Review iPhone 6S: Rekam Video 4K Kecepatan 30 fps

Sinyaliti.com –  Sesuai janjinya, Apple memperkenalkan rentetan produk terbarunya. Salah satunya Apple iPhone 6s 16 GB yang hadir menggantikan posisi iPhone 6 sebagai smartphone terbaik milik Apple. Apa saja keunggulannya? Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga iPhone 6S 16 GB berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail  iPhone 6S

Desain iPhone 6S

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

 

Keluar jalur dari desain generasi sebelumnya, iPhone 6 dibuat dengan sisi yang membulat. Dan layar yang lebih besar dengan 4.7 inci membuatnya sedikit lebih tinggi dan lebar dari iPhone 5s. Namun begitu, Apple membentuk iPhone 6S 16 GB dengan bodi yang lebih tipis dengan bagian pinggir yang melengkung, dibandingkan sebelumnya yang lebih tebal lagi bersiku. Memiliki bentuk yang ergonomis, iPhone 6 bahkan lebih mirip dengan smartphone Android saat ini.

Di bagian depan Apple tidak mengubah layout-nya, masih didominasi denga layar yang dilapisi dengan kaca anti gores dan satu tombol Home dibawah yang sekaligus berperan sebagai scanner sidik jari. Di atas layar terdapat lubang earpiece serta kamera depan yang bisa berfungsi sebagai kamera untuk video chat via Facetime ataupun memotret selfie.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Tak hanya bagian depan yang memiliki layout yang sama, disisi sebelah kiri pun masih tersedia switch silent dan dua tombol kontrol volume.Yang terlihat berubah adalah desain layout disebelah kanan. Dimana pada sisi ini Apple membenamkan tombol power/unlock, yang biasanya tersedia disebelah atas ponsel. Perubahan lain juga ditemukan pada bagian belakang. Apple memisahkan layout panel bawah, tengah dan atas dengan garis putih yang melintang.

Seperti pada produk-produk sebelumnya, Apple masih konsisten dengan material metal yang sangat kokoh. Namun begitu, dengan banyaknya pemberitaan yang menyatakan iPhone 6 mudah bengkok, maka sobat sinyaliti juga harus berhati-hati menggunakannya.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Menggunakan teknologi panel layar Retina Display membuat kualitas iPhone 6 sangat nyaman dimata. Meski dilihat dari sudut manapun, karena memiliki view angle yang luas. Ditambah lagi dengan resolusi yang lebih besar dari versi sebelumnya 750 x 1334 pixels. Membuat semua tampilan dilayar menjadi lebih hidup.

Apple menghadirkan antarmuka dengan tampilan yang lebih segar dan elegan. iOS 9 sendiri merupakan versi penyempurna dari iOS 8 dengan konsep tampilan yang sama hanya terdapat beberapa fitur terbaru untuk mempermudah aktivitas penggunanya. Salah satu yang menjadi keunggulan dari iPhone 6 adalah NFS dan Apple Pay.

Fitur-fitur baru tersebut salah satunya adalah 3D Touch yang akan memberikan respon yang berbeda antara disentuh, ditekan sedikit, dan ditekan lebih kuat. Jadi ketika layar disentuh dengan sedikit tekanan pengguna dapat mengintip apa yang ada di dalam, dan jika ditekan lebih kuat akan membuka jendela baru dalam tampilan penuh. Ada lima aplikasi bawaan Apple yang sudah bisa menggunakan fitur baru tersebut seperti di email, notes, gallery, peta, dan keyboard.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Apple telah menambahkan koneksi NFC pada generasi terbarunya ini. Koneksi ini khusus disediakan guna mengakomodasi penggunaan Apple Pay. Namun sayang, penggunaan Apple Pay baru tersedia di Amerika Serikat (AS).

Selain itu Apple masih benamkan beberapa koneksi yang telah disertakan pada versi sebelumnya. Sayang meski sudah dibekali Bluetooth, iPhone 6 masih tetap tidak memiliki kemampuan transfer data via Bluetooth, seperti halnya iPhone generasi pertama hingga terakhir. Untuk itu dalam melakukan transfer foto, iPhone masih mengandalkan fitur Air Drop. Dengan koneksi ini maka pengguna iPhone hanya dapat melakukan transfer data pada ekosistem platformnya seperti iOS dan Mac.

Meski belum meratanya LTE di Indonesia, iPhone 6 sudah siap untuk dipacu dengan koneksi broadband tercepat saat ini di jalur LTE. Namun begitu jika masih belum ada jangkauannya, sobat sinyaliti masih dapat menggunakan jalur HSDPA dan 3G untuk dimanfaatkan mengakses internet.

back to menu ↑

Performa

Beralih ke bagian dapur pacu, sebanding dengan harga iPhone 6s yang dibanderol sangat mahal, gawai ini telah dibekali prosesor Apple A9 Dual Core 2,0 Ghz. Apple sendiri menjanjikan prosesor A9 memiliki peforma 70% lebih cepat dibandingkan A8. Sementara untuk peforma grafisnya juga ada peningkatan sebesar 90%, sehingga tak heran apabila Apple mengatakan performa prosesor Apple A9 dapat disetarakan dengan peforma prosesor pada sebuah komputer PC.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Tidak hanya iOS dengan versi terbaru, Apple juga benamkan chipset baru pada iPhone 6, yakni chipset Apple A8. Menggunakan prosesor Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based) dengan dukungan RAM 1 GB. Dengan hardware yang dimilikinya membuat iPhone 6 dapat dipergunakan dengan lancar tanpa ada masalah. Tidak hanya untuk kinerjanya, pemakaian daya juga terbilang lebih hemat dari versi sebelumnya.

Hardware Dapur pacu yang dibawa terbilang siap mendukung game-game berat. Dari pengujian dengan menjalankan game berat, iPhone 6 dapat menjalannya dengan baik, terlebih pada saat yang sama, aplikasi chating juga aktif pada saat yang bersamaan.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan kapasitas memori RAM menjadi 2 GB, setelah sebelumnya hanya berukuran 1 GB. Kapasitas RAM iPhone 6s memang lebih kecil dibandingkan RAM 4GB pada Samsung Galaxy Note 5 maupun Zenfone 2, tetapi peformanya tak akan jauh berbeda karena Apple telah mengoptimalkan semua aspek perangkat keras agar berjalan maksimal pada sistem operasi iOS 9.

Tidak akan terjadi lag saat pengguna menjalankan aplikasi maupun game-game HD pada smartphone ini, sehingga tak heran apabila harga iPhone 6s sangat mahal. Performanya sebanding dengan harga jualnya. Berikut informasi hasil tes benchmark-nya:

AnTuTu: 59048
Geekbench 3: 2529 (single core), 4413 (multi core)
Html5test: 407

back to menu ↑

Kamera

Kelebihan utama dari iPhone 6s adalah memiliki kamera canggih dengan sensor berkekuatan 12 megapiksel. Kemampuan kameranya meningkat signifikan dibandingkan iPhone 6, sehingga pengguna bisa mengabadikan momen terbaik dengan sempurna.

Sementara untuk fitur yang terkandung didalam kamera gawai ini diantaranya adalah teknolgi phase detection autofocus dan lampu kilat Dual-LED (dual tone) flash yang dapat menghasilkan cahaya lebih natural. Sayangnya, Apple tak melengkapinya dengan teknologi OIS seperti yang dimiliki iPhone 6s Plus.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

Menariknya lagi, kamera iPhone 6s telah diperkuat bukaan lensa sebesar F/2,2 dan memiliki lima elemen lensa yang mengoptimalkan pengambilan foto dan video beresolusi 4K (2160p@30fp), meski dalam kondisi rendah cahaya (Low Light). Kemudian untuk kamera bagian depan, Apple membekalinya dengan kamera berteknologi iSight seperti kamera bagian belakang, hanya saja resolusinya lebih rendah yakni 5 megapiksel.

Kamera depan iPhone 6s juga mampu merekam video beresolusi Full HD 1080p serta dibekali fitur pendeteksi wajah serta mode HDR dan panorama.

iPhone 6S 16 GB: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Beralih ke baterai, gawai ini dibekali baterai Li-Po sebesar 1.715 mAh yang ditanamkan di balik unibodi. Kapasitas baterai tersebut terbilang kecil bahkan lebih kecil dibandingkan iPhone 6 yang menggunakan baterai 1.810 mAh. Walaupun lebih kecil, nyatanya baterai iPhone 6s tetap optimal dan diklaim memiliki waktu bicara selama 14 jam (3G) dan dapat dipakai mendengarkan musik selama 50 jam. Akan tetapi apabila digunakan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE dan bermain game HD pastinya daya tahan baterainya akan berbeda.

Di iPhone 6, Apple menambahkan beberapa fitur pada multimedia salah satunya penggunaan Apple Pay, kita bisa memanfaatkan secara maksimal dua jalur transaksi baik untuk aplikasi maupun musik. Multimedia. Dan seperti pada versi sebelumnya Pembelian konten bisa juga dilakukan via App Store dan iTunes Store. Dengan adanya metode sidik jari maka pengguna dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui fungsi ini. Sungguh sangat menarik bukan sobat sinyaliti. Tertarik memilikinya? Klik disini. Baca Juga: Review Samsung Galaxy Tab S2 9.7 T815: Desain Tipis, Spesifikasi Mumpuni, klik disini

8.5 Total Score
Good!

iPhone 6s ini memiliki tampilan yang sangat menawan dengan desain body full metal aluminium yang terlihat lebih elegan dan berkelas, sehingga akan menambah penampilan kamu jadi lebih gaya. iPhone 6s juga dilengkapi dengan sederet spesifikasi unggulan, mulai dari spesifikasi hardwarenya, ditenagai prosesor Apple A9 dengan cloock speed Dual-core 1.84 GHz Twister + RAM 2 GB yang dapat digunakan untuk menjalankan banyak game atau aplikasi dengan lancar tanpa terkendala lag. Tak hanya itu saja juga dilengkapi dengan beberapa pilihan penyimpanan internal besar 16/32/64/128 GB.

Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8.5
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Tampilan sangat menawan dengan body dibalut material full metal aluminium yang terlihat sangat mewah dan berkelas.
  • Sudah dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE.
  • Membawa layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1334 pixels yang cukup nyaman saat digunakan atau dioperasikan dengan satu tangan.
  • Panel layar jenis LED-backlit IPS LCD yang menawarkan kualitas gambar tetep jernih meski terkena pantulan sinar matahari.
  • Fingerprint sensor untuk lebih menjaga data kamu dari tangan tangan jahil disekitarmu.
  • Berjalan dengan sistem operasi yang tergolong baru yakni iOS 9 yang memiliki tampilan menarik serta diperkaya berbagai fitur unggulan.
  • Berbekal prosesor Apple A9, Dual-core 1.84 GHz Twister yang dipadukan dengan PowerVR GT7600 (six-core graphics)
  • RAM 2 GB yang berfungsi menunjang kinerja prosesor menjadi lebih ringan, sehingga proses multitasking akan berjalan lebih responsif.
CONS
  • Hanya mendukung Single SIM saj
  • Tidak dilengkapi dengan Slot MicroSD
  • Kamera depan belum suport LED Flash
  • Kapasitas baterainya hanya 1715 mAh yang dirasa masih terlalu kecil untuk dapat mendukung kinerja smartphone dengan maksimal.
  • Baterainya menyatu dengan body ( Non- Removable )
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0