iPhone Anda Lemot? Ganti Baterai iPhone Bisa Jadi Solusi

Sinyaliti.com – Sejumlah pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6 dan iPhone 6s dikabarkan banyak mengeluh mengenai penurunan performa di iOS 11 dalam beberapa pekan terakhir.

Seperti dikutip dari laman Reddit via 9To5Mac, kabarnya penurunan performa pada beberapa jenis perangkat iPhone lawas tersebut terjadi karena baterai yang sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal lagi.

“I did some research, and decided to replace my battery. Wear level was somewhere around 20% on my old battery. I did a Geekbench score, and found I was getting 1466 Single and 2512 Multi. This did not change wether I had low power mode on or off. After changing my battery, I did another test to check if it was just a placebo. Nope. 2526 Single and 4456 Multi.”

Sesuai dengan kutipan di atas, perangkat iPhone 6s harusnya memiliki hasil benchmark di angka 2526 untuk Single CPU dan 4456 untuk Multi CPU. Namun jika kamu menggunakan iPhone 6s dengan baterai yang bermasalah, hasilnya akan jauh di bawah standar tersebut, yaitu 1466 dan 2512. Meskipun baterai yang digunakan masih dianggap cukup sehat, di bawah 20% kerusakan.

Banyak pengguna iPhone 6s merasa ponselnya menjadi lebih cepat setelah ganti baterai iPhone.

Apple memang selalu menjelaskan bahwa performa terbaik dari produk iPhone dan baterai yang ada di dalamnya hanya bisa dinikmati pada 2 tahun penggunaan.

Jadi, jika melihat iPhone 6s yang berusia di atas 2 tahun, rasanya cukup wajar jika kamu memang harus ganti baterai iPhone jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli iPhone baru.

Meski demikian, langkah Apple untuk menurunkan performa CPU jika baterai bermasalah, dirasa kurang tepat. Dan seharusnya Apple menjelaskan hal tersebut kepada pengguna.

Sebelumya, Apple juga pernah mendapatkan banyak keluhan dari pengguna iPhone 6s dengan masalah mati mendadak. Namun Apple memberikan solusi dengan penggantian baterai secara gratis, dan masalah ini disebutkan hanya terjadi pada sejumlah kecil perangkat.

Selanjutnya, Apple memberikan update iOS 10.2.1 yang diklaim dapat menyembuhkan masalah tersebut.

Sejumlah laporan lain juga menyebutkan bahwa masalah mati mendadak turun hingga 80% untuk iPhone 6s, dan 70% untuk iPhone 6 setelah diinstal dengan iOS 10.2.1.

Namun rumornya, update tersebut ternyata hanya memperbaiki masalah power management di perangkat yang mengalami masalah pada baterai. Sehingga ketika iOS 10 mendeteksi bahwa perangkat tersebut memiliki baterai yang sudah lemah, kecepatan CPU akan diturunkan dan mengurangi konsumsi baterai, sehingga kamu tetap dapat menggunakan iPhone seharian.

Jadi, apakah kamu memiliki perangkat iPhone 6s dan merasakan performa melambat karena umur baterai yang sudah saatnya diganti?

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Pergantian Baterai, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi. Klik di sini.

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password