Android P Bakal Didukung Fitur Blokir Penelpon Gelap

Sinyaliti.com – Sebelumnya Google dikabarkan tengah bersiap-siap untuk merilis Android P versi pengembang. Program Android P Developer Preview 1 ini diperkirakan akan segera diluncurkan pada pertengahan Maret 2018 ini.

Android P sendiri merupakan penerus dari Android Oreo, dimana disebut-sebut akan menawarkan perubahan fitur yang sangat signifikan, terutama untuk hal yang berkaitan dengan privasi.

Tak hanya itu saja, bahkan kabarnya Android P akan dibekali dengan fitur untuk memblokir penelpon gelap. Sehingga pengguna tidak akan mudah diganggu oleh orang yang tak dikenal.

Kehadiran fitur untuk memblokir penelpon gelap tersebut tentu saja dianggap sebagai akhir dari sepak terjang telemarketer yang kadang membuat pengguna ponsel tidak nyaman.

Lantas, seperti apa detail fitur dari Android P ini?

Fitur baru Android P sendiri memiliki kemampuan yang dapat memblokir panggilan telepon dari nomor yang tidak ada di kontak, private number, nomor dari pay pon, dan nomor yang tidak memiliki caller ID. Dimana fitur tersebut dapat dinonaktifkan dalam kondisi tertentu.

Namun sebenarnya fitur yang ditawarkan oleh Android P ini bukanlah hal yang baru. Karena sebelumnya beberapa smartphone Android dengan UI pabrikan pun telah memiliki fitur semacam ini, sebut saja Xiaomi MIUI dan Asus Zen UI.

Meski demikian, kehadirannya di Android P membuat fitur Android stock kian lengkap. Informasi kehadiran fitur pemblokir telepon gelap untuk Android P ini diketahui dari munculnya fitur tersebut di AOSP.

Fitur ini ditambahkan dari seorang insinyur Sony, dan diketahui oleh salah seorang member dari XDA Developer. Sebelumnya, Android P dikabarkan memiliki fitur menghilangkan akses ke kamera saat ponsel dalam kondisi idle.

Saat ini, aplikasi dapat mengakses kamera ponsel saat smartphone dalam kondisi idle melalui background tanpa memberitahu pengguna. Hal ini tentu mengurangi privasi dan keamanan pengguna ponsel.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password