Google Perluas Dukungan Unduh Video YouTube di 125 Negara

Sinyaliti.com – Google diam-diam diketahui telah memperluas kemampuan menonton video YouTube tanpa sambungan internet. Kabarnya, fitur unduh video offline tersebut kini sudah tersedia di lebih banyak negara.

Namun sayangnya, meski peluncurannya telah dimulai sejak sebulan lalu, tetapi hingga saat ini opsi untuk mengunduh video YouTube tersebut belum juga muncul di beberapa negara tambahan tersebut.

Bersamaan dengan itu, perusahaan raksasa pencarian, Google, juga diketahui baru saja memperbarui halaman dukungan aplikasi dengan daftar lengkap negara mana saja tempat fitur spesifik ini didukung.

Menurut daftar tersebut, tidak kurang dari 125 negara sekarang bisa mengunduh video YouTube untuk dilihat secara offline, dari sebelumnya yang hanya 16 negara saja.

Perluasan ini sendiri bertepatan dengan penetrasi YouTube Go di lebih dari 130 negara. Sehingga terlihat seperti negara-negara yang sama itu akan mendapatkan opsi “Go” dan opsi mengunduh video di aplikasi reguler YouTube itu tentu sangat berguna jika Anda tidak menggunakan aplikasi mini YouTube Go.

Di Indonesia sendiri, opsi itu sudah ada sejak pertama kali Google menghadirkan fitur tersebut.

Bagi kamu yang belum familiar, fitur unduh video ini memungkinkan pengguna menonton video YouTube secara offline (tanpa internet/paket data).

Caranya pun cukup mudah, kamu dapat menggunakan tombol Download khusus di bawah video YouTube, yang mana tombol tersebut memungkinkan kamu mengunduhnya dan menontonnya kapan pun kamu mau, bahkan saat kamu sedang tidak online.

Kemampuan mengunduh video YouTube untuk tampilan offline adalah salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh YouTube Red, layanan Google yang memerlukan langganan.

Mulai pekan ini, pengguna YouTube di lebih banyak negara bisa memanfaatkan fitur offline tersebut.

Perlu diingat, tidak semua video bisa diunduh. Beberapa video tidak tersedia untuk pemutaran offline. Sepertinya ini kebijakan dari publisher video tersebut.

Sementara cara untuk mengetahuinya, tombol Download di bawah video akan tampak berwarna abu-abu, dan itu berarti kamu tidak akan dapat menggunakannya.

YouTube juga dikabarkan baru saja menggarap versi Stories (cerita). Dimana fitur Stories tersebut kini telah di ujicoba dalam versi beta oleh sekelompok kecil pembuat konten teratas.

 

Halaamn selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password