Kantongi Sertifikat TKDN, iPhone 2018 Segera Masuk Indonesia?

SINYALITI.com – Seperti diketahui, operator seluler Smartfren pernah membuat gebrakan dengan menghadirkan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus ke Indonesia pada 2017 lalu. Sebelumnya, perangkat besutan Apple itu sudah lebih dulu dijual di negeri tetangga, yakni Singapura.

Dan belum lama ini, Apple kembali merilis penerusnya, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Untuk model iPhone XS dan iPhone XS Max sudah lebih dahulu dijual di Singapura. Sedangkan untuk iPhone XR bakal segera menyusul dalam waktu dekat.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Sejauh ini Apple memang belum mengumumkan Indonesia sebagai negara selanjutnya yang bakal kebagian iPhone XS, iPhone XS Max, maupun iPhone XR.

Meski demikian, ketiga iPhone terbaru tersebut telah mendapatkan sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30% untuk ponsel 4G dari pemerintah.

Yang menjadi pertanyaan, dengan sertifikat TKDN yang telah dikantongi, mungkinkah Smartfren bakal segera memboyong ketiga model iPhone 2018 terbaru itu dalam waktu dekat?

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, mengatakan bahwa sebelumnya Smartfren memang bekerja sama dengan Apple untuk merilis iPhone X di Indonesia.

Namun untuk ketiga iPhone 2018 terbaru, pihaknya belum mau memberi informasi apapun.

“Tunggu tanggal mainnya, karena iPhone ini sensitif, tidak bisa dikonfirmasi kalau memang belum firm.”, ujar Roberto.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, dan VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo.

Dia lalu menambahkan, pada prinsipnya Smartfren selaku operator telekomunikasi selalu berkomitmen menghadirkan teknologi terbaru, termasuk perangkat.

Smartfren, menurut Roberto, juga terbuka untuk bekerja sama dengan partner open market.

“Kalau sudah final 100 persen baru jawab.”, katanya.

Namun, Roberto mengakui kalau perilisan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR di Indonesia sedikit lebih lambat dibanding tahun 2017 lalu.

Dalam kesempatan yang sama, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo menyebut, “Pokoknya kalau sudah TKDN, kan sudah selangkah lagi.”

Sebelumnya beredar rumor yang menyebutkan bahwa untuk tahun 2019 mendatang Apple kemungkinan masih akan mempertahankan lini iPhone 2018 yang terdiri dari tiga model dengan tiga ukuran layar berbeda.

Prediksi tersebut diungkapkan oleh Ming-Chi Kuo, seorang pakar analis industri yang dikenal sebagai “pembocor ulung”. Kuo memaparkan prediksinya dalam sebuah nota tentang proyeksi pengapalan Luxshare-ICT, salah satu perusahaan pemasok komponen Apple.

Kuo memperkirakan jajaran iPhone tahun 2019 akan terdiri dari model dengan layar OLED 5,8 inchi dan 6,5 inchi serta layar LCD 6,1 inchi seperti iPhone 2018.

Sayangnya, Kuo tidak menyebutkan nama-nama dari ketiga calon iPhone 2019 untuk tahun depan itu. Selain itu, belum diketahui pula apakah mereka nantinya akan tetap memiliki layar berponi (notch) atau tidak.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti LCD iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami