Cara Melacak iPhone Yang Hilang atau Dicuri

SINYALITI.com – Kehilangan sebuah ponsel memang sangat menjengkelkan. Selain akan mengeluarkan uang extra, karena harus membeli smartphone baru, juga harus menerima kenyataan kehilangan data-data dan nomor kontak penting lainnya.

Tapi tak perlu khawatir! Sebab, melacak smartphone iOS yang hilang dapat kita lakukan berkat hadirnya teknologi GPS yang telah tertanam di perangkat iPhone.

Nah, jika iPhone kesayangan Anda hilang atau mungkin dicuri, di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu Anda menemukannya kembali.

Berikut cara melacak iPhone yang hilang. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Melacak iPhone Yang Hilang

Jika Anda mencari iPhone yang hilang, Anda dapat menggunakan aplikasi yang ada di perangkat Apple untuk menemukan perangkat, melakukan tindakan tambahan untuk membantu memulihkan, dan mengamankan informasi Anda.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

1. Gunakan Aplikasi “Cari Milik Saya”

Untuk menemukan iPhone yang hilang, Anda bisa menggunakan aplikasi “Cari Milik Saya” di perangkat Apple untuk mendapatkannya kembali. Bahkan jika perangkat Anda tersembunyi di bawah bantal kursi, di ruangan lain, atau di tempat lain dalam kota.

Anda bisa melihat lokasi iPhone Anda yang hilang di peta. Caranya, buka aplikasi “Cari Milik Saya”, lalu pilih tab “Perangkat”. Kemudian pilih perangkat untuk melihat lokasinya di peta.

Jika Anda tergabung dalam grup Keluarga Berbagi, Anda dapat melihat perangkat dalam grup.

Melihat di peta.

Selain itu, jika perangkat ada di sekitar, Anda juga dapat membunyikannya untuk membantu Anda, atau seseorang di sekitar akan menemukannya.

Caranya, buka aplikasi “Cari Milik Saya”, kemudian pilih tab “Perangkat”. Lalu pilih “Perangkat Yang Hilang”, kemudian pilih “Putar Bunyi”.

Namun, jika perangkat Anda sedang offline, perangkat tidak akan memutar bunyi sampai perangkat terhubung ke jaringan.

Memutar bunyi.

Selain menggunakan aplikasi “Cari Milik Saya”, Anda juga bisa masuk ke icloud.com/find di web. Caranya, buka iCloud.com, lalu klik “Cari iPhone”.

2. Tandai Sebagai Hilang

Jika Anda mengaktifkan “Tandai Sebagai Hilang”, maka Anda dapat mengamankan informasi Anda meski perangkat iPhone Anda hilang.

Caranya, gunakan “Tandai Sebagai Hilang” untuk mengunci perangkat Anda dari jarak jauh dengan kode sandi, menampilkan pesan khusus dengan nomor telepon Anda di layar terkunci, dan melacak lokasi perangkat Anda yang hilang.

Tandai Sebagai Hilang.

Anda bisa menandai iPhone milik Anda yang hilang dengan cara berikut :

  • Buka aplikasi “Cari Milik Saya”, dan pilih tab “Perangkat”.
  • Pilih perangkat yang hilang.
  • Gulir ke bawah ke “Tandai Sebagai Hilang”, lalu pilih “Aktifkan”.
  • Pilih “Lanjutkan”, lalu masukkan nomor telepon Anda jika Anda ingin menampilkannya pada perangkat yang hilang.
  • Kemudian pilih “Selanjutnya”. Jika ingin, Anda dapat memasukkan pesan khusus untuk meminta penemu perangkat yang hilang agar segera menghubungi Anda.
  • Lalu pilih “Aktifkan”.

Jika Anda menambahkan kartu kredit, debit, atau pra-bayar ke Apple Pay, maka kemampuan melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay di perangkat akan ditangguhkan apabila Anda mengaktifkan “Mode Hilang” di perangkat.

3. Menghapus Perangkat Dari Jarak Jauh

Untuk mencegah orang lain mengakses data di perangkat Anda yang hilang, maka Anda dapat menghapusnya dari jarak jauh.

Namun, saat Anda menghapus perangkat, maka semua informasi (termasuk kartu kredit, debit, atau pra-bayar untuk Apple Pay) akan dihapus dari perangkat. Dan Anda pun tidak dapat menemukannya bila menggunakan aplikasi “Cari Milik Saya” atau aplikasi “Cari iPhone” di iCloud.com.

Setelah dihapus, maka perangkat tidak akan dapat dilacak. Jika Anda menghapus perangkat dari akun setelah dihapus, maka kunci aktivasi akan dimatikan.

Tindakan ini mencegah orang lain mengaktifkan dan menggunakan perangkat Anda.

4. Gunakan “Keluarga Berbagi”

Jika Anda menggunakan “Keluarga Berbagi”, maka sejatinya setiap anggota keluarga dapat membantu Anda menemukan perangkat anggota keluarga lain yang hilang.

Mintalah anggota keluarga Anda untuk masuk ke iCloud dengan ID Apple mereka, dan Anda pun dapat menemukan perangkat apa pun yang terkait dengan akun “Keluarga Berbagi” tersebut.

5. Lapor ke Pihak Berwajib

Laporkan kehilangan atau pencurian perangkat Anda kepada pihak berwajib setempat. Pihak berwajib mungkin akan meminta nomor seri perangkat Anda.

Meski begitu, Anda juga bisa memukan nomor seri perangkat Anda di sini.

Jika perangkat Anda yang hilang dilindungi Apple Care+ dengan Pencurian dan Kehilangan, maka Anda dapat mengajukan klaim atas iPhone yang hilang atau dicuri.

6. Lapor ke Pihak Operator

Laporkan kehilangan atau pencurian perangkat Anda kepada operator nirkabel, agar mereka dapat menonaktifkan akun Anda untuk mencegah panggilan, pesan teks, dan penggunaan data.

Karena boleh jadi perangkat Anda mungkin dilindungi dalam paket operator nirkabel. Selamat mencoba!

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Baterai iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat