Review Huawei Y5II: Hadir dengan 2 Varian

Sinyaliti.com – Dua varian langsung dirilis Huawei saat memasarkan seri Huawei Y5II, yaitu varian 4G LTE dan 3G HSPA. Kedua varian ini mengusung spesifikasi dapur pacu berbeda. Namun tetap didukung sistem operasi Android Lollipop yang mengadopsi user interface Emotion UI yang menjadi ciri khas smartphone buatan Huawei. Tak hanya itu saja, kedua ponsel berlayar 5 inci ini juga memiliki layar beresolusi HD dan didukung processor Quad Core dengan arsitektur yang berbeda, sehingga harga dan performanya juga akan berbeda.

Performa sebuah smartphone memang tergantung dari kecepatan processor dan kapasitas Ram yang dibawanya. Walaupun sama-sama Quad Core, namun arsitektur sebuah processor akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan sistem sebuah smartphone ini. Selain itu, semakin besar kapasita Ramnya, tentu performanya akan semakin mumpuni. Nah untuk melihat lebih jauh spesifikasi kedua smartphone ini. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan berapa harga yang ditawarkan Huawei Y5II ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Huawei Y5II

Desain Huawei Y5II

Spesifikasi Huawei Y5II memang diperuntungkan untuk segmen menengah kebawah, atau bahkan segmen entry level. Pasalnya banyak sekali smartphone murah yang menawarkan spesifikasi lebih tinggi, seperti Xiaomi Redmi 3, Meizu M3 Note, dan beragam smartphone murah lainnya yang rata-rata sudah memakai Ram 2GB dan processor Octa Core 64-Bit. Tentunya Huawei harus menyusun strategi agar smartphone buatannya tetap mampu menarik minat konsumen. Oleh karena itulah, Huawei melengkapinya dengan layar beresolusi HD yang dibentangkan pada panel IPS seluas 5 inci.

Huawei Y5II: Detail Spesifikasi & Harga

Tampilan layar beresolusi 720 x 1280 pixel akan menampilkan gambar dan video dengan kepadatan layar mencapai 294 ppi, sehingga kualitas layarnya akan terlihat lebih detail, dan memiliki warna layar lebih realistis. Namun sobat wajib menambahkan screen guard apabila membeli smartphone ini. Pasalnya Huawei tak melapisi layar Y5II dengan lapisan Corning Gorilla Glass, ataupun lapisan pelindung layar lainnya. Inilah yang membuat harga Huawei Y5II bisa dibanderol murah, karena ada beberapa spesifikasi yang dipangkas untuk mengurangi biaya produksi smartphone ini.

 

Huawei Y5II: Detail Spesifikasi & Harga

Walaupun tak memiliki layar berpelindung anti gores, namun Huawei Y5II menawarkan desain elegan yang memiliki ketebalan 8.9 mm dan berat 135 gram. Yang paling menarik dari smartphone ini adalah memiliki casing belakang bermotif yang dibalut beberapa pilihan warna. Mulai dari warna Obsidian Black, Arctic White, Sand Gold, Rose Pink, sampai warna Sky Blue. Sementara untuk dimensi keseluruhan yang dimiliki smartphone berlayar 5 inci ini adalah berukuran panjang 143.8 mm, lebar 72 mm, dan ketebalan 8.9 mm, sehingga terasa nyaman dan ringan digenggaman.

back to menu ↑

Fitur

Jaringan dan konektivitas yang dimiliki Huawei Y5 II ini telah mendukung jaringan 4G LTE sehingga dapat terkoneksi internet dengan kecepatan kencang. Selain itu, Huawei Y5 II juga mendukung jaringan 3G HSDPA dan juga 2G GSM dengan akses internet HSPA 21.1/5.76 Mbps. Beberapa konektivitas juga dibekalkan dalam Huawei Y5 II seperti Wi-Fi, Hotspot, GPS avigasi, Browser juga media untuk kebutuhan transfer data ke perangkat lain yaitu Bluetooth dan juga port microUSB. Smartphone entry level Huawei Y5 II ini juga dibekali denga fitur Dual SIM yang dapat disiagakan bersama sama sehingga akses komunikasi bisa berjalan secara lancar.. Kemudian untuk bagian sensor, sudah ada sensor Accelerometer, proximity, dan compass.

Dibekali Ram berkapasitas 1GB dan mengusung memori internal 8GB yang bisa diperluas hingga 32GB. Kemudian untuk masalah suplai daya, sudah disediakan baterai berkapasitas 2.200 mAh. Sayangnya baterai tersebut tak dilengkapi fitur fast charging, sehingga sobat hariangadget harus mengisinya dalam waktu cukup lama. Untungnya baterai tersebut bisa dilepas, sehingga kita bias membeli baterai cadangan. Kemudian untuk bagian sensor, sudah ada sensor Accelerometer, proximity, dan compass.

Huawei Y5II: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Performa

Harga Huawei Y5II 4G LTE akan dibanderol lebih mahal dibandingkan harga Huawei Y5II 3G. Pasalnya versi 4G LTE dibekali spesifikasi hardware lebih tinggi. Mengandalkan chipset Mediatek MT6735P yang dipadukan GPU Mali T720MP2 dan processor 64 Bit berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A53. Sedangkan untuk versi 3G, dapur pacunya mengandalkan chipset Mediatek MT6582 yang didalamnya telah terpasang processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A7 dan pengolahan grafis Mali-400MP2. Alhasil performa keduanya akan berbeda, walaupun sama-sama mengandalkan Ram 1GB.

Sistem pengoperasian yang dijalankan dalam Huawei Y5 II ini telah menggunakan sistem operasi Android OS Lollipop terbaru dengan dukungan antarmuka EMUI 3.1 yang memang terbilang menawan khas antarmuka Huawei. Selain itu smartphone berlogo kipas ini juga telah dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang memang lumayan besar dengan internal 8 GB. Jika pengguna merasa kurang leluasa dalam hal penyimpanan maka pengguna masih dapat mengekspasi memori penyimpanan dengan kartu microSD dala slot yang telah disediakan.

Dapu pacu Huawei Y5 II yang dilepas dengan harga menyasak kalangan entry level membawa dapur pacu dan performa yang mampu diandalkan.  Processor 4 inti trsebut dapat memberikan kinerja yang memang responsif dengan kekuatan RAM 1 GB. Sehingga pengguna akan lebih leluasa dalam hal multitasking dan komputasi. Sementara untuk visual grafis Huawei Y5 II sendiri menggunakan GPU yang memang membuat tampilan grafis saat bermain game cukup mulus dan memanjakan mata.

back to menu ↑

Kamera

Selanjutnya mengupas bekalan kamera yang tertanam dalam smartphone Huawei Y5 II sebagai ponsel cerdas kelas entry level. Huawei Y5 II menawarkan kamera belakang yang lebh besar dari pendahulunya dengan resolusi 8 MP dimana pendahulunya masih menggunakan kamera belakang 5 MP. Untuk fitur dalam kamera utama yang disematkan Huawei dibekali dengan LED Flash, Autofocus dan juga beberapa fitur kamera lannya. Hasil jeptetan kamera utama Huawei Y5 II juga cukup bening dan memuaskan dengan kemampuan merekam video yang juga mampu diandalkan meskipun berlabel harga menengah kebawah. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Y5 II.

Bagi pengguna Huawei Y5 II yang doyan selfie. Huawei Y5 II hadir dengan dukungan kamera depan 2 MP yang membuat penggunanya dapat leluasa berselfie dan melakukan panggilan video. Meskipun resolusi kamera depannya terbilang pas-pasan namun cukup mamu menghasilkan bidikan jernih. Selain itu smartphone Huawei Y5 II ni juga dilengkapi dengan beberapa gesture untuk kemudahan saat mengakses menu menu pada layar Huawei Y5 II

back to menu ↑

Baterai

Smartphone besutan Negeri Tirai Bambu ini juga ditenagai dengan baterai berkualitas hanya dengan daya standar saja. Kapasitas baterai Huawei Y5 II ialah 2200 mAh yang memberikan waktu siaga lumayan lama serta waktu aktif hingga seharian. Sayangnya baterai tersebut tak dilengkapi fitur fast charging, sehingga sobat sinyaliti harus mengisinya dalam waktu yang cukup lama. Untungnya baterai tersebut bisa dilepas, sehingga sobat sinyaliti dapat membeli baterai cadangan.

Spesifikasi Huawei Y5II belum bisa menyaingi Meizu M3 Note ataupun Xiaomi Redmi 3. Walaupun sudah memakai processor 64-Bit dan teknologi 4G LTE, akan tetapi ponsel ini hanya memiliki Ram 1GB dan processor Quad Core. Sedangkan para rival-rivalnya sudah memakai Ram minimal 2GB serta Processor berkecepatan Octa Core. Tentunya Huawei harus bersiap-siap melawan kedua rival senegaranya tersebut. Tertarik memilikinya? Klik disini untuk melihat review detail dalam bentuk video sobat Sinyaliti. Baca Juga: Review Huawei GR3: Versi Ekonomis Huawei GR5, klik disini

8 Total Score
Good!

Huawei kembali menghadirkan sebuah smartphone Android terbaru yang diberi nama Huawei Y5II untuk bersaing dipasar smartphone kelas enty-level atau kelas pemula. Meskipun hadir sebagai smartphone kelas pemula, Huawei Y5II hadir dengan membawa desain cantik dengan spesifkasi menarik.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar luas 5.0 inci dengan teknologi IPS LCD yang tentunya sangat nyaman saat digunakan meskipun mengunakan satu tanggan
  • Telah dibekali kemampuan Dual-SIM yang memudahkan untuk memiliki SIM card lebih dari satu dalam satu ponsel
  • Sudah mendukung jaringan super cepat 4G LTE untuk akses internet cepat tanpa lag
  • Telah berjalan pada sistem operasi OS Android v5.1 Lollipop
  • CPU Quad Core 1.3 GHz tentunya kinerja yang dihasilkan akan sangat cepat dan stabil
  • Memori internal 8 GB yang dapat diperluas mengunakan slot microSD mencapai 128 GB cocok untuk menyimpan berbagai file
  • Kamera belakang 8 MP lengkap dengan autofocus dan dual-LED Flash yang tentunya sangat memenjakan penguna saat fotografi, karena gambar yang dihasilkan begitu tajam dan nyata
  • Baterai baterai lumayan besar 2200 mAh yang mampu bertahan hingga 24 jam
Kekurangan
  • Belum dilengkapi pelindung layar seperti corning gorilla glass
  • Kamera depan hanya 2 MP yang tentunya kurang cocok untuk selfie
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0