Review LG K10 New Edition: Mengusung Fitur Fingerprint Sensor Dan Memori Internal 32GB

Sinyaliti.com – LG Mobile memang terbilang sukses dalam meramaikan pasar gadget melalui beberapa smartphone di jajaran seri K miliknya. Jadi jangan heran jika LG kembali memperbarui jajaran smartphone miliknya yang diberi nama LG K10 New Edition. Dari embel-embel “New Edition” yang terselip di belakang namanya, sudah bisa kita diketahui bahwa smartphone ini merupakan varian pembaruan teratas dari LG K10. Sebagaimana kita tahu, LG K10 memang telah diluncurkan terlebih dahulu.

Selain hadir dengan nama baru, “New Edition”, smartphone besutan LG ini juga menjadi senjata baru untuk mempertahankan eksistensinya di segmen mid-range. Karena LG K10 New Edition ini membawa spesifikasi satu tingkat lebih tinggi dan lebih canggih dari pendahulunya, yaitu LG K10. Dengan demikian, pecinta produk ponsel LG tampaknya memang patut untuk berekspektasi lebih terhadap spesifikasi yang kini dibekalkan pada seri K10 New Edition ini. Lantas, apa saja keunggulan yang dibawa ponsel LG K10 New Edition ini?

Spesifikasi Detail LG K10 New Edition

Desain LG K10 New Edition

Secara tampilan, konsep desain LG K10 New Edition memang sedikit berbeda dengan desain LG K10 versi tahun 2016, dimana bentuknya memanjang dengan ujung atas-bawah berbentuk melengkung curvy. Hal ini karena pada LG K10 New Edition memiliki fitur fingerprint sensor atau sensor pemindai sidik jari yang terpasang pada cassing bagian belakang. Sensor tersebut berfungsi sebagai sistem keamanan dari ponsel ini, sehingga semua data bisa tersimpan dengan aman. Sementara pada bagian back cover-nya menggunakan material berbahan Non-logam, yang membuatnya tidak licin saat digenggam.

Desain LG K10 New Edition

Untuk dimensi, LG K10 New Edition hadir dengan ukuran 146 x 74,8 x 8,8 mm, sementara beratnya sebesar 142 gram. Perangkat ini juga dibekali dengan layar ponsel berukuran 5.3 inci yang mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 277 ppi pixel density. Meski resolusi layarnya terhitung masih standar, namun penggunaan panel IPS LCD capacitive touchscreen pada ponsel membuat kualitas tampilan visualnya cukup nyaman untuk pandangan mata.

Sayang, belum ada sistem proteksi layar sebagai pelindungnya. Jadi pengguna harus menambahkan screen guard secara manual untuk melindungi layarnya.

back to menu ↑

Fitur

Membahas spesifikasi di bagian konektivitasnya. Bagian ini pun ternyata telah dibekali LG dengan komponen-komponen yang cukup lengkap. Ini bisa dilihat dengan hadirnya dua pilihan model yaitu, model LTE dengan akses internetnya yang sangat stabil dan juga 3G HSPA.

Dengan menggunakan model berteknologi jaringan 4G LTE sebagai jalur koneksi utama, pastinya pengguna tak perlu lagi mengkhawatirkan kecepatan koneksi ketika berselancar di dunia maya. Bahkan berkat penggunaan jaringan ini, aktivitas download bisa dipacu pada kecepatan 150 Mbps dan upload pada 50 Mbps.

Sementara bila di daerah yang belum tercover dengan jaringan 4G LTE, maka bisa memilih varian model 3G yang masih support jaringan 2G EDGE dan 3G HSPA untuk menunjang kebutuhan seluler. Meskipun kecepatan akses datanya masih di bawah LTE, namun jaringan data 3G HSPA ini masih handal untuk memenuhi kebutuhan konektivitas jaringan.

Fitur LG K10 New Edition

Ponsel pun bisa memaksimalkan akses internet secara wireless dengan fitur-fitur seperti WiFi 802.11, Dual-Band, WiFI Direct dan Hotspot. Sedangkan untuk kebutuhan berbagi file, sudah tersedia fitur Bluetooth 4.2 dengan A2DP dan juga microUSB 2.0. Pada sistem navigasinya, LG K10 New Edition ini didukung oleh teknologi A-GPS dan GLONASS untuk pemetaan lokasi dengan akurasi yang tinggi.

back to menu ↑

Performa

Beranjak ke spesifikasi pada bagian dapur pacu. Bagian ini telah dibekali dengan komponen-komponen yang cukup berkualitas di kelasnya. Untuk otak pemrosesan, LG mengandalkan chipset Mediatek MT6750 yang di dalamnya memiliki prosesor delapan inti Octa-Core Cortex-A53 dengan clock speed 1.5 GHz. Sehingga performa yang dihasilkan LG K10 New Edition pun terbilang handal untuk kategori smartphone mid-range.

Kebutuhan multitasking pun cukup mumpuni, sebab sektor ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB. Sedangkan penggunaan kartu grafis Mediatek MT6750 juga memungkinkan pengguna untuk membuka game-game dan multimedia favorit pada ponsel ini. Menariknya lagi, ponsel ini telah menggunakan sistem operasi terbaru, yaitu Android Nougat 7.0. untuk menjalankan komponen-komponen dapur pacunya. Sehingga tak heran jika kinerjanya semakin optimal dan ringan. Jadi dapat disimpulkan bahwa berbagai komponen tangguh yang ada pada LG K10 New Edition ini memang tangguh.

Perform LG K10 New Edition

Sementara untuk ruang penyimpanan yang disediakan oleh LG K10 New Edition menghadirkan ruang yang cukup longgar. Hal ini tentunya agar bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan data penggunanya. Ya, ponsel pintar ini hadir dengan bekalan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk mengcover file sistem bawaan dari LG K10 New Edition. Dan file-file hiburan lainnya milik pengguna yang biasanya berupa foto, audio dan juga video.

Namun jika bagi pengguna smartphone yang hobi mengoleksi file-file berukuran jumbo, maka space memori yang disediakan ini masih kurang memuaskan. Oleh karena itu, LG menyematkan slot memori eksternal agar ruang penyimpanannya bisa diperluas lagi. Penambahan microSD sebesar 256 GB tentunya akan semakin menambah kesempurnaan ruang penyimpanan yang ada pada spesifikasi LG K10 New Edition ini.

back to menu ↑

Kamera

Lini kamera bisa merupakan salah satu kelebihan yang dibawa oleh spesifikasi LG K10 New Edition. Pasalnya, bagian ini menghadirkan dua piranti kamera dengan resolusi cukup baik untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi. Pada bagian belakang, bisa dijumpai kamera beresolusi 13 MP dengan hasil jepretan foto yang cukup jernih.

Kamera ini juga telah dilengkapi dengan fitur Autofocus untuk lebih mengoptimalkan tangkapan fokus dan LED Flash yang mendukung aktivitas memotret di tempat yang gelap. Ada juga fitur pendukung lain seperti HDR dan panorama untuk membuat hasil dokumentasi tampak lebih menarik. Kamera di bagian belakang ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

Kamera LG K10 New Edition

Sementara di bagian depan, perangkat besutan LG ini mengusung kamera 5 MP yang mampu menciptakan foto selfie dengan sudut pandang hingga 120 derajat. Hal ini pastinya akan memudahkan penggunanya yang gemar mengabadikan momen dalam bentuk selfie maupun video call.

back to menu ↑

Baterai

Pada sektor pemasok dayanya. LG K10 New Edition menggunakan baterai jenis Removable Lithium-Ion berkapasitas 2.800 mAH ntuk memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada di dalamnya. Ketahanan baterai yang dipakai oleh perangkat ini bisa dibilang lumayan. Sebab LG K10 New Order ini mampu bertahan selama 13 jam jika dipakai untuk waktu bicara. Serta sanggup ON dalam waktu 350 jam jika smartphone berada dalam kondisi siaga.

Sayangnya, LG belum melengkapinya dengan fitur Fast Charging. Meskipun demikian, dengan kapasitas baterai yang cukup besar tersebut. Suplai daya dari smartphone ini nampaknya akan mampu menunjang kinerja komponen di dalamnya.

Lalu, dengan embel-embel “New Edition” pada namanya, kira-kira berapa harga LG K10 New Edition ini ya? Nah, buat sobat Sinyaliti yang penasaran dengan harga ponsel ini, kamu bisa langsung klik di sini.

8 Total Score
Good!

Hadir dengan membawa embel-embel “New Edition” yang terselip di belakang namanya, LG K10 New Edition memang sedikit berbeda dengan desain LG K10 versi tahun 2016. Memiliki fitur fingerprint sensor atau sensor pemindai sidik jari yang terpasang pada cassing bagian belakang, smartphone ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB dan telah menggunakan sistem operasi terbaru, yaitu Android Nougat 7.0.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Desain yang cukup keren dan stylish.
  • Mendukung kemampuan dual-SIM yang dapat diaktifkan bersamaan
  • Mendukung koneksi jaringan tercepat saat ini 4G LTE
  • Layar IPS LCD 5.3 inchi, yang tampilanya sangat jernih dan nyaman dioperasikan
  • Sistem operasi OS Android v 7.0 Nougat
  • Prosesor Mediatek MT6750 Octa Core 1,5 GHz dan GPU Mali – T860MP2 yang kinerjanya sangat baik.
  • Mengadopsi RAM 2 GB dan memori internal 16GB
  • Kamera utama 13 MP, lengkap dengan Autofokus dan LED flash
  • Bisa merekam video Full HD 1080P@30fps
  • Dilengkapi fitur fingerprint sensor
  • Kamera depan 5MP cukup ok buat berfoto selfie
  • Baterai 2800 mAh yang cukup mampu menopang kebutuhan daya smartphone.
Kekurangan
  • Body masih dari plastik
  • Tidak dilengkapi pelindung layar
  • Baterai berjenis Non-Removable
  • Baterai belum dilengkapi fast charging
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0