Meski Jadul, Feature Phone Masih Banyak Diminati

Sinyaliti.com – Keberadaan feature phone atau ponsel dasar hingga sekarang ini memang masih banyak diminati masyarakat. Bahkan keberadaannya diprediksi akan sulit dihilangkan. Hal ini membuktikan bahwa pangsa pasar untuk feature phone akan tetap ada, dan volume penjualannya masih tergolong besar hingga saat ini.

Dilansir dari laman Telecomlead, bahwa sepanjang tahun 2016, pengapalan produk feature phone tercatat hingga 396 juta unit. Paling besar disumbang oleh Samsung dengan 52 juta unit, kemudian Nokia dengan 35 juta unit.

Nokia memang diketahui masih produktif merakit feature phone. Bahkan sejak Desember 2016 silam, HMD Global secara resmi telah menangani bisnis hardware Nokia, dan sudah merilis beberapa model ponsel murah seperti Nokia 150.

Masih menurut sumber yang sama, di bawah komando Microsoft dan HMD Global, Nokia telah mengapalkan lebih dari 35 juta dengan marketshare 8,9% selama tahun 2017 lalu.

Nokia juga masih tetap menjaga eksistensi di segmen ini, meski jatuh dari volume pengapalan sebesar 90 juta unit di tahun 2015.

Di pertengahan tahun 2017 lalu, HMD Global kembali menelurkan Nokia 3310 Reborn, dimana ponsel ini begitu populer di masanya. Desainnya memang tampil lebih fresh dengan varian warna mencolok. Namun jika bicara soal kemampuan, Nokia 3310 New Version ini tentu hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja.

Tentu hal tersebut adalah wajar, mengingat biasanya pengguna feature phone adalah mereka yang termasuk dalam kategori pengguna pemula atau masyarakat berpenghasilan rendah. Dimana mereka hanya membutuhkan perangkat komunikasi dasar, seperti untuk keperluan bertelepon atau SMS saja.

Mereka juga memiliki alasan kuat untuk memiliki feature phone seperti Nokia 3310 Reborn. Selain katanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah, juga awet dan tidak cepat rusak.

Selain itu, pengguna feature phone biasanya adalah mereka yang menginginkan ponsel dengan baterai yang lebih tahan lama ketimbang smartphone.

Peredarannya pun terbatas hanya merambah pasar-pasar di negara berkembang seperti Asia Tenggara dan Afrika.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password