Review Blackberry DTEK50: HP Midrange Blackberry

Sinyaliti.com – Ponsel Android kedua dari BlackBerry bernama DTEK50 telah rilis. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, dan dibekali software keamanan yang cukup mumpuni, handset ini diharapkan mampu menarik banyak konsumen. Berikut ini detail spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Blackberry DTEK50 ini sobat Sinyaliti.

Spesifikai Detail Blackberry DTEK50

Desain Blackberry DTEK50

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Semuanya dari lengkungan di bagian atas dan bawah, sudut bulat, sisi datar, dan dual front-facing dan pemasangan speaker yang berada dibelakang. Satu-satunya elemen desain yang membedakannya dari Alcatel Idol 4s adalah pada bagian punggung. Alih-alih tersedia kaca dibagian belakang, DTEK50 memiliki bahan bertekstur dengan nuansa silikon.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Perbedaan ini memang sangat ampuh dalam mendukung smartphone BlackBerry. Ftur Sidik jarinya, memungkinkan untuk penggunaan banyak grip. Sementara untuk bentuk umum DTEK50 akan mengingatkan penggunanya pada Nexus 4. Terutama ketika melihat dari depan.  Desain yang sederhana, bersih, dan mudah digunakan dengan satu tangan.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Slot SIM dan kartu microSD ada pada sisi kanan, headphone jack dan port microUSB berada di bagian atas dan bawah.  Sebanding dengan harga Blackberry DTEK50 yang dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong. Smartphone ini memang memiliki layar beresolusi tinggi yang dioptimalkan oleh panel IPS LCD dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar berbentang 5.2 inci tersebut memiliki kepadatan layar mencapai 424 ppi, dan kabarnya telah dilindungi lapisan Scratch-resistant glass yang dipadukan dengan lapisan oleophobic coating. Alhasil kualitas layarnya akan sangat baik, dan mampu memanjakan mata ketika menggunakannya.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Smartphone ini memiliki desain elegan dengan bodi berdimensi panjang 147 mm, lebar 72.5 mm, dan ketebalan 7.4 mm. Bobotnya cukup ringan dengan berat 135 gram. Sayangnya ponsel ini masih memakai bodi berbahan plastik yang bagian belakangnya memiliki casing bertexture agar semakin nyaman ketika sobat genggam.

back to menu ↑

Fitur

Salah satu aspek terbaik dari DTEK50 adalah setup speaker dari perangkat. Sobat Sinyaliti akan dimanjakan dengan speaker ganda yang menghadap ke depan serta speaker ganda pada bagian belakangnya, apalagi dari kualitas suaranya yang cukup baik. Dengan suara yang lantang dan audio tidak terdengar nyaring atau menjadi terdistorsi di volume tertinggi.

Karena speaker juga dipantulkan pada bagianbelakang, dan sobat sinyaliti dapat menempatkan bagian depan telepon pada bagian atas atau bawah tanpa mengalami penurunan kualitas suara. Satu-satunya masalah dengan speaker ini adalah pada bagian lubangnya yang kecil, jadi sangat rentan ketika kotor dan berpotensi menjadi sarang debu sobat sinyalti.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Hanya tersedia memori internal berkapasitas 16GB. Jadi sobat Sinyaliti wajib menambahkan screen guard untuk menambah ruang penyimpanan smartphone ini. Sensor yang ada didalamnya juga sangat lengkap, seperti Accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Nama DTEK sendiri diambil dari nama sistem keamanan buatan Blackberry. Sistem tersebut mampu memonitor keamanan sistem dengan cara mengatur akses ke kontak dan lokasi. Selain itu, DTEK juga akan mengeluarkan peringatan apabila ada orang yang mengambil pintur dan video tanpa sobat ketahui. Masih banyak lagi kelebihan DTEK yang dirancang secara khusus untuk melindungi privacy dan kemanan data yang tersimpan didalam Blackberry DTEK50. Berbicara mengenai media penyimpanan, ponsel ini memiliki memori internal sebesar 16GB dan dapat diperluas dengan menambahkan microSD.

Sangat disayangkan smartphone ini belum dilengkapi sensor pemindai sidik jari. Mungkin Blackberry ingin membanderol harga Blackberry DTEK50 lebih murah, sehingga mereka menghilangkan fitur tersebut. Kemudian untuk urusan konektivitas, smartphone ini telah dilengkapi teknologi 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, dan Bluetooth V4.2.

back to menu ↑

Performa

Sistem operasi Android Marshmallow 6.0 sudah terinstal didalamnya. Sistem operasi tersebut akan mengoptimalkan kinerja Blackberry DTEK50, sehingga memiliki kinerja lebih stabil dan performa lebih mumpuni ketika dipakai bermain game ataupun menjalankan aplikasi. Sedangkan untuk dapur pacunya, Blackberry mempersenjatai ponsel ini dengan chipset Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617 yang didalamnya memiliki dua cluster processor dengan kecepatan Quad Core 1.5 Ghz Cortex-A53 dan Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53.

Performanya cukup cepat, dan bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai game HD. Pasalnya sudah ada pengolahan grafis bertipe Adreno 405 dan Ram berkapasitas 3GB.

Respon sentuhan yang baik, ketikamembuka, menutup, dan beralih aplikasi tidak mengakibatkan masalah. Sementara untuk bermai game. Permainan game bisa berlangsung sangat lama, dan cenderung mendapatkan banyak lag seperti ketika bermain game Pokemon Go.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

Masalah ini bahkan lebih jelas jika ada banyak elemen grafis pada layarnya ketika beberapa aplikasi dijalankan pada saat yang sama. Permainan seperti CSR Racing 2 membuat grafik pada resolusi yang lebih rendah, dan juga membatasi beberapa fungsi dalam game agar berjalan lancar. Hal ini akan menyulitkan sobat yang memang doyan ngegame, maka DTEK50 bukanlah pilihan yang tepat.

Anda hanya akan mendapatkan kapasitas 16 GB untuk ruang penyimpanan/internal storages, namun perangkat menawarkan penyimpanan yang dapat diperluas melalui kartu microSD hingga 256 GB, jadi jika sobat sinyaliti ingin men-download banyak aplikasi dan game, sobat pasti akan memerlukan kartu microSD.

back to menu ↑

Kamera

Dibalik mahalnya harga Blackberry DTEK50, smartphone ini menawarkan kamera depan 8 Megapixel dengan Aperture berukuran f/2.2 dan kemampuan merekam video Full HD 1080p. Kamera tersebut bisa diandalkan untuk menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi, dan bisa sobat pakai untuk berkomunikasi melalui chating, seperti BBM, Line, hingga Facebook Messenger. Tak hanya itu saja, kamera smartphone ini juga mengadopsi teknologi Wide Angle dengan sudut lebar mencapai 84 derajat, dan dibekali LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan ketika sobat berfoto selfie.

Kemampuan kamera smartphone ini semakin mumpuni dengan hadirnya kamera belakang beresolusi 13 Megapixel. Kamera tersebut mampu menghasilkan foto seflie berkualitas tinggi yang terlihat tajam dan jernih, karena dilengkapi lensa dengan aperture berukuran f/2.0, serta dibekali teknologi Phase Detection Autofocus untuk memaksimalkan ketajamannya. Selain itu, tersedia pula teknologi Dual Tone LED Flash yang membuatnya mampu menghasilkan foto yang lebih jernih ketika sobat mengambil foto dimalam hari.

Blackberry DTEK50: Detail Spesifikasi & Harga

 

back to menu ↑

Baterai

Sedangkan untuk sektor baterai, sudah ada baterai Li-Ion berkapasitas 2.610 mAh yang diklaim memiliki waktu bicara selama 17 Jam (3G), dan massa stand-by mencapai 576 jam sobat sinyaliti. Menariknya lagi, baterai Blackberry DTEK50 mampu bertahan selama 40 jam ketika sobat memakainya untuk memutar musik. Selain itu, tersedia pula teknologi Fast Charging untuk mengoptimalkan kecepatan pengisian baterai. Fitur ini akan sangat bermanfaat, apalagi bagi kamu yang sangat mobile.

Spesifikasi hardware smartphone ini bisa disetarakan dengan Xiaomi Redmi 3 Pro. Sayangnya harga Blackberry DTEK50 dibanderol lebih mahal dari Redmi 3 Pro. Salah satu faktor mengapa harga Blackberry DTEK50 lebih mahal adalah karena faktor software yang ada didalamnya. Smartphone ini bisa dikatakan sebagai smartphone menengah dengan sistem keamanan terbaik, jadi wajar apabila harganya lebih mahal dibandingkan riva-rivalnya sobat sinyaliti. Tertarik memilikinya? Yuk simak reviewnya dalam bentuk video berikut ini sob, klik disini. Baca Juga: Review iPhone SE: Smartphone Termurah Buatan Apple, klik disini

back to menu ↑

Harga Dari Sinyaliti

back to menu ↑

Kesimpulan

8 Total Score
Good!

Blackberry DTEK50 juga hadir dengan desain keren dan dilengkapi dengan spesifikasi tangguh. Blackberry DTEK50 dibekali layar lebar 5,2 inci resolusi Full HD yang sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Ponsel pintar terbaru dari Blackberry ini juga memiliki performa cukup tangguh berkat dukungan prosesor Snapdragon 617, Octa-Core 1,5 GHz yang dipadukan dengan RAM 3 GB.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
8.5
PROS
  • Untuk dapat mengakses internet dengan cepat dan mudah Blackberry DTEK50 sudah dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE.
  • Nah, untuk kamu yang berada diluar area 4G nggak usah khawatir, juga disediakan jaringan 3G HSDPA dan 2G GPRS untuk akses internetnya.
  • Selain itu juga sudah dilengkapi dengan dukungan Dual SIM yang dapat aktif secara bersamaan.
  • Hadir dengan dukungan layar lebar 5,2 inci yang sangat nyaman digunakan dan dipoerasikan walau hanya dengan satu tangan.
  • Ditambah dengan resolusi layar Full HD yang akan membuat tampilan layar terlihat lebih jernih dan enak dipandang mata.
  • Tak hanya itu saja dengan penggunaan teknologi panel layar IPS LCD yang mampu memberikan sudut pandang yang sangat luas. Selain itu juga dapat menghemat daya baterai.
  • Blackberry DTEK50 ini juga sudah menjalankan OS Android terbaru Marsmellow yang banyak menawarkan aplikasi dan fitur menarik.
  • Sedangkan untuk dapur pacunya, ditenagai dengan prosesor Snapdragon 617 yang pastinya memiliki performa tangguh dan pawerfull.
  • Apalagi ditambah dengan adanya RAM 3 GB yang akan membuat aktifitas multitaksing berjalan lebih mulus dan terhindar dari lag.
CONS
  • Belum dilengkapi dengan Fingerprin sensor
  • Baterai non-Removable/ menyatu dengan body, sehingga akan menyulitkan pengguna saat melakukan pergantian baterai ketika baterai rusak.
  • Hadir dengan penyimpanan yang terbatas, yakni memori internal 16 GB untuk menyimpan banyak file dan aplikasi menarik.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0