Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Smartphone dengan Dayu Pacu Maksimal dari Lenovo

Sinyaliti.com – Selain merilis seri K5 Note yang ditargetkan untuk membidik kelas entry level, Lenovo ternyata juga merilis seri Vibe terbaru bernama Lenovo Vibe P1 Turbo. Seperti apa detail spesifikasi dan harga nya, silahkan disimak sobat Sinyaliti.

 Lenovo Vibe P1 Turbo: Spesifikasi Lengkap & HargaSpesifikasi Detail Lenovo Vibe P1 Turbo

Desain Lenovo Vibe P1 Turbo

Sebanding dengan harga Lenovo Vibe P1 Turbo yang dipasarkan cukup mahal, smartphone ini menawarkan desain premium dengan balutan bodi metal yang terbuat dari meterial Alumunium Alloy. Sudah pasti desain tersebut membuat baterai 5.000 Mah yang ada dibalik casing belakang tidak bisa kita lepas. Selain itu, desainnya juga cukup tebal, yakni dengan bodi berdimensi 152.9 x 75.6 x 9.9 mm, dan memiliki bobot mencapai 189 gram. Yah memang cukup berat ketika kita pegang, namun hal ini sangat wajar karena didalamnya tersimpan baterai berkapasitas super besar.

 Lenovo Vibe P1 Turbo: Spesifikasi Lengkap & Harga

 

Apabila smartphone Lenovo yang lainnya memiliki sensor keamanan sidik jari pada casing belakang, maka untuk tipe ini berada dibagian tombol home yang berada di sisi depan bersamaan dengan panel layar sentuh seluas 5.5 inci dan kamera depan 5 MP. Sementara untuk sisi belakang telah terpasang sensor kamera berkekuatan 13 MP beserta lampu Dual Tone Flash. Kemudian pada bagian samping, telah tersedia tombol volume dan power serta sebuah tombol yang berfungsi sebagai tombol pengemat daya baterai.

 

 Lenovo Vibe P1 Turbo: Spesifikasi Lengkap & Harga

Layar berbentang 5.5 inci dengan teknologi IPS Display beresolusi Full HD 1080 x 1920 sudah dipersiapkan untuk memanjakan pengguna Lenovo Vibe P1 Turbo dalam menikmati berbagai konten dan fitur yang tersimpan didalamnya. Menariknya, layar tersebut memiliki kepadatan layar mencapai 401 ppi, dan dukugan teknologi multitouch mencapai 10 titik sentuhan, sehingga layarnya sangat optimal ketika kita pakai bermain game, karena mampu menampilkan gambar lebih detail, dan pastinya sangat responsif ketika disentuh.

 Lenovo Vibe P1 Turbo: Spesifikasi Lengkap & Harga

Untuk melindungi layar dari goresan benda tajam, Lenovo telah melapisi layar Lenovo Vibe P1 Turbo dengan lapisan antigores bertipe Corning Gorilla Glass 3. Namun tak ada salahnya sobat sinyaliti tetap memasangkan screen guard ataupun tempered glass pada layarnya.

back to menu ↑

Fitur

Baterai boleh jumbo, tapi proses pengisian baterai pada Lenovo P1 Turbo tidak terlalu lama. Pasalnya smartphone ini sudah dibekali teknologi Quick Charge 2.0 dari Qualcomm. Tidak begitu mengesankan memang, bila dibandingkan teknologi VOOC Flash Charge milik OPPO.

Pada P1 Turbo, kami mencatat pengisian baterai dari kosong hingga 60 persen bisa dilakukan dalam waktu satu jam. Pengisian baterai 1,5 jam membuat kapasitas terisi sekitar 80 persen dan pengisian hingga penuh 100 persen membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.

 Lenovo Vibe P1 Turbo: Spesifikasi Lengkap & Harga

Mode power-saving. Di sisi kiri smartphone terdapat sebuah tombol switch khusus. Tombol ini ternyata berfungsi untuk menghemat baterai smartphone dengan cara masuk ke mode power-saving. Ketika diaktifkan, smartphone hanya bisa digunakan untuk fungsi basic saja, seperti telepon, SMS, alarm, melihat kontak, dan kalender.

Vibe UI yg tertanam pada hp ini memiliki fitur menarik yg adpat memudah kan pengguna, berikut beberapa fitur UI Lenovo Vibe p1 turbo serta penjelasana nya.

  • Double tap to wake : Tap 2 kali layar ketika mati dapat membuat layar hidup
  • One Hand Mode : Mengecilkan ukuran layar yang bisa di atur sesuka hati agar lebih mudah di gunakan satu tangan
  • Tombol Switch special : Terletak di sisi kiri atas yang berfungsi untuk berpindah ke mode power saving
  • Quick snap : Berfungi untuk memotret ketika smartphone terkunci dengan cara menakan tombol volume down
back to menu ↑

Performa

Spesifikasi Lenovo Vibe P1 Turbo di sektor dapur pacu juga begitu gahar dengan dibekali chipset SoC besutan Qualcomm Snapdragon 615 yang dipadukan dengan prosesor Octa Core ARM cortex A53 berkecepatan 1,5 GHz. Performa Lenovo Vibe P1 turbo begtu mantap apalagi dibekali dnegan RAM sebesar 3 GB dan pengolah grafis Adreno 405. Tak heran jika hasil benchmark lenovo vibe P1 Turbo ini cukup tinggi. Untuk sistem operasi, Lenovo Vibe P1 turbo menjalankan OS Android 5.1.1 Lollipop dengan balutan Vibe UI.

Smartphone ini menggunakan CPU octa-core Snapdragon 616 1,5 GHz. Lenovo VIBE P1 Turbo juga dibekali RAM 3 GB dan storage 32 GB. Kalau ditanya apakah smartphone ini bisa menjalankan game berat, tentu bisa. Dengan skor AnTuTu 36 ribu poin, Lenovo VIBE P1 Turbo bisa menjalankan Asphalt 8 dengan lancar menggunakan kualitas grafis high. Game berat lain seperti Sniper Fury dan Hitman: Sniper bisa dimainkan dengan lancar menggunakan grafis medium.

Punya RAM 3 GB, sisa kapasitas yang bisa sobat Sinyaliti gunakan untuk menjalankan aplikasi dan game hanya 1,5 GB saja. Ya, VIBE UI pada Lenovo VIBE P1 Turbo menghabiskan kapasitas RAM hingga 50 persen dan membuatnya tergolong boros.

back to menu ↑

Kamera

Spek Lenovo Vibe P1 Turbo di sisi kamera juga cukup mumpuni karena dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera utama sebesar 13 MP. Hasil jepretan Lenovo Vibe P1 Turbo cukup jernih dan bagus mengingat smartphone ini sudah menggunakan LED Flash dan fitur Phase detection. Untuk menyimpan hasil foto Lenovo Vibe P1 Turbo sudah dibekali dnegan memori internal yang cukup besar yaitu 32 GB

Karena masuk jajaran smartphone unggulan dari Lenovo, VIBE P1 Turbo nyatanya membawa aplikasi kamera khas Lenovo dengan fitur yang cukup lengkap. Mode foto yang ditawarkan memang terbatas pada (panorama, HDR, dan 8 filter cahaya), tapi kinerja kameranya memuaskan karena shutter speed yang cepat. Jikaa sobat sinyaliti hendak mengabadikan gambar di tempat agak gelap, autofokusnya memang bekerja lebih lambat ketimbang memotret di kondisi cahaya normal. Tapi shutter speed-nya tetap bisa menjepret dan menyimpan gambar secepat memotret di tempat terang.

Sedangkan pada kamera depan nya beresolusi 5MP yang sudah cukup baik di gunakan untuk selfie. Fitur pada kamera utama nya pun sangat menarik dan mampu membuat hasil jepretan lebih profesional, apa saja fitur yang terapat pada kamera 13 MP lenovo ini? Berikut diantaranya:

  • Phase detection autofocus : Mendeteksi objek pemotretan sehingga lebih fokus pada objek.
  • Touch focus : Sentuh objek agar fokus pada objek tersebut.
  • Dual-LED (dual tone) flash
  • Geo-tagging
  • Face detection : Mendeteksi wajah
  • ISO settings : Atur ISO manual
  • Exposure compensation
  • Self-Timer
  • Selain Fitur tersebut, terdapat juga beberapa mode seperti HDR, Scene Mode dan Panorama. terdapat juga Filter yg bisa di terapkan secara real time.

Hp ini juga sudah mampu merekam video Full HD 1080p@30fps berkualitas bagus lho sobat Sinyaliti.

back to menu ↑

Baterai

Baterai awet. Keunggulan utama Lenovo P1 Turbo adalah baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini rata-rata bisa bertahan lebih dari satu hari. Adapun screen-on-time yang dihasilkan yakni sekitar tujuh jam dengan pamakaian internet aktif dan bermain game (Final Fantasy IX) secara intens. Lenovo ini juga dilengkapi dengan Fitur Fast Charging, dengan fitur ini sobat Sinyaliti bisa mengisi baterai hp ini hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mencapai 60% dan untuk full 100% hanya butuh waktu sekitar 2 jam 15 menit saja. Lebih lengkap mengenai spesifikasi P1 Turbo, dalam bentuk video klik disini sobat Sinyaliti.

8 Total Score
Good!

Lenovo Vibe P1 Turbo merupakan smartphone premium dengan body berbahan metal dan sudah di lengkapi sensor finger print. Hp ini mampu menampilkan gambar yang tajam dan bening berkat resolusi layar hp ini sudah Full HD Serta kerapatan pixel nya mencapai 401 ppi. Lenovo vibe di jalankan oleh Lenovo vibe UI berbasis android lollipop 5.1 yang memiliki berbagai fitur menarik. Kinerja nya cepat dan lancar berkat RAM sebesar 3GB dan CPU Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octacore 64 bit 1,5 Ghz yang tertanam pada HP lenovo ini sobat Sinyaliti.

Deain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar 5.5 inchi resolusi 1080p
  • Layar gorilla glass 3
  • CPU Quad Core dipaxcu 3 GB RAM
  • Jaringan internet LTE tercepat
  • Support dual SIM
  • Kamera keren dengan lensa 13 MP dan 5 MP
  • Tersedia NFC
  • Baterai jumbo 5000 mAh yang awet
  • Konektivitas lengkap termasuk USB OTG untuk transfer data lebih cepat
  • Fitur fast battery charging
Kekurangan
  • Kualitas perekam video standart
  • Harga Lenovo Vibe P1 Turbo cukup melambung tinggi
  • Baterai non removable yang tidak bisa dilepas
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0