10 Cara Mengatasi Performa iPhone Yang Menurun

SINYALITI.com – Biasanya, seiring berjalannya waktu, setiap benda elektronik pasti akan mengalami penurunan performa. Dan hal tersebut juga bisa terjadi pada iPhone, produk besutan Apple yang dianggap sebagai smartphone terbaik di dunia pun tidak lepas dari masalah.

Salah satu tanda yang menjadi tolak ukur performa iPhone semakin menurun adalah masa pakai baterai yang semakin boros.

Nah, untuk mengatasi masalah performa iPhone tersebut, berikut kami sajikan beberapa tips & trick yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan performa iPhone seperti semula.

Dilansir dari Makeusof, Senin (11/11/2019), berikut 10 cara mengatasi performa iPhone yang mengalami penurunan.

10 Cara Mengatasi Performa iPhone Yang Menurun

1. Atur Kembali iPhone

Cara ampuh untuk semua teknologi, termasuk iOS, adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat atau reset.

Memang, ada beberapa situasi dimana cara ini tidak menjadi pilihan pertama, namun trik ini bisa berhasil.

Karena me-reset perangkat lunak stable state setelah urutan kejadian yang tidak terduga menyebabkan iPhone melambat atau crash.

2. Perbarui Perangkat ke iOS 12

Salah satu hal yang membuat iPhone bermasalah adalah ada pada sistem operasinya. Bagi pengguna yang masih menggunakan versi iOS lawas, tentunya akan membuat aplikasi dan fitur yang ada pada perangkat menjadi tidak kompatibel hingga rentan keamanan.

Software Chief Apple, Craig Federighi, mengungkapkan bahwa iOS 12 bisa melakukan tugas seperti membuka aplikasi dengan kecepatan dua kali lipat dibanding iOS 11, demikian seperti dilansiran dari Reuters, Senin (11/11/2019).

Kabar baiknya lagi, iOS 12 juga dapat digunakan oleh beragam produk Apple yang dirilis sejak 2013, seperti iPhone 5s.

Cara memperbaruinya adalah dengan membuka Settings > General > Software Update.

3. Perbarui Aplikasi

Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan sebuah aplikasi, sebaiknya Anda menghapusnya. Sebab, mungkin ada di antaranya yang memiliki banyak data yang sebetulnya tidak penting.

Boleh jadi ruang simpan iPhone Anda dihabiskan oleh aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lainnya.

Dengan membuka tab penggunaan (Usage) dalam pengaturan umum (General Setting), Anda dapat melihat, aplikasi mana saja yang paling sering Anda gunakan.

Anda juga dapat pro-aktif membersihkan data yang tidak dibutuhkan. Menghapus dan kemudian memasang ulang aplikasi akan membuat iPhone Anda kembali bersih dan mengosongkan ruang simpan.

Pastikan pula untuk mengecek apakah sudah ada versi terbaru di App Store atau belum.

Cara manual dapat Anda lakukan adalah melalui App Store, klik tab “Update” yang terletak di bawah antarmuka aplikasi.

Sementara untuk otomatis, Anda bisa meng-klik Pengaturan > lalu Nama Anda > klik iTunes dan App Store. Lalu di bagian “Automatic Download”, Anda bisa geser tombol ke samping.

4. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Konektivitas termasuk masalah besar yang patut Anda atasi. Dalam hal ini, Anda cukup beralih ke Settinggs > lalu klik General > Reset > Reset Network Settings.

Sebagai informasi, dengan me-reset kembali jaringan, maka resikonya Anda akan kehilangan kata sandi Wi-Fi yang tersimpan.

5. Atur Ulang Semua Pengaturan

Mengatur ulang pengaturan di iPhone tanpa menghilangkan data Anda di dalamnya.

Caranya mudah, Anda cukup membuka Settings > lalu klik General > kemudian Reset > Reset All Settings untuk segerai memulainya.

6. Nonaktifkan Layanan Lokasi Untuk Aplikasi Yang Tidak Memerlukan GPS

Meskipun Anda bisa mengaktifkan fitur Geotag untuk kicauan Anda di Twitter, namun menonaktifkan akses GPS untuk kebanyakan aplikasi bisa membantu daya baterai dan kecepatan iPhone.

Di menu iPhone, Layanan Lokasi (Location Service) dapat ditemukan di pengaturan privasi, Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang menggunakan GPS, dan seberapa sering aplikasi itu digunakan.

GPS berguna untuk peta, aplikasi cuaca, dan aplikasi berbasis lokasi seperti Yelp. Namun Anda mungkin tidak perlu mengizinkan Dropbox untuk mengetahui di mana Anda berada.

7. Mengurangi Fitur Animasi iOS dan Meningkatkan Kontras

Versi terbaru iOS memiliki beberapa fitur menarik, seperti Parallax, yang membuat pergeseran latar belakang iPhone saat Anda menggerakkan iPhone. Namun, fitur estetika ini tidak terlalu berguna.

Mematikan fitur-fitur ini akan membebaskan sedikit daya pemrosesan dan memperpanjang daya baterai.

Anda cukup pergi ke panel aksesibilitas (Accessibility) di pengaturan umum, lalu pilih “Kurangi Pergerakan” atau “Reduce Motion”.

Di menu yang sama, ada pilihan “Tingkatkan Kontras” atau “Increase Contrast” yang akan membawa Anda ke beberapa pilihan pengaturan grafis.

8. Membersihkan Foto dan Video

Kelemahan dari kamera seperti iPhone adalah gambar yang ditangkapnya memenuhi hard drive secara cepat.

Rajin melakukan back-up foto dan video serta menghapusnya dari iPhone adalah suatu keharusan, terutama video, karena video memakan banyak ruang.

9. Menonaktifkan ‘Background App Refresh’

Jika Anda sering membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya lagi, aplikasi-aplikasi itu mungkin masih berjalan, bahkan meski Anda tidak menggunakannya.

Lebih baik Anda nnonaktifkan “Background App Refresh”, yang dapat Anda temukan di Pengaturan Umum.

Akan tetapi, membiarkan sejumlah aplikasi tertentu berjalan di latar belakang, seperti Google Maps atau Spotify, juga sangat berguna.

10. Menghapus Pesan Teks Lama

Meskipun tidak sama persis seperti menghapus dan memasang ulang sebuah aplikasi, Anda dapat menghapus pesan teks lama, yang mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan pada iPhone kesayangan Anda.

Jika Anda tidak ingin melakukan hal ini sendiri, Anda juga dapat mengatur agar pesan teks di iPhone Anda dihapus setelah 30 hari. Selamat mencoba!

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Baterai iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat