Review iPhone SE: Smartphone Termurah Buatan Apple

Sinyaliti.com – Apple baru saja mengumumkan iPhone SE (singkatan dari Special Edition), pada 22 Maret lalu. Smartphone ini adalah “wajah lama” dari iPhone 5s dengan jeroan yang telah diperbarui. Keputusan itu diambil Apple untuk mengikuti banyaknya konsumen yang menginginkan smartphone dengan ukuran yang lebih kecil. Apple juga tercatat berhasil menjual lebih dari 30 juta perangkat iPhone dengan ukuran layar 4-inci pada 2015. Artinya penjualan tersebut termasuk iPhone 5 dan iPhone 5s. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Spesifikasi Detail iphone SE

Desain iphone SE

Desain iPhone SE boleh dibilang 100% sama dengan iPhone 5s. Tidak banyak perubahan dilakukan oleh Apple kecuali penambahan warna dengan tersedianya warna Rose Gold. Namun, memang ada sedikit perbedaan pada bagian belakang ponsel dimana logo Apple memiliki efek emboss dan tulisan iPhone SE yang sangat jelas. Sisanya sama persis dengan desain iPhone 5s.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Maka jika sobat ingin segera di notice teman sobat bahwa iPhone yang digunakan adalah iPhone SE, maka pilihlah warna Rose Gold. iPhone SE memiliki layar 4 inci dengan resolusi sebesar 640 x 1136 (326PPI). Ditambah dengan fitur retina display maka tak perlu diragukan lagi kualitasnya yang sangat jernih. Perbedaan dengan iPhone 5s sedikit terasa pada tingkat kecerahan dimana SE sedikit lebih terang.

 

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Konektivitas di iPhone SE ini, untuk Wifi lebih cepat daripada iPhone 5s. Tak hanya itu SE juga lebih baik dalam hal peangkapan sinyalnya. Terbukti dengan sinyal 3G yang dapat masuk ke dalam rumah jika dibandingkan dengan iPhone 5s yang hanya mendapatkan sinyal EDGE. Dari segi fitur, Apple tak ketinggalan canggih dengan menyematkan fitur Live Photos dan Retina Flash. Apa itu fitur Live Photos dan Retina Flash?iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

 

Merupakan fitur untuk memberikan penerangan ketika mengambil foto menggunakan kamera depan dengan memanfaatkan cahaya layar. Fitur iPhone SE sebagian besar hampir sama dengan iPhone 6s seperti Apple Pay, Live Photos, Retina Flash, dan lain-lain. Sayangnya, ada beberapa fitur yang memang dihilangkan Apple untuk memangkas biaya produksi.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Nah, Berikut ini adalah beberapa fitur SE  yang dipangkas dari iPhone 6s sobat sinyaliti:

  • Touch ID
    iPhone SE memang dilengkapi dengan sensor sidik jari — Apple menyebutnya sebagai Touch ID. Namun sensor sidik jari ini tak sama dengan sensor yang ada di iPhone 6S, karena Apple menggunakan Touch ID generasi satu, seperti yang ada di iPhone 5S. Kekurangan dari sensor generasi satu ini adalah dalam hal kecepatan mengenali sidik jari. Bukan hal yang signifikan sebenarnya, hanya saja agak disayangkan, mengingat iPhone SE punya ‘otak’ yang setara dengan iPhone 6S, namun performanya akan terasa agak lambat saat mengenali sidik jari.
  • 3D Touch
    iPhone SE punya fitur Live Photos, seperti di iPhone 6S, yang sejatinya memanfaatkan 3D Touch untuk memutar animasi dari sejumlah foto yang diambil. Namun tak ada fitur 3D Touch di iPhone SE. Penggunanya memang bisa menekan dan menahan jarinya di layar untuk memainkan animasi dari Live Photos, namun sebenarnya itu bukan 3D Touch. Pengguna iPhone SE tak bisa menekan secara keras icon aplikasi untuk membuka akses cepat ke sejumlah fitur, layaknya pada layar 3D Touch. Padahal fitur yang bisa mengenali tingkat kekerasan tekanan pada layar ini cukup menarik, dan saat ini hanya tersedia di iPhone 6S dan 6S Plus.
back to menu ↑

Performa

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Dari segi performa memang sangat jelas terasa perbedaannya dengan iPhone 5s bahkan iPhone 6. Menggunakan CPU, GPU, dan RAM yang disematkan pada iPhone 6s sudah pasti membuat iPhone SE ini secepat iPhone 6s. Untuk masalah penggunaan aplikasi seperti browsing dan games tentu saja tak ada masalah. Perbedaan yang sangat terasa lainnya ialah ketika proses booting yang hanya perlu memakan waktu belasan detik saja sobat sinyaliti. Berikut dibawah ini adalah Hasil Benchmark Apple SE.

Hasil Benchmark Apple iPhone SE
Jika dilihat dari hasil benchmark di atas, iPhone SE setara dengan beberapa flagship ponsel seperti Samsung Galaxy S7, Xiaomi Mi 5, dan Nexus 6P. Sementara iPhone SE hanya tersedia dalam dua versi yaitu 16GB dan 64GB. Tidak ada versi 128GB. Tak jelas kenapa Apple masih mempertahankan versi 16GB ditengah besarnya penggunaan aplikasi sekarang ini.

Jika Sobat sinyaliti memilih iPhone SE versi 16GB, bersabarlah karena ruang penyimpanan yang kosong hanya sebesar 11GB. Sisanya sudah dihabiskan untuk sistem operasi iOS 9.3 dan aplikasi bawaan Apple lainnya.

back to menu ↑

Kamera

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Beralih ke sektor fotografi. Apple memang jagonya untuk urusan kamera ponsel. iPhone SE dibekali dengan kamera belakang sebesar 12-megapixel dengan 1.22µ pixel dan f/2.2 aperture. Foto yang dihasilkan sama persis dengan yang dihasilkan kamera iPhone 6s karena dari segi teknologi memang sama.

Namun sangat disayangkan bagi yang suka selfie, kamera depan iPhone SE tidak terlalu bagus karena hanya menggunakan 1.2-megapixel dengan 1.22µ pixel dan f/2.4 aperture.  Selain itu,  SE juga dilengkapi denga fitur live photos, yang merupakan fitur kamera untuk merekam proses pengambilan sebuah foto selama 3 detik. 1,5 detik sebelum foto diambil dan 1,5 detik sesudah foto diambil. Resolusi live photos ialah 1440 x 1080 dalam bentuk video dengan format .mov.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Live photos dapat dibagikan ke perangkat iPhone lainnya. Sama seperti iPhone 6s, iPhone SE dibekali kemampuan untuk merekam video 4k dengan 30 fps. Selain itu kemampuan untuk merekam video slow motion juga meningkat pesat. iPhone SE dapat merekam video slow motion dengan kecepatan 120 fps untuk 1080p dan 240 fps untuk 720p. Berikut dibawah ini adalah salah satu foto yang diambil dengan SE sobat sinyaliti.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

Tak ketinggalan fitur untuk mengambil foto ketika sedang merekam video juga disematkan. Fitur ini hanya muncul jika merekam video 4k. Foto yang dihasilkan hanya sebesar 8-megapixel. Satu yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya fitur video stabilization seperti pada iPhone 6s Plus. Jadi dapat dipastikan jika sobat merekam video sambil bergerak apalagi lari, video yang dihasilkan tidak stabil (goyang). Namun tak perlu berkecil hati karena iPhone 6s juga tidak memiliki fitur ini. Berikut dibawah ini juga merupakan salah satu foto yang diambil dengan SE sobat sinyaliti.

iPhone SE (64 GB): Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

iPhone SE dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 1624mAh. Apple mengklaim bahwa dengan kapasitas baterai sebesar ini, iPhone SE dapat melakukan:

  • Telpon hingga 14 jam pada jaringan 3G.
  • Koneksi internet hingga 12 jam pada jaringan 3G dan 13 jam pada jaringan LTE dan Wifi.
  • Memutar video hingga 13 jam.

Ponsel dengan storage internal yang besar tentu akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Jika Apple memposisikan iPhone SE sebagai iPhone murah, wajar memang jika perusahaan asal Cupertino itu tak menyediakan opsi storage 128 GB, seperti yang ada di iPhone 6S. Namun perlu diingat, Apple memberikan fitur perekaman video 4K di iPhone SE, yang tentunya akan memakan banyak tempat di storage. Ditambah lagi dengan ukuran aplikasi yang makin hari semakin ‘gendut’ sobat sinyaliti. Hm.. tertarik memilikinya? Yuk lihat review lengkapnya pada video berikut ini, klik disini. Baca Juga: Review Accessgo Gotune 5: Performa Octa-core, klik disini

8 Total Score
Good!

Apple baru – baru ini merilis Smartphone terbaru dengan ukuran layar mini yakni 4 inchi yang di beri nama “Iphone SE” yang merupakan penerus dari seri Iphone 5s namun spesifikasi dan fitur yang di tawarkan pun cukup jauh dengan iphone 5s bahkan di klaim memiliki kemampuan lebih baik dari pada iphone 5s. Iphone SE ini di gadang – gadang sebagai smartphone termurah buatan Apple saat ini yang memiliki spesifikasi dan fitur yang setara dengan iphone 6s sobat sinyaliti.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Smartphone termurah Apple, namun kemampuan setara dengan Iphone 6s
  • Hampir semua fitur dan kemampuan Iphone 6s terdapat di Iphone SE
  • Layar menggunakan teknologi LED-backlit IPS LCD jernih dan tajam
  • jaringan 3G dan 4G LTE Cat4 dengan kecepatan maksimal 150 Mbps
  • Bluetooth versi 4.2
  • support NFC dan Sensor finger print
  • Memori internal 16/64 GB
  • RAM 2GB
  • CPU tangguh 64 Bit Apple A9 Dual-core 1.84 GHz Twister
  • Kamera 12 MP serta Terdpat fitur pendukung sehingga hasil lebih jernih dan tajam
  • Kamera utama Mampu merekam Video berkualitas tinggi dengan resolusi 4K 30fps, Full HD 30/60/120fps, HD 240fps.
  • kamera depan mampu merekam video HD 30fps
Kekurangan
  • Baterai Non removable/permanen/gak bisa di copot
  • Layar 4.0 inchi kekecilan namun buat kamu yang suka layar kecil gak masalah
  • tidak terdapat slot SD Card, namun bisa di akali dengan Pakai USB OTG atau simpan file secara online di icloud
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0