Cara Memperbaiki Kartu Memori MicroSD Yang Tak Terbaca

Sinyaliti.com –¬†Kartu memori atau biasa disebut dengan microSD adalah sebuah memori tambahan dengan bentuk kecil, yang berfungsi sebagai media alternatif untuk menyimpan file-file yang ada pada ponsel.

Meski sekarang ini banyak ponsel yang sudah menawarkan memori internal dengan kapasitas besar, namun tetap saja keberadaan microSD ini sangat penting. Terutama untuk pengguna ponsel yang memiliki banyak file dalam jumlah yang besar.

Sayangnya, seperti barang elektronik lainnya, microSD juga bisa rusak. Biasanya, yang paling sering dikeluhkan para pengguna adalah microSD selalu minta format, tidak terbaca, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang saat ini kartu memori microSD-nya sedang rusak, berikut ini adalah tips dan trik mengenai cara memperbaiki Memory Card (microSD) yang rusak.

Berikut tips dan trik-nya:

1. Bersihkan kartu microSD

Yang pertama harus kamu lakukan sebuah penghapus pensil. Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan kartu microSD dari dalam ponsel kamu, lalu gosokkan penghapus ke bagian tembaga hingga bersih.

Setelah itu, cobalah untuk memasukkan kembali kartu microSD tersebut. Cek, apakah berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka kamu harus melakukan cara berikutnya.

2. Cek kerusakan dari Laptop atau PC

Pertama, hubungkan microSD menggunakan adapter. Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada Drive kartu memori yang tadi kamu masukkan.

Setelah itu, pilih Properties > Tools > Error Checking. Lalu Scan, dan tunggu hingga proses selesai.

Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan kartu microSD dan cobalah untuk mengeceknya kembali.

Jika masih belum bisa, kamu bisa menggunakan cara terakhir.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password