iPhone Tidak Mau Mengisi Daya? Lakukan 6 Langkah Mudah Ini

SINYALITI.com – iPhone merupakan smartphone yang hadir dengan beragam kelebihan dan keunggulan tersendiri. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan smartphone lain.

Tetapi benarkah iPhone tidak pernah punya masalah dengan fungsi? Misalnya saja charger iPhone tidak masuk dan pengisian daya baterai tidak bertambah?

Mungkin Anda pernah mengalami masalah iPhone yang tidak bisa di-charge. Ya, terkadang iPhone memang mengalami masalah charging baterai yang membuat iPhone tidak mau mengisi daya. Padahal pengisian daya baterai ini sangat diperlukan pada setiap gadget. Jika tidak bisa dilakukan, maka hal itu adalah masalah besar.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi masalah iPhone yang tidak mau di-charge ini?

Nah, untuk Anda yang mengalami masalah seperti di atas, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Charger ke iPhone lain

Jika Anda penasaran, apakah charger-nya bekerja atau tidak, Anda bisa coba menge-charge ke iPhone lain. Hal ini untuk memastikan, apakah ada kerusakan di-charge atau tidak.

Jika iPhone lain tetap tidak bisa charge, ada kemungkinan masalah pada charger tersebut, dan Anda harus ganti charger-nya.

Namun, jika iPhone lain bisa di-charge dengan charger tersebut, maka itu artinya ada masalah pada iPhone Anda.

2. Ganti Charger

Ketika iPhone tidak mau mengisi daya, mengganti charger adalah cara yang dapat Anda lakukan berikutnya. Mungkin charger yang Anda gunakan tidak original, sehingga kemungkinan besar tidak dapat digunakan untuk menge-charger baterai iPhone.

Pastikan untuk tetap menggunakan charger yang original, karena charger original bekerja dengan kinerja terbaik dan paling sesuai. Dan pastinya bisa menjaga proses charging baterai, sekaligus menjaga kondisi baterai iPhone.

3. Gunakan sumber listrik terbaik

Untuk hasil terbaik, selalu gunakan sumber listrik dari stop kontak, dan jangan terlalu mengandalkan sumber listrik dari powerbank atau dari laptop. Karena sumber listrik tersebut tidak selalu menghasilkan daya yang sesuai.

Sumber listrik yang disarankan tentu saja langsung dari stop kontak. Pastikan juga untuk tetap menggunakan adapter dan kabel original dari Apple.

Namun jika Anda menggunakan adapter dan kabel dari pihak ketiga, pastikan sudah sesuai dengan standar Apple.

4. Restart iPhone

Tidak selamanya iPhone yang tidak mau di-charge baterainya karena masalah hardware atau masalah charger saja. Mungkin saja iPhone tersebut sebenarnya bisa nge-charge, hanya saja tidak menampilkan informasi charging tersebut.

Untuk kasus seperti ini, Anda dapat mencoba untuk me-restart iPhone tersebut.

Caranya, cukup matikan iPhone seperti biasa, lalu nyalakan iPhone kembali.

Dan cobalah untuk menge-charge baterainya, apakah masih tidak mau nge-charge atau sudah bisa.

5. Reset iPhone jika masih cukup baterai

Sudah restart iPhone, tetapi masih tidak bisa charge baterai? Jika baterainya masih cukup, Anda bisa coba reset iPhone Anda.

Tetapi ingat! Dengan melakukan reset iPhone, maka secara otomatis semua data-data Anda akan terhapus, dan iPhone akan kembali seperti baru lagi.

Namun jika Anda ingin data-data Anda tidak hilang, Anda bisa back-up data iPhone terlebih dahulu.

6. Ada sirkuit yang rusak

Jika beberapa langkah di atas iPhone Anda masih tidak bisa di-charge dan tak kunjung memperbaiki iPhone Anda, maka kemungkinan besar memang ada sirkuit yang rusak.

Dan mau tidak mau, Anda mungkin perlu datang ke toko reparasi iPhone untuk ganti port charging iPhone Anda.

Buatlah janji terlebih dahulu jika Anda ingin datang langsung ke toko reparasi iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko reparasi langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone tidak mau mengisi daya tersebut beserta solusi alternatifnya.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Port Charging iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami