Kamera iPhone Tidak Berfungsi? Atasi Dengan 5 Langkah Berikut Ini

SINYALITI.com – iPhone merupakan ponsel pintar dengan teknologi tinggi dan kaya akan inovasi, baik dari sisi hardware maupun software. Meski demikian, hal tersebut tidak lantas membuat iPhone tahan dari segala bentuk kerusakan.

Terkadang ada saja masalah yang timbul pada kamera iPhone. Misalnya saja, kamera iPhone yang tiba-tiba tidak berfungsi.

Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu, karena kamera memang merupakan salah satu fitur terpenting yang sering digunakan pada iPhone.

Nah, jika kamera iPhone Anda tidak berfungsi, Apple menawarkan beberapa saran untuk menyelesaikan masalah ini.

Berikut caranya:

1. Pertama, yaitu memverifikasi bahwa Anda belum menghidupkan “Restrictions”, yaitu salah satu fitur iOS untuk membatasi akses dari pihak ketiga terhadap fitur-fitur tertentu dalam iOS.

Di sini, Anda dapat menemukan Restrictions pada menu Settings > General > Restrictions.

Pastikan pula bahwa opsi kamera sudah Anda atur ke On. Anda juga bisa tap Disable Restrictions.

2. Cara perbaikan kedua yang disarankan adalah, memperbarui perangkat lunak iOS dan restore iPhone melalui iTunes.

Namun jika Anda memilih langkah kedua ini, jangan lupa untuk memilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru, sehingga pengaturan iPhone menjadi “Default”.

Dan ingat, back-up data Anda sebelum melakukan cara kedua ini seperti musik, film, dan lainnya, sebelum aplikasi pada iPhone Anda akan dihapus.

3. Jika cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, mungkin Anda masih bisa melakukan langkah berikut, yaitu lepas casing, stiker, atau aksesori lainnya.

Pasalnya, casing atau stiker dapat menghalangi kamera atau Flash dan mempengaruhi performa. Casing logam maupun bermagnet atau aksesori kamera dapat mengganggu stabilisasi optik.

Ujilah kamera tanpa semua perangkat tambahan tersebut, untuk mengetahui apakah itu sumber penyebabnya.

Dan jika Anda masih memiliki masalah dengan fokus pada kamera, Anda bisa menghubungi Dukungan Apple.

4. Bersihkan lensa kamera.

Jika foto Anda buram, tidak fokus, atau terdapat titik hitam, pastikan lensa kamera Anda bersih. Jika Anda  harus membersihkan lensa tersebut, maka gunakanlah kain serat mikro.

Jika terdapat debu atau kotoran di bagian dalam lensa, lensa kamera nampak tidak sejajar atau terhalang, Anda bisa bawa iPhone Anda ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi untuk meminta bantuan lebih lanjut.

5. Memulai ulang dan melakukan pengujian dengan berbagai App berbeda.

Jika Anda melihat lensa tertutup atau layar hitam saat membuka App kamera, mulai ulang perangkat. Selanjutnya, uji kamera Anda dengan menggunakan App kamera dan App lain yang menggunakan kamera.

Jika perangkat Anda dilengkapi kamera depan dan kamera belakang, periksa untuk mengetahui apakah keduanya tidak merespons atau hanya salah satunya.

Untuk berganti kamera, ketuk tombol di sudut kanan bawah layar, seperti gambar di bawah ini.

Jika kamera pada iPhone Anda masih tidak berfungsi, mungkin Anda harus membawa iPhone Anda ke service center iPhone resmi untuk perbaikan atau reparasi kamera iPhone.

Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki atau memodifikasi iPhone sendiri. Perbaikan hanya boleh dilakukan oleh penyedia service.

Buatlah janji terlebih dahulu jika Anda benar-benar ingin datang langsung ke service center iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone milik Anda beserta solusi alternatifnya.

Selain solusi di atas, Anda juga bisa menukarkan iPhone milik Anda ke toko Apple untuk diganti dengan yang baru. Namun dengan catatan tentunya, Anda masih punya klaim garansi yang berlaku.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Kamera Depan iPhone dan Ganti Kamera Belakang iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami