Google Bakal Luncurkan Android P di Pertengahan Maret 2018

Sinyaliti.com – Google dikabarkan saat ini tengah bersiap-siap untuk merilis Android P versi pengembang. Hal serupa juga pernah terjadi di tahun 2017 lalu, dimana Google meluncurkan versi Android O untuk pengembang, dan kini Google dilaporkan mengikuti pola yang sama untuk tahun ini.

Evan Blass adalah yang membocorkan informasi ini, bahwa program Android P Developer Preview 1 diperkirakan akan tiba pada pertengahan bulan Maret 2018 ini. Meskipun masih belum jelas berapa banyak pertinjau yang akan diluncurkan pada 2018, sebelum versi final dirilis secara resmi.

Namun berdasarkan laporan Forbes, Google menargetkan agar Android P ini dapat dirasakan oleh para pengembang versi Preview. Dan juga ada beberapa fitur yang diunggulkan.

Kabarnya, Android P ini nantinya akan memiliki kemampuan soal keamanan dan memiliki kekuatan untuk mencegah aplikasi menganggur agar tidak dapat mengakses kamera dan mikrofon.

Sistemnya sendiri diklaim mampu mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel. Hal itu bisa dilakukan ketika ada sebuah malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Fitur keamanan ini diharapkan bisa melindungi dari malware yang bisa merekam aktivitas secara diam-diam.

Selain itu, Android P juga bakal mendukung notch (tonjolan) di layar yang saat ini sudah mulai bermunculan di smartphone Android beserta fitur multiple screen. Namun sayangnya, fitur Dark Mode yang sebelumnya sempat dinantikan, belum dapat ditemukan di versi ini.

Sementara bagian AOSP mengusulkan agar fitur keamanan diperluas untuk mencegah aplikasi mengakses kamera atau mikrofon saat berada di bawah. Di sisi lain, belum jelas jadwal Google mana yang akan diterapkan ke Android P.

Tampaknya, tidak akan hadir mode gelap seperti rumor sebelumnya dan justru akan menampilkan toggle yang memudahkan pengembang untuk menguji mode malam untuk aplikasi mereka.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami