Inilah 5 Aplikasi Android Yang Tidak Berguna dan Layak Untuk Dihapus

Sinyaliti.com – Aplikasi di Android yang ada pada smartphone memang memungkinkan penggunanya untuk melakukan apapun sesuai keinginannya. Namun dari begitu banyak aplikasi yang beredar, tentunya ada beberapa aplikasi Android yang tidak berguna, bahkan ada yang tidak dibutuhkan sama sekali. Sementara menumpuk aplikasi Android dalam gadget dengan sembarangan dapat menyebabkan ponsel bermasalah, seperti lemot, hang, tidak responsive, bahkan kegagalan sistem yang berakibat ponsel tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Berbicara tentang aplikasi di Android yang tidak berguna, berikut ini adalah daftar aplikasi Android yang tidak bermanfaat sama sekali.

  1. Facebook

Saat ini hampir semua lapisan masyarakat, baik dari segi umur maupun ekonomi, pasti memiliki aplikasi jejaring sosial. Salah satunya adalah media sosial paling populer saat ini, yaitu Facebook. Facebook sendiri merupakan salah satu aplikasi yang digunakan hampir semua pengguna Android, dan telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

aplikasi Android

Namun tahukah Anda, bahwa aplikasi Facebook ini menghabiskan memory sebesar 14.63 MB, dan mungkin akan bertambah bila terdapat update. Jadi tak hanya boros kapasitas penyimpanan, Facebook untuk Android juga sangat boros baterai.

Sebagai solusinya, pengguna cukup menyediakan shortcut untuk membuka situs Facebook pada browser. Cara seperti ini akan jauh lebih hemat kapasitas dan baterai jika dibandingkan dengan mengakses dari aplikasi.

  1. Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca senantiasa memberikan informasi yang akurat mengenai perkiraan cuaca, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Ditambah aplikasi ini akan memberikan info suhu, kelembaban, kecepatan, arah angin, dan tambahan fitur untuk menonaktifkan akses internet saat Anda berada di jelajah.

aplikasi Android

Namun pembaruan secara berkala dari aplikasi cuaca ini akan memakan banyak daya. Apalagi jika pengguna mematrikan widget aplikasi di homescreen. Sebagai solusinya, sebaiknya Anda gunakan fitur Google Now untuk menanyakan informasi cuaca.

  1. Anti Virus Gratis

Ada berbagai peringatan yang menyebutkan, betapa berbahayanya virus atau malware pada Android. Di antaranya bisa membuat peretas menyandera ponsel dari jarak jauh, hingga membuat data di ponsel dicuri pihak tidak bertanggung jawab. Dan sebagai solusi penangkal malware, sejumlah perusahaan pun menawarkan aplikasi anti-virus. Masing-masing mengklaim sebagai yang paling jago mengamankan dan menebak keberadaan aplikasi jahat yang bakal mengancam handphone pengguna.

Tapi apakah benar pengguna wajib memakai aplikasi anti-virus untuk melindungi handphonenya? Ternyata jawabannya tidak. Pengguna tak wajib memasang aplikasi anti-virus untuk melindungi gadget dari serangan program jahat atau sejenisnya. Bahkan aplikasi anti-virus dan pelindung keamanan Android ini sangat boros daya baterai.

aplikasi Android

Apalagi Google Play Store sendiri sudah memiliki perlindungan berlapis. Berbagai aplikasi yang diunggah untuk ditawarkan dalam daftar milik Play Store akan mengalami pemindaian komputer dan manusia. Alhasil, malware atau virus akan sulit menyusup.

  1. Aplikasi Pembersih dan Peningkat Kinerja

Aplikasi seperti ini biasanya merupakan aplikasi Task Killer, menjanjikan pembersihan aplikasi untuk meningkatkan performa ponsel. Contohnya seperti Clean Master, Cleaner, CC Cleaner, Speed Booster, dan aplikasi sejenisnya.

Tapi tahukah Anda, bahwa aplikasi pembersih dan peningkat kinerja ini selain masih menyisakan “sampah”, juga akan cepat menghabiskan daya baterai. Selain itu, iklan in-app di dalamnya juga memotong kuota internet Anda.

aplikasi Android

Sebaiknya aplikasi semacam ini dihapus dari ponsel Anda. Dan sebagai solusinya, Anda bisa beralih ke “Settings” – “Apps” – “Downloaded”, lalu tekan salah satu aplikasi, kemudian pilih “Clear Cache”.

  1. Aplikasi Browser Bawaan Android

Aplikasi Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media untuk melakukan browsing, surfing, dan melakukan aktivitas di dunia maya lainnya. Ada banyak pilihan aplikasi browser untuk Android ketimbang harus menggunakan browser bawaan. Salah satunya Chrome untuk Android atau Opera Mini.

aplikasi Android

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mereduksi penggunaan data internet pengguna, yakni dengan menyusutkan situs yang dikunjungi. Fitur tersebut bisa menghemat penggunaan data hingga 34 persen.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Review HP untuk semua Handphone yang ditawarkan. Silahkan klik di sini.

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0