Foto atau Video di iPhone Hilang?

SINYALITI.com – Salah satu keuntungan dari penggunan perangkat Apple adalah integrasi layanan yang terhubung melalui satu akun Apple ID. Di sini, Anda bisa mengakses semua data yang sama, meskipun menggunakan perangkat Apple yang berbeda.

Namun, apa jadinya jika foto atau video di iPhone hilang dari aplikasi Photos?

Nah, jika foto atau video di iPhone hilang dari aplikasi Photos, cobalah beberapa tips berikut ini untuk membantu Anda menemukannya kembali.

Berikut cara mengembalikan foto atau video yang hilang di iPhone.

Periksa Folder Recently Deleted (Terakhir Dihapus)

Secara tidak sengaja, mungkin foto atau video di iPhone hilang. Dan itu semua berada di dalam galeri Photos.

Nah, jika hal ini terjadi, Anda masih bisa mengembalikan foto atau video di iPhone tersebut agar bisa diakses kembali. Karena dalam praktiknya, gambar berupa foto dan juga video akan berpindah ke dalam folder “Recently Deleted” (Terakhir Dihapus).

Caranya mengembalikannya foto atau video di iPhone hilang tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu masuk dari aplikasi Photos > Album > Recently Deleted.

Jika sudah menemukan foto Anda yang hilang, Anda dapat memindahkannya kembali ke album “All Photos”. Langkah ini dapat Anda lakukan pada iPhone, iPad, ataupun iPod Touch.

Berikut caranya :

1. Ketuk “Select”.

2. Kemudian pilih foto atau video yang ingin Anda kembalikan dari folder > lalu pilih “Recover”.

3. Setelah itu, akan muncul jendela baru untuk melakukan konfirmasikan bahwa Anda ingin memulihkan foto atau video tersebut.

4. Konfirmasikan bahwa Anda ingin memulihkan foto atau video tersebut. Untuk memulihkan beberapa foto, ketuk “Pulihkan”.

5. Item yang terdapat dalam folder “Recently Deleted” akan tetap tersimpan selama 30 hari. Setelah 30 hari, maka item akan terhapus secara permanen.

Pastikan Fitur iCloud Photo Library Sudah Diaktifkan

Saat Anda menyimpan data foto di perangkat iOS, maka foto iCloud akan menyimpan semua foto dan video di iCloud secara aman. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengakses foto yang tersimpan di semua perangkat Apple.

Jika Anda mengambil foto dengan iPhone, tetapi foto tersebut tidak dapat dilihat di perangkat lainnya, maka periksalah pengaturan pada iPhone, iPad, atau iPod Touch milik Anda dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Buka “Setting” atau Pengaturan > [nama Anda] > iCloud.

Namun jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau versi iOS yang lebih lawas, buka Settings > lalu pilih iCloud.

2. Pilih “Photos”.

3. Aktifkan “iCloud Photo Library”.

4. Setelah “iCloud Photo Library” diaktifkan, Anda mungkin harus menyambungkan ke Wi-Fi, lalu menunggu selama beberapa menit.

5. Setelah itu, cari kembali foto atau video tersebut.

Masuk Dengan ID Apple Yang Sama

Agar foto dan video terus diperbarui di semua perangkat, pastikan Anda hanya masuk menggunakan ID Apple yang sama di semua perangkat.

Pastikan pula bahwa Anda sudah masuk ke dalam layanan iCloud dengan menggunakan Apple ID yang sama pada semua perangkat iOS yang Anda miliki.

Anda bisa memeriksa ID Apple yang digunakan perangkat dalam Pengaturan atau System Preferences (pada Mac). Anda akan melihat nama dan alamat email yang muncul pada layar. Alamat email yang muncul di layar itulah ID Apple Anda.

Bagaimana bisa satu akun digunakan pada perangkat yang berbeda?

Pada kenyataannya, hal ini memungkinkan, meski terasa asing atau membingungkan, log-in dengan satu Apple ID dalam beberapa perangkat sekaligus memungkinkan Anda untuk mendapatkan fitur yang praktis.

Penggunaan fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi akun iCloud dengan pasangan atau anggota keluarga. Hal yang paling praktis adalah penggunaan “iCloud Photo Library”.

Jika Anda menggunakan Apple ID yang sama, Anda bisa mengakses satu cloud yang sama untuk menyimpan data multimedia seperti foto ataupun video.

Apple ID Sebagai Pintu Utama Untuk Menggunakan Perangkat iOS

Apakah Anda baru saja membeli perangkat iOS? Nah, saat Anda mengaktifkan iPhone, iPad, ataupun iPod Touch baru, maka Anda akan diminta untuk log-in menggunakan Apple ID.

Jika Anda belum memiliki Apple ID, maka Anda bisa membuatnya terlebih dahulu untuk dapat log-in dan menggunakan perangkat iOS.

Setelah membuat akun dan log-in, maka semua layanan Apple pada perangkat iOS Anda akan diatur secara otomatis.

Namun, Anda juga tetap bisa mengubah preferensi log-in menggunakan akun lain. Misalnya saja, Anda menggunakan Apple ID yang berbeda untuk iCloud dan iTunes.

Jika pengaturannya sudah diperiksa, maka Anda sudah bisa menemukan foto atau video yang Anda cari.

Menyembunyikan Foto

Jika Anda ingin menyembunyikan foto dan video dalam tampilan Momen, Tahun, dan Koleksi, maka Anda hanya akan melihatnya dalam album “Tersembunyi”.

Namun Anda juga dapat menampilkan kembali foto dan video dari album “Tersembunyi” tersebut.

Langkah ini dapat Anda lakukan pada iPhone, iPad, ataupun iPod Touch.

Berikut caranya :

1. Buka aplikasi “Photos” > lalu buka tab “Album”.

2. Ketuk tab “Tersembunyi” dalam Album Lain.

3. Kemudian pilih foto atau video yang ingin Anda tampilkan.

4. Setelah itu, ketuk “Batal Sembunyikan”.

Jika Anda menggunakan Foto iCloud, foto yang disembunyikan di satu perangkat akan disembunyikan juga di perangkat lainnya.

Pelajari Lebih Lanjut

Jika Anda mengatur foto atau video ke dalam album dan menghapusnya dari “Photos”, maka item akan dihapus di semua perangkat, termasuk album.

Namun jika Anda memerlukan bantuan terkait Foto iCloud atau mengelola foto, maka Anda dapat mempelajari lebih lanjut.

 

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti LCD iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?​

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DISKON UP TO 17 % GANTI LCD IPHONE UNTUK HUT RI

      Service iPhone di tempat anda dengan kualitas bersaing. Ada yang lebih murah dengan kualitas yang sama kami ganti selisihnya.

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat WhatsApp Kami