7 Kekurangan iPhone X

SINYALITI.com – Sebuah media inovasi teknologi melabeli iPhone X sebagai salah satu produk gagal terbesar dan terburuk sepanjang tahun 2017. Menurutnya, fitur-fitur yang ditawarkan iPhone X dinilai belum terlalu dibutuhkan penggunanya saat ini, alih-alih memperbaiki kelemahan produk iPhone sebelumnya.

Sebaliknya, masalah yang dikeluhkan penggemar iPhone lawas pada umumnya seperti baterai yang boros dalam pemakaian singkat, baterai lawas yang memengaruhi kinerja ponsel atau material yang tidak begitu awet, tampaknya belum bisa diatasi Apple.

Mereka juga mengkritik beberapa perubahan fitur iPhone X dari generasi sebelumnya yang disebut tidak begitu diperlukan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tujuh kekurangan iPhone X.

1. Harga Yang Mahal

Jika bicara soal harga, memang tidak ada harga yang terjangkau dari produk keluaran Apple. Bahkan, perusahaan memilih fokus pada penjualan yang memperoleh keuntungan yang besar.

Tak heran, jika mereka tidak mengeluarkan banyak produk setiap tahunnya.

iPhone X menjadi flagship untuk sektor smartphone yang memang patut diacungi jempol. Dengan membawa konsep smartphone mewah, iPhone X berhasil menarik perhatian banyak orang dengan balutan kaca disekujur tubuhnya.

Tak ketinggalan, berbagai teknologi dan fitur terbaru seperti teknologi dual-camera, Face Lock, dan bezel-less menjadi poin-poin penting yang tidak dimiliki oleh semua smartphone.

Apple hanya meluncurkan kelas luxury phone dalam dua pilihan. Namun perbedaan dari kedua versi tersebut hanya terletak pada selisih kapasitas penyimpanan memori internal saja.

iPhone X dengan kapasitas memori internal 64 GB dibanderol sekitar Rp 20 jutaan. Sedangkan untuk kapasitas 256 GB, dijual pada kisaran Rp 30 jutaan.

2. Menggunakan Material Kaca Pada Backcase

Ilustrasi

Balutan material kaca yang berkualitas menyelimuti hampir 90 persen fisik iPhone X. Hal ini tentu saja menambah kesan mewah, karena bagian depan yang full kaca menggunakan teknologi bezel-less.

Tidak ketinggalan, bagian belakang bodinya juga terbuat dari material kaca yang shiny ketika terkena cahaya.

Meski penerapan material kaca untuk case iPhone X terlihat mewah, namun material kaca lebih rentan rusak atau pecah berkeping-keping karena benturan atau terjatuh dari genggaman.

Tidak hanya rentan pecah, material kaca pada iPhone X juga rentan tergores akibat gesekan benda tajam.

Dengan kata lain, pengguna harus memasang case tambahan dan tempered glass untuk melindungi smartphone ini jika tidak ingin mengambil resiko. Hal ini pun menjadikan alasan kekurangan iPhone X.

3. Teknologi Face ID Sebagai Prioritas Keamanan User

Teknologi Face ID pada iPhone X.

Teknologi Face ID yang dijadikan sebagai prioritas keamanan utama iPhone X menjadikan wajah penggunanya sebagai kunci untuk membuka smartphone ini.

Meski demikian, pemilihan sensor wajah untuk membuka smartphone terbilang tidak efektif digunakan secara harian. Hal ini diungkap berdasarkan beberapa pengalaman para pengguna iPhone X.

Smartphone memang tidak akan bisa diakses oleh orang lain, namun Anda akan kerepotan jika membutuhkan orang lain untuk membukanya apabila lupa membawanya.

Meskipun pihak Apple mengklaim bahwa teknologi Face ID berasal dari teknologi masa depan, namun teknologi ini terkadang mengalami masalah dikarenakan terkena air atau bahkan terlalu sering beroperasi.

Dengan kata lain, Anda harus mencoba mengulang membuka kuncinya dengan menekan tombol kembali. Inilah alasan kekurangan iPhone X yang dinilai terlalu ribet.

4. Kekurangan iPhone X Dari Segi Spesifikasi

Bodi iPhone X yang hampir 90 persen fisiknya diselimuti oleh kaca ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass.

Selain itu, perusahaan juga tidak menyediakan slot microSD untuk iPhone X.

Bahkan, smartphone yang termasuk dalam daftar lima smartphone termahal di dunia ini sama sekali tidak dibekali oleh ruang pendukung slot microSD.

Tak hanya itu saja, iPhone X juga menggunakan bateri bertipe Non-removable atau biasa disebut baterai tanam.

Alasan dipilihnya baterai jenis Non-removable ini adalah lebih memiliki daya tahan yang lama dibandingkan jenis removable battery.

Meski demikian, banyak dari pengguna mengaku bahwa iPhone X mudah panas dan terkadang menyebabkan lag.

5. Kamera Depan Belum Dilengkapi LED Flash

Menurut review dari beberapa YouTuber Gadget menunjukkan bahwa hasil foto selfie dengan iPhone X tidak sama seperti sample foto pada iklan.

Tidak hanya kamera depan dengan resolusi rendah saja, bahkan kamera ini pun tidak didukung oleh LED Flash.

Dengan begitu, pengguna akan kesulitan dalam menghasilkan foto selfie yang bagus saat kondisi minim cahaya, meskipun kamera depan telah mengadopsi teknologi low light.

6. Spesifikasi Hampir Serupa Dengan iPhone 8

iPhone X dan iPhone 8.

Berdasarkan spesifikasi, dapur pacu iPhone X hampir serupa dengan iPhone 8. Perbedaannya hanya terletak pada desain dan kamera yang diusungnya saja.

Desain smartphone iPhone X tampil lebih modern dengan konsep yang mengadopsi teknologi bezel-les. Sedangkan iPhone 8 meluncur dengan desain khas iPhone lawas.

Di sektor kamera, iPhone X telah dibekali dengan dual-camera pada kamera belakangnya, yang beresolusi 12 MP dengan Quad LED tone Flash. Sedangkan iPhone 8 hanya membawa kamera tunggal untuk kamera belakang beresolusi 12 MP Quad LED tone Flash.

Sementara itu, untuk kamera depan membawa kamera dengan resolusi yang sama, yaitu 7 MP.

Ditambah lagi dengan chipset yang diusung oleh keduanya, yaitu A11 Bionic andalan iPhone X yang juga dibawa oleh iPhone 8 dan 8 Plus.

7. Kapasitas Baterai Kecil

iPhone X yang dibanderol dengan harga Rp 20 jutaan ini hanya membawa baterai berjenis Non-removable Li-Ion berkapasitas 2.716 mAh.

Banyak pengguna yang kecewa dengan kapasitas baterai yang dibawa smartphone kelas flagship ini.

Kebanyakan aplikasi dan game lebih boros daya dan dapat menyebabkan panas pada baterai, menjadikan kekurangan iPhone X pada sisi baterai.

 

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk iPhone X, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?‚Äč

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

      Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat