Facebook Kembangkan Chipset Sendiri

Sinyaliti.com – Facebook dikabarkan saat ini tengah berada di tahap awal pengembangan chip untuk memperkuat perangkat dan server-nya sendiri.

Seperti dilaporkan Bloomberg, baru-baru ini perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dikabarkan tengah menyusun sebuah tim yang tugasnya untuk merancang semi-kondiktor milik mereka sendiri.

Hal ini didasarkan pada daftar pekerjaan yang memanggil manajer end-to-end SoC/ASIC, firmware, dan organisasi pengembangan driver.

Daftar lowongan pekerjaan di Facebook untuk tim tersebut berada di bawah kategori infrastruktur, sehingga sangat mungkin bahwa tim chip nantinya akan mengarah pada kecerdasan buatan (AI) server perusahaan tersebut.

Saat ini, server yang melatih sistem AI Facebook adalah perangkat Nvidia.

Mark Zuckerberg telah mengatakan bahwa AI pada akhirnya akan memainkan peran yang lebih besar dalam menandai konten yang tidak pantas di jejaring sosial tersebut.

Dengan memiliki chipset miliknya sendiri, Facebook juga dapat menghidupkan speaker pintar atau headset Virtual Reality (AR) Oculus-nya di masa depan.

Ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk membuat semacam perbaikan dan pengoptimalan yang hanya dimungkinkan ketika perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi selama seluruh proses pengembangan.

Namun, masalah kepercayaan masih akan menjadi ganjalan bagi Facebook saat ini, menyusul adanya skandal pembocoran data, jika perusahaan tersebut ingin mulai membenamkan chipset miliknya sendiri ke dalam gawai konsumen, demikian The Verge.

“Itu yang kami tanamkan kepada semua pemain.”, katanya.

Meski demikian, dikatakan bahwa upaya ini masih dalam tahap awal. Untuk saat ini, belum jelas apa tujuan dari upaya ini.

Sejauh ini Facebook memang telah membuat hardware, namun mereka tidak membuatnya sendiri. Facebook beberapa kali telah menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, seperti HTC untuk membuat smartphone Facebook pertama.

Mungkin Facebook ingin memiliki cabang bisnis lain untuk menambah pendapatan, atau mungkin mereka memiliki rencana yang lebih besar.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami