Review Lenovo Vibe C A2020: Smartphone Murah yang Ngga Murahan

  • Review Lenovo Vibe C A2020: Smartphone Murah yang Ngga Murahan

Sinyaliti.com -Belum lama ini Lenovo kembali merilis smartphone entry level dengan harga 1 Jutaan, yaitu seri Lenovo Vibe C. Spesifikasi ponsel ini memang standard, namun sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan mobil sobat ulashape setiap harinya. Dimana nantinya sobat bisa mengakses internet dengan cepat, dan bermain game ringan dengan lancar. Sayangnya smartphone ini memiliki beberapa kekurangan yang kemungkinan akan menghambat penjualannya ketika dipasarkan di Indonesia. Pasalnya Lenovo cuma menyediakan Ram 1GB dan memori internal 8GB.

Rara-rata smartphone yang dibanderol setara dengan harga Lenovo Vibe C memiliki Ram berkapasitas 2GB dan memori internal 16GB. Entah kenapa Lenovo tak mengoptimalkan sektor hardware agar smartphone ini memiliki performa multitasking lebih baik. Namun sobat tak usah kecewa, karena kekurangan tersebut akan ditutupi oleh layar beresolusi tinggi yang berpadu dengan teknologi IPS, sehingga tampilan layarnya akan lebih jernih. Bagi sobat ulashape.com yang tertarik membelinya, dan ingin mengetahui spesifikasi lengkap dan harga Lenovo Vibe C, silahkan simak informasi berikut ini. Simak review spesifikasi dan harga nya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Lenovo Vibe C A2020

Desain Lenovo Vibe C A2020

Secara bentukan Vibe C sama seperti produk yang banyak beredar dipasaran. Memiliki material plastik yang cukup berkualitas, membuatnya tidak nampak murahan meski dibanderol dengan harga termurah diseri ini. Menampatka sebuah lis bernuansa metal mengelilingi bagian bodi depan, membuat kesan smartphone ini semakin elegan.

Lenovo Vibe C A2020: Spesifikasi Lengkap & Harga

Dibandingkan pendahulunya, Vibe C memiliki bentuk yang sangat pas ditangan menggunakan layar 5 inci namun masih nyaman saat pengguna menggunakan baik dengan satu atau dua tangan. Apalagi dibentuk dengan desain yang cukup ergonomis memberikan pengalaman yang pas dalam genggaman.

Lenovo menempatkan port microUSB dibagian atas bodi, berdampingan dengan jack audio 3.5mm. Sedangkan tombol power dan volume berada di samping kanan bodi. Semua tombol mudah diakses dengan mudah dengan jari tangan saat menggengamnya. Berikut tampilannya dari berbagai sisi sobat Sinyaliti.

 

 

Lenovo Vibe C A2020: Spesifikasi Lengkap & Harga

Memiiki ukuran layar yang pas ponsel ini sangat pas menyenangkan untuk browsing, bersosial-media atau pun main game. Namun, teknologi layarnya masih mengandalkan model lama, pun resolusi sebatas 480×854 piksel. Menggunakan layar jenis TFT-TN tampilannya cukup baik saat digunakan didalam ruang, namun sayangnya kurang maksimal saat digunakan dibawah terik sinar matahari. Untuk itu saat digunakan pada kondisi ini pengguna harus mengatur kecerahan secara maksimal sehingga pengguna masih dapat menggunakannya dengan nyaman.

Layarnya Mendukung multitouch 2 pada layar. Mengetik SMS, Chat ataupun bernavigasi melalui gerakan tangan slide, tap atau pinch dapat dijalankan dengan baik, tanpa kendala yang berarti sobat Sinyaliti.

back to menu ↑

Fitur

Meski dibanderol dengan harga yang murah, Vibe C memliki teknologi jaringan yang terbilang mumpuni. Koneksi 4G LTE dapat digunakan untuk mengakses semua internet baik saat menggunakan kartu sim card yang berada pada slot pertama maupun kedua (miniSIM & microSIM). Fitur koneksi lainnya seperti pada smartphone lain, Vibe C masih memiliki koneksi WiFi, Bluetooth, dan kabel  data MicroUSB.  Tak hanya itu saja, tersedia pula konektivitas nirkabel berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, port MicroUSB 2.0, dan navigasi GPS. Sobat jangan mengharapkan fitur NFC ataupun USB Type-C, karena harga Lenovo Vibe C dibanderol sangat murah, sehingga tak memungkinkan pemakian fitur canggih tersebut. Selain itu, smartphone ini juga mendukung navigasi GPS yang dimaksimalkan oleh teknologi A-GPS serta Glonass.

Salah satu fitur unggulannya adalah telah dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G LTE. Vibe C memiliki dual Slot SIM, dimana SIM 1 yang mendukung jaringan 4G menggunakan tipe micro, sedangkan pada slot 2 menggunakan tipe standar. Tersedia pula slot microSD untuk penyimpanan tambahan, yang mendukung hingga kapasitas 32 GB. Berikut dibawah ini tampilan antarmukanya.

Sayangnya kelengkapan sensor dari Vibe C terbilang sangat minim. Perangkat ini tidak dilengkapi Gyroscope, yang cukup penting untuk kebutuhan smartphone saat ini terutama untuk urusan multimedia dan hiburan.

Tampilan antarmuka pada Lenovo Vibe C A2020 review kali ini memang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Kita akan disuguhi dengan kehadiran Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. Semua aplikasi yang terinstal pada smartphone Vibe C A2020 ini akan tampil dan dapat diakses langsung melalui Homescreen.

Opsi kostumisasi yang disediakan oleh smartphone 4G LTE murah besutan Lenovo ini cukup standar karena memungkinkan pengguna mengganti theme, wallpaper lockscreen/homescreen, dan mengatur widget. Fitur Vibe UI yang tetanam pada Vibe C A2020 juga cukup standar dengan dukungan memori RAM cleaner, Schduled power on/off, background app management, permission control, dan beberapa tambaahn tool kecil lainnya.

back to menu ↑

Performa

Jika pada produk pendahulunya A2010 menggunakan MediaTek MT6753, maka di Vibe C kini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan kemampuan quad-core kecepatan 1,1GHz. Keduanya sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Sedangkan untuk menangani grafisnya Vibe C juga memakai Adreno 304, didukung pula dengan RAM 1GB, nampaknya smartphone ini masih terbilang ketinggalan, mengingat banyak smartphone saat ini sudah banyak yang menggunakan RAM 2GB.

Sedangkan untuk memori internalnya pengguna harus puas dengan kapasitas 16GB, jika kurang pengguna masih dapat memanfaatkan slot microSD untuk menambahkannya melalui memori eksternal hingga kapasitas 32GB untuk menampung file musik, film, alplikasi atau pun permainan. Diuji menggunakan aplikasi antutu benhmark, Lenovo Vibe C mampu memperoleh skor AnTuTu hingga 21ribu-an. Sedangkan saat digunakan untuk brmain game dengan detail grafis tinggi seperti Asphalt 8: Airborne, smartphone kirang begitu handal.

back to menu ↑

Kamera

Kamera belakang Lenovo Vibe C dibekali dengan resolusi 5 MP sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan lensa kamera 2 MP. Lengkap dengan beberapa fitur. Sebut saja efek foto (sepia, mono, negatif, posterisasi, dll), selain itu pengguna juga masih dapat menggunakan mode Panorama. Dibekali dengan lampu flash LED pada kamera belakang Lenovo berharap dapat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil yang bagus pada saat pemotretan objek dimalam hari atau kondisi lowlight.

Namun hasil foto pada kondisi tertentu nampak kurang fokus, gambar yang dihasilkan juga tidak optimal dengan reproduksi warna yang kurang maksimal. Sedangkan saat digunakan untuk foto selfie hasilnya masih terbilang baik. Tidak hanya untuk mengambil foto, kamera pada smartphone ini juga cukup mumpuni untuk merekam video dengan ukuran maksimal HD 720p.

Sayangnya kualitas yang dihasilkan tidak sebaik saat menggunakan kamera untuk mengambil foto sobat Sinyaliti, sebagai gambaran berikut dibawah ini meruapakan beberapa contoh foto yang diambil menggunakan smartphone ini.

Lenovo Vibe C A2020: Spesifikasi Lengkap & Harga

back to menu ↑

Baterai

Bicara soal kapasitas baterai, Vibe C sudah dibekali dengan baterai sebesar 2300mAh sehingga cukup irit dan bisa diandalkan seharian. Namun baterai akan terasa sangat boros apabila sobat sinyaliti memakaianya untuk bermain game ataupun mengakses internet secara terus menerus, siapkan baterai cadangan atau membawa powerbank. Berbicara mengenai internet, smartphone ini sudah bisa mengakses internet pada jaringan 3G HSPA dan 4G LTE, sehingga akses internetnya dapat berjalan secara cepat, ketika sobat sinyaliti melakukan streaming, browsing, ataupun bermain game online.

Dengan kapasitas ini maka manajemen daya dari ponsel mampu penyuplai daya yang cukup lama. pada saat baterai terisi penuh, kami dapat menggunakan smartphone dalam jangka waktu lebih 7 jam, pada penggunaan normal. Baterainya sendiri bersifat removable, dimana kamu bisa melepas atau menggantinya dengan mudah. Lebih lengkap mengenai spesifikasinya, klik disini sobat Sinyaliti!

8 Total Score
Good!

Lenovo Vibe C mengusung layar 5,0 inci dengan resolusi HD dan teknologi layar IPS LCD. Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE dan berjalan menggunakan OS Android Lollipop. Untuk mendukung aktifitas fotografinya, Lenovo Vibe C ini dibekali dengan dua buah kamera beresolusi 5 MP pada bagian belakang dan 2 MP diposisikan sebagai kamera depan.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Yang menarik Lenovo Vibe C juga sudah dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE untuk mengakses internet deengan cepat dan mufdah.
  • Sedangkan untuk pengguna yang berada diluar area 4G juga diseduiakan jaringan 3G HSDPA dan 2G GPRS.
  • Selain itu juga telah dilengkapi dengan kemampuan Dual SIM yang dapat aktif secara bersamaan.
  • Hadir dengan dukungan layar lebar 5,0 inci yang sangat nyaman digunakan untuk penavigasian menu-menu didalamnya.
  • Ditambahlagi dengan penggunaan teknologi panel layar IPS mampu memberikan tampilan warna yang sangat jernih dan tajam. Selain itu juga memiliki viewving angle yang luas.
  • Smartphone ini juga sudah berjalan menggunakan OS Android Lollipop yang banyak menawarkan aplikasi dan fitur menarik.
  • Dilengkapi dengan RAM 1 GB yang akan membuat aktifitas multitaksing berjalan lebih mulus dan minim lag.
  • Hadir dengan penyimpanan yang cukup lega, yakni memori internal 8 GB yang masih dapat dimaksimalkan dengan adanya slot MicroSD 32 GB untuk mengekspansi memori eksternelnya.
Kekurangan
  • Resolusi layar yang hanya sebatas WVGA akan membuat tampilan layar terlihat blur dan pecah-pecah
  • Belum dilapisi dengan pelindung layar, jadi pengguna harus membeli pelindung layar sendiri untuk melindungi smartphone dari benturan ataupun goresan.
  • Performa yang kurang maksimal dengan prosesor Snapdragon 210
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0