting juga untuk memastikan bahwa data Anda aman ketika Anda mengakses internet atau mengirim pesan di ponsel Anda.

Perhatikan bahwa aplikasi antivirus iPhone pada dasarnya tidak berguna. Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi seperti yang di bawah ini untuk benar-benar melindungi privasi dan keamanan Anda. Dan untuk aplikasi iPhone yang berfungsi dengan Touch ID dan Face ID.

Aplikasi Pesan Aman untuk iOS

Meskipun semua perangkat Apple menggunakan iMessage untuk obrolan dan Apple menghormati privasi pengguna, ini mungkin tidak cukup untuk Anda. Saat itulah Anda harus melihat ke beberapa aplikasi perpesanan iOS aman yang dapat diandalkan dan menempatkan keamanan sebagai prioritas nomor satu mereka.

Tetap Aman dan Aman di iOS

Menjaga informasi sensitif Anda tetap aman di iPhone Anda mungkin terdengar agak berlebihan, tetapi lebih mudah daripada yang Anda pikirkan, terutama dibandingkan dengan keamanan perangkat Android.

Sekarang, Anda sudah tahu mengenai trik pengaturan keamanan, Informasi Anda harus aman. Namun, sebaiknya tetap waspada terhadap ancaman keamanan yang dapat mengeksploitasi perangkat iOS

 

Sinyaliti.com
BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?​

Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

HUBUNGI WEFIXIT
WhatsApp chat