3 Jenis Kerusakan iPhone Yang Paling Sering Terjadi

SINYALITI.com – iPhone merupakan smartphone yang hadir dengan beragam kelebihan dan keunggulan tersendiri. Hal inilah yang membuat iPhone berbeda dengan smartphone lainnya.

Tetapi benarkah iPhone tidak pernah punya masalah dengan fungsi? Misalnya saja, iPhone tidak bisa menyala, layar pecah, hingga pengisian daya baterai yang cepat habis, atau lain sebagainya.

Ya, terkadang iPhone memang mengalami banyak masalah, yang jika tidak segera dilakukan perbaikan, maka hal itu adalah masalah besar.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah-masalah iPhone di atas?

Nah, untuk Anda yang mungkin sedang mengalami masalah seperti di atas, Anda bisa mengikuti beberapa tips sederhana di bawah ini sebelum Anda membawanya ke toko service iPhone.

Jenis Kerusakan iPhone Yang Paling Sering Terjadi

iPhone Tidak Bisa Menyala

iPhone, meski dipatok dengan harga selangit, namun layaknya perangkat elektronik pada umumnya, pasti ada saja masalah yang terjadi pada iPhone secara tiba-tiba.

Dan salah satu dari banyaknya masalah yang sering terjadi pada iPhone adalah mendadak tidak bisa menyala.

Masalah ini memang kerap terjadi pada iPhone. Banyak penyebab mengapa iPhone mendadak tidak bisa menyala. Di antaranya adalah gagal saat upgrade IOS, terjatuh, tidak bisa di-charger, dan perangkat ter-jailbreak.

Sejatinya, masih banyak lagi penyebab mengapa iPhone tidak bisa menyala. Ketika hal itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir atau panik. Untuk memperbaiki iPhone yang tidak bisa menyala, ada beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut.

1. Restart atau Tekan Tombol Power.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, cukup tahan tombol Power selama sekitar 10 detik. Jika belum menyala, coba ulangi sekali lagi.

Setelah itu, layar iPhone akan berkedip dan tidak lama kemudian akan muncul logo Apple.

Jika iPhone dapat kembali beroperasi secara normal, maka kami sarankan untuk me-restart iPhone agar fitur yang ada bisa bekerja dengan normal.

2. Tekan Tombol Power dan Tombol Home.

Jika iPhone tidak bisa di-restart, coba dengan cara berikut ini sebagai alternatif, yakni tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik.

Jika memungkinkan, Anda bisa menekannya selama 20 detik hingga 30 detik.

Dalam banyak kasus, cara ini dijamin dapat menghidupkan kembali iPhone yang tidak bisa menyala.

3. Charge iPhone.

Pada sejumlah kasus, iPhone yang tidak bisa menyala karena daya baterai yang sudah sangat rendah. Hal ini karena iPhone memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk mengamankan data dan pengaturan.

Untuk itu, isi baterai iPhone melalui charger adapter atau tancapkan ke port USB komputer.

Namun bila baterai iPhone benar-benar kosong, disarankan untuk men-charge melalui charger adapter.

4. Restore iPhone.

Jika cara di atas dirasa belum maksimal, terkadang solusi terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Namun perlu kami ingatkan, hal ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone.

Langkah ini dijamin dapat memecahkan banyak masalah. Anda hanya cukup mensinkronisasikan iPhone Anda, kemudian klik tombol “Restore via iTunes”.

Namun jika iPhone Anda tetap saja tidak mau menyala, maka Anda memerlukan teknik di bawah ini :

  • Pasang kabel USB iPhone ke konektor dock. Jangan ke komputer.
  • Tahan tombol Home selama beberapa detik.
  • Setelah itu, colok kabel USB ke komputer.

Langkah ini akan membuka iTunes, memposisikan iPhone ke “Recovery Mode”, dan memungkinkan Anda mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Layar Pecah

Salah satu dari banyaknya masalah yang sering terjadi pada iPhone adalah LCD/ layar iPhone pecah atau rusak.

Apabila layar LCD iPhone Anda mengalami kerusakan, maka ada baiknya Anda melakukan beberapa hal seperti berikut ini :

1. Manfaatkan Garansi Apple.

Produk Apple biasanya selalu ter-cover oleh garansi. Manfaatkan itu, dan jangan terburu-buru untuk menjual iPhone Anda yang bermasalah.

Apabila status garansi iPhone Anda masih berlaku, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan potongan harga, atau bahkan gratis untuk memperbaikinya.

Jadi, ketika iPhone Anda mengalami kerusakan, jangan panik. Dan coba lihat kartu garansi Apple.

Beruntung apabila Anda menggunakan layanan Apple Care+. Di mana Anda bisa mendapatkan iPhone baru tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Seperti diketahui, layanan Apple Care+ ini merupakan salah satu layanan dari Apple. Di mana Anda dapat menukar iPhone Anda yang bermasalah dengan iPhone baru (replace).

Namun, tentu saja dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Dan jika Anda tidak menggunakan layanan tersebut, kemungkinan Anda perlu mengganti beberapa komponen yang rusak. Memang tetap bayar, tetapi harganya jauh lebih murah.

2. Toko Reparasi atau Service iPhone.

Jika Anda sudah tidak memiliki kartu garansi Apple, maka mau tidak mau, Anda harus datang ke toko reparasi atau service iPhone.

Atau bila Anda sibuk, maka Anda bisa menghubungi SINYALITI.com atau WEFIXIT.id.

Anda bisa menghubungi SINYALITI.com atau WEFIXIT.id untuk menjadwalkan kunjungan service Anda.

Buatlah janji terlebih dahulu jika Anda benar-benar ingin datang langsung ke toko reparasi iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko reparasi langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

Baterai Cepat Habis

Bagi yang memiliki iPhone, mungkin sedikit banyak tahu tentang baterai iPhone yang sering kali cepat habis. Tapi jangan lantas Anda menggantinya dengan baterai yang baru. Apalagi sampai menggantinya dengan iPhone baru.

Ada beberapa cara untuk mengatasi baterai iPhone yang cepat habis atau boros. Berikut cara mengatasi baterai iPhone yang boros :

1. Kurangi Jumlah Widget di Lock-Screen.

Jika merasa baterai iPhone Anda cepat habis, ada baiknya widget yang tidak digunakan Anda buang dari lock-screen.

Dan untuk mengakses widget dari lock-screen, Anda bisa sapu layar iPhone ke kanan, dan lakukan hal di bawah ini :

  • Gulir ke bawah saat di halaman widget, lalu ketuk tombol “Edit”.
  • Buka ponsel, dan Anda akan menemukan menu “Add Widget”.
  • Untuk menghapus widget, ketuk lingkaran merah yang ada di samping widget.
  • Akan muncul tombol “Remove”, ketuk tombol tersebut.
  • Ketuk tombol “Done” bila sudah selesai.

2. Nyalakan Modus Low Power.

Dari semua fitur yang ada di iPhone, “Low Power Mode” merupakan fitur yang sangat membantu. Sayangnya, tidak semua pengguna iPhone menyadari bahwa fitur ini dapat membantu masalah pada baterai.

Dengan menyalakan Low Power Mode, ada kemungkinan iPhone milik Anda dapat bertahan lebih lama sampai Anda menemukan listrik untuk mengisi daya baterai ataupun powerbank.

Dan untuk menyalakan fitur ini, Anda bisa masuk ke Settings > Battery > lalu geser tombol “Low Power” Mode ke kanan.

3. Balik Layar iPhone ke Bawah.

Seperti kita ketahui, ketika layar iPhone menghadap ke atas, maka layarnya akan menyala setiap kali mendapatkan notifikasi.

Jika menerima banyak notifikasi, ada kemungkinan nyala-matinya layar iPhone tersebut bisa menguras daya baterai.

Oleh sebab itu, selain menjadi cara paling tepat untuk menghentikan Anda membuka dan membalas setiap notifikasi yang muncul, membalik layar iPhone ke bawah juga dapat menghemat daya baterai. Karena layar tidak akan menyala setiap kali ada notifikasi.

4. Matikan Aplikasi Yang Ada di Belakang.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang beroperasi d belakang melakukan apa yang seharusnya dilakukan, yaitu me-refresh atau meng-update aplikasi terus menerus, meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan.

Meski waktu yang dibutuhkan untuk menunggu informasi di aplikasi tampil lebih cepat, nyatanya hal tersebut sangat menguras baterai iPhone.

Untuk mematikannya, Anda bisa melakukan dengan cara Settings > General > Background App Refresh > lalu geser tombol “Background App Refresh” ke kiri.

5. Matikan Raise To Wake.

Fitur terbaru yang diusung iOS 7 ini membuat iPhone menjadi perangkat yang canggih. Salah satunya adalah fitur “Raise to Wake”, yang mana dengan fitur ini memungkinkan pengguna dapat menyalakan layar iPhone hanya dengan mengangkat perangkat.

Jadi, Anda tidak perlu menekan tombol apapun, sehingga hal ini akan mempermudah dalam melihat notifikasi, jam, dan lain sebagainya.

Namun, jika fitur ini terus diaktifkan, bukan tidak mungkin layar iPhone akan terus menyala, mengingat kita sering melihat layar iPhone. Sehingga konsumsi daya baterai akan terus meningkat dibandingkan biasanya.

Nah, cara mengatasi baterai iPhone yang boros adalah dengan menonaktifkan fitur “Raise to Wake” ini.

Cara menonaktifkan fitur Raise to Wake ini pun cukup mudah. Anda cukup masuk pada menu Setting > Display & Brightness > kemudian scroll ke bawah hingga menemukan opsi Raise to Wake > lalu geser tombol untuk menonaktifkan. Selamat mencoba!

 

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti LCD iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?‚Äč

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

      Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat