Review iPhone 6 Plus: Smartphone Layar Lebar versi Apple

Sinyaliti.com – Melalui dua model iPhone baru, Apple akhirnya “menyerah” pada kemauan pengguna yang menghendaki smartphone dengan layar lebar. Baik iPhone 6 maupun iPhone 6 Plus mengusung bentang layar yang lebih lebar dari model-model terdahulu. Dari keduanya, iPhone 6 Plus 16 GB merupakan model dengan ukuran fisik paling besar. Bentang layarnya mencapai 5,5 inci sehingga lebih mirip phablet yang dipelopori seri Galaxy Note dari Samsung ketimbang iPhone tradisional. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & HargaSpesifikasi Detail iPhone 6 Plus

Desain iPhone 6 Plus

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Desain iPhone 6 Plus sangat identik dengan iPhone 6, kecuali ukurannya yang terlihat lebih besar. Sehingga iPhone 6 Plus 16 GB harus dioperasikan dengan dua tangan. iPhone 6 Plus juga merupakan salah satu phablet dengan kesan premium yang tersedia di pasar ponsel Indonesia.

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Kesan premium tersebut berkaitan dengan chassis unibodynya yang terbuat dari bahan aluminium, sehingga bebas dari bekas sidik jari dan hal lain yang membuatnya kotor. Selain itu, konstruksi bodi terasa begitu solid berkat penggunaan bahan premium.

Tidak hanya ukurannya yang lebih besar, tombol power yang sebelumnya berada di sudut kanan atas ponsel sekarang ditempatkan di sisi kanan, karena posisi tersebut membuatnya lebih mudah untuk diakses. Sedangkan tombol volume dan silent switch, masih sama seperti generasi terdahulu yaitu berada di sisi kiri. Kemudian di bawah layar, kalian akan menemukan tombol home dengan Touch ID fingerprint sensor yang disematkan di dalamnya.

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

iPhone 6 Plus menggunakan layar lebar berukuran 5,5 inci dengan tampilan Retina Display, yang didasarkan pada teknologi IPS LCD. Hal ini semakin memperjelas bahwa layar iPhone 6 Plus menjadi layar dengan resolusi terbesar pada jajaran smartphone milik Apple. iPhone 6 Plus juga selangkah lebih unggul dibanding dengan iPhone 6 karena memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel. Bahkan, kerapatan piksel mencapai 401 ppi!

back to menu ↑

Fitur

Pada paket penjualannya mungkin pengguna baru akan mendapatkan iOS 8.0 namun dengan tersedianya iOS terbaru versi iOS iOS v8.1.3, maka pengguna saat ini sudah bisa melakukan upgrade dengan versi terbaru tersebut. Dalam iOS versi 8.0, Apple menambahkan fungsi untuk mengakomodasi fitur-fitur baru didalamnya. Salah satu yang menjadi keunggulan dari iPhone 6 Plus 16 GB adalah NFS dan Apple Pay.

Dengan Apple Pay dimana kita bisa memanfaatkan secara maksimal dua jalur transaksi baik untuk aplikasi maupun musik. Selain itu seperti pada versi sebelumnya, pembelian konten bisa juga dilakukan via App Store dan iTunes Store. Dengan adanya metode sidik jari maka pengguna dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui fungsi ini.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Apple juga telah menambahkan koneksi NFC pada generasi terbarunya ini. Koneksi ini khusus disediakan guna mengakomodasi penggunaan Apple Pay. Namun sayangnya penggunaan Apple Pay baru tersedia di Amerika Serikat (AS).

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Pada segi konektifitas, iPhone 6 Plus 16 GB juga memiliki kelebihan karena telah didukung oleh jaringan 4G LTE. iPhone 6 Plus didukung Nano-SIM serta jaringan 2G GSM untuk memperlancar komunikasi baik bersama keluarga maupun rekan bisnis.

iPhone 6 Plus juga sudah didukung oleh jaringan 3G HDPA serta jaringan 4G LTE yang akan memperlancar kegiatan para pengguna dengan kecepatan yang mumpuni saat sedang melakukan kegiatan akses internet yakni dengan kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps.

Selain itu iPhone 6 Plus 16 GB juga sudah didukung dengan jaringan data GPRS serta EDGE yang akan menjadi pengganti jaringan 3G maupun jaringan 4G untuk mengakses internet, yakni saat para pengguna sedang berada ditempat ataupun wilayah yang belum tersedia jaringan 3G maupun jaringan 4G.

back to menu ↑

Performa

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Di pasar smartphone saat ini, kita memiliki banyak sekali perangkat yang didukung oleh prosesor quad-core dan octa-core, yang bahkan telah hadir dengan clock speed diatas 2GHz, tetapi Apple mampu menghadirkan performa yang jauh lebih baik namun dengan spesifikasi yang lebih rendah. Apple iPhone 6 Plus justru hanya menggunakan prosesor A8 dual-core 1.4 GHz dengan arsitektur 64-bit yang dipadukan dengan RAM 1GB dan GPU PowerVR GX6650.

Sejujurnya, iPhone selalu menjadi ponsel yang indentik dengan performa super. Berbagai aktifitas sederhana dapat ditangani dengan mudah dan dengan respon yang halus, tetapi juga tetap lancar ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi. Spesifikasi prosesor mungkin tidak semewah prosesor lainnya, namun itu terbukti bahwa Apple bisa membuat hal sederhana itu menjadi sangat luar biasa dalam hal performa.

Untuk melengkapi chip A8, Apple menyematkan coprocessor M8 terbaru, yang membantu meringankan tugas pengolahan A8 secara efisien dengan mengumpulkan data dari berbagai sensor dan barometer pada iPhone 6 Plus. Sangat mengejutkan, iPhone 6 Plus 16 GB memiliki varian memori internal 16GB. Sedangkan untuk versi 32GB, opsi itu telah dieliminasi, diganti dengan pilihan internal 64GB. Kemudian untuk pilihan ketiga, Apple menyediakan ruang penyimpanan yang sangat besar yaitu 128GB.

Lebih optimal untuk Gaming. iPhone 6 Plus memiliki prosesor dual-core A8 dan sistem operasi iOS 8. Kombinasi keduanya berjalan optimal, terutama ketika menjalankan game yang sudah mendukung API Metal, misalnya Asphalt 8: Airborne. Game-game yang sudah mendukung API Metal akan berjalan lebih lancar disertai efek visual yang lebih baik

back to menu ↑

Kamera

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

iPhone 6 Plus dibekali dengan kamera utama beresolusi 8 MP yang menggunakan lensa iSight aperture F/2.2 dan True tone LED flash serta kemampuan autofocus. Meski tidak memiliki resolusi besar seperti ponsel premium Android sekarang, namun dengan kamera yang dimilikinya ini, kamera iPhone 6 Plus memiliki kemampuan yang mumpuni.

Hal ini dibuktikan dengan hasil foto yang tajam dan sangat fokus pada kondisi apapun. Objek dapat ditangkap dengan jelas dengan hasil warna yang sangat baik. Resolusi memang bukan jaminan hasil foto bagus. Yang terpenting adalah kualitas sensor lensa yang dimiliki oleh iPhone patut diacungi jempol.

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Untuk kemampuan perekaman video, kamera iPhone 6 Plus mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p dengan 30fps dan 60fps atau 720p dengan 120fps dan 240fps. Kemampuan ini memang terbilang baik, namun ada yang patut disayangkan dengan kemampuan kameranya. Apple belum menambahkan kemampuan resolusi 4K pada video recorder seperti yang saat ini sedang nge-tren dibenamkan pada ponsel Android.

Sedangkan pada bagian depan, Apple mempersiapkan lensa 1.2MP dengan aperture F/2.2 dan sensor BSI. Lensa ini dapat dipergunakan untuk melakukan video call melalui aplikasi facetime dan bisa juga untuk mengambil foto selfie.

iPhone 6 Plus 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Phone 6 Plus ditopang baterai 2.915 mAh, menjadikannya iPhone dengan ketahanan baterai terbaik yang pernah ada. Setidaknya, baterainya bisa bertahan hingga sepuluh jam waktu pemakaian aktif dan 21 jam waktu standby. Pengujian dilakukan dengan menggunakannya untuk browsing, membuka beberapa media sosial, dan bermain game 3D. Baterai digunakan oleh iPhone 6 Plus menjadi kelemahan karena baterai bersifat Non-removable nantinya akan susah jika mengalami kerusakan yakni harus dibawa ketempat service khusus. Info detail mengenai spesifikasi iPhone 6 Plus, klik disini

8.5 Total Score
Good!

Apple telah membekalkan teknologi layar LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen dan sudah mampu menciptakan hingga 16 juta warna. Kelebihan lain iPhone 6 Plus ada pada displaynya yang bersifat multitouch serta dilengkapi pelindung layar Shatter proof glass, oleophobic coating. Berkat dukungan pelindung layar tersebut, maka layar phablet iPhone 6 Plus akan terjaga dari goresan saat dioperasikan oleh para pengguna.

Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
0
PROS
  • Luas layar 5.5 inches, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
  • Tipe layar LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
  • Multitouch
  • Pelindung layar Shatter proof glass, oleophobic coating
  • Jaringan 2G, jaringan 3G dan jaringan 4G
  • Jaringan data GPRS serta EDGE
  • Sistem operasi iOS 8, upgradable to iOS 8.1.3
  • Chipset Apple A8
  • Prosesor grafik PowerVR GX6450 (quad-core graphics)
  • Dual kamera
  • Kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, optical image stabilization, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Fitur kamera 1/3” sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
  • Video 1080p@60fps, 720p@240fps, optical stabilization
  • Memori internal 16 GB / 64 GB / 128 GB
  • Fitur Wi-Fi, Bluetooth, NFC, GPS serta USB
CONS
  • Bug pada iOS 8
  • Layar yang kurang kuat
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0