Tutorial Cara Membuat Ringtone Sendiri di iPhone

SINYALITI.com – Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat Ringtone sendiri di iPhone dengan menggunakan iTunes. Cara ini pun bisa langsung Anda jadikan Ringtone dari lagu yang terdapat di Libarary.

Namun, hanya lagu yang dibeli saja yang bisa digunakan. Sedangkan untuk menjadikannya koleksi lagu dari CD harus dilakukan dengan cara manual.

Nah, jika ingin membuat Ringtone sendiri di iPhone, yang Anda butuhkan adalah aplikasi iTunes dan Garage Band, dengan beberapa cara dalam melakukan Sync dan iPhone.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Ringtone Sendiri di iPhone

1. Aktifkan Garage Band

Aplikasi Garage Band versi 09.

Pada Applikasi Garage Band versi 09 sudah dilengkapi dengan fitur membuat Ringtone. Namun, untuk Garage Band 08 tidak diketahui pasti apakah fitur Ringtone ini ada atau tidak.

Sekarang, silahkan Anda buka atau jalankan aplikasi Garage Band versi 09. Kemudian, buat project baru dengan menggunakan tipe Loops.

2. Memilih Lagu

Kembali ke aplikasi iTunes. Silahkan tentukan lagu mana yang ingin Anda edit untuk dijadikan Ringtone iPhone.

Pada gambar di bawah ini hanya sebagai contoh memillih lagu Coldplay. Sebab, ada beberapa nada yang menggunakan Looping. Tetapi bagi Anda bebas, silahkan lagu mana yang akan digunakan.

Setelah itu, klik kanan pada lagu yang telah Anda pilih. Selanjutnya, pilih “Show in Finder”.

Tutorial memilih lagu.

Jika Anda sudah melakukan Finder dan memilih lagu tersebut, sekarang drag-n-drop dimasukan ke dalam jendela Garage Band pada lagu yang telah dipilih sebagai Ringtone. Kemudian klik tombol “View Track Editor”.

Pada track editor tersebut, Anda bisa menyalin bagian mana saja yang akan dijadikan Ringtone.

Sebagai informasi, sangat disarankan dalam penggunaan Ringtone iPhone panjang lagu tersebut harus memiliki durasi hanya 4 detik.

Selanjutnya pada tahap penyeleksian, yang nantinya akan digunakan sebagai Ringtone dengan menyalin menggunakan ⌘ + C.

Tapi nanti dulu, jangan langsung ditempelkan. Sebelumnya, buatlah terlebih dahulu satu buah track baru. Caranya, buka menu “Track” > “New Basic Track”, atau tekan ⇧ ⌘ N.

Nah, sekarang Anda bisa memulai tempelkan track yang telah diseleksi ke dalam track baru.

3. Edit Track

Pada track yang terpilih, tempatkan sebuah tanda track pada akhir Loop. Kemudian tempelkan kembali Loop tadi dengan menggunakan ⌘ C, untuk melakukan perulangan track dengan mudah.

Edit Track #1.

Kemudian tekan spasi untuk memutar lagu. Namun jika musik tersebut saling tindih, Anda bisa melakukan penghapusan lagu track lengkap atau bisa Mute dengan menekan tombol speaker kecil.

Edit Track #2.

Pengeditan selesai!

Selanjutnya, Anda bisa membuat lagu tersebut menjadi Ringtone dengan cara klik menu “Share” > “Share Ringtone to iTunes”.

Jika tampil sebuah notofikasi, maka pilih “Adjust”.

Edit Track #3.

Edit Track #4.

Jika sudah mengklik tombol Adjust, pada timeline track nantinya akan muncul bilah warna kuning, menandakan bahwa track belum masuk ke iTunes.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan dengan mengulangnya. Caranya, tekan “Share Ringtone to iTunes”. Hal ini agar Garage Band membuatkan file Ringtone dan memasukannya ke iTunes.

Edit Track #5.

4. Singkronisasi Dengan iPhone

Hubungkan iPhone Anda dengan PC, di dalam tab Ringtones pastikan bahwa Rigtone tersebut terpilih atau bisa memilih “Sync All Ringtone”.

Untuk memulainya, klik tombol “Sync”.

Anda juga bisa mengecek Ringtone tersebut yang ada di dalam dengan cara pilih “Setings” > “Sounds” > “Ringtone”. Selamat mencoba!

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti LCD iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat