Tips Memotret Makanan Dengan Kamera iPhone

SINYALITI.com – Makanan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahluk hidup, khususnya manusia. Dan di era di mana semakin pesatnya media sosial seperti sekarang ini, banyak pengguna media sosial yang memotret makanan, kemudian meng-upload foto makanan tersebut di berbagai jejaring sosial yang mereka gunakan. Sampai-sampai ada istilah, “Difoto dulu, baru dimakan”.

Memotret makanan memang aktifitas yang menyenangkan. Banyak orang yang melakukannya, meskipun mereka bukanlah penggemar fotografi atau fotografer profesional. Meski begitu, memotret makanan tidak bisa asal jepret.

Dengan kata lain, seseorang harus mengerti caranya agar hasil foto makanan yang diambilnya membuahkan komposisi yang menarik, sehingga orang lain yang melihatnya tertarik untuk segera membelinya.

Nah, berikut ini adalah tips memotret makanan dengan menggunakan kamera iPhone. Yuk, ikuti tips ringkas di bawah ini.

1. Perhatikan Penataan Makanan

Perlu Anda ketahui bahwa memotret makanan dengan porsi yang banyak sangatlah tidak menarik. Maka hal yang pertama harus Anda lakukan adalah styling dengan menggunakan kesan minimalis, ditambah berbagai aksesoris pemanis.

Misalnya, cukup sepotong makanan lezat dengan menggunakan ruang putih pada piring. Kemudian letakkan vas bunga, taplak meja menarik, botol garam atau merica yang biasa tersedia di meja makan.

Lihat hasilnya! Dijamin akan lebih elegan, karena detail makanan akan terlihat jelas.

2. Pencahayaan

Cobalah berpikir tentang apa saja yang bisa mendukung agar makanan terlihat lebih lezat dan menarik. Misalnya, pengaturan cahaya.

Biasanya, makanan akan nampak lebih menggiurkan ketika mendapat akses pencahayaan yang melimpah.

Warna dari makanan tersebut pun akan muncul dengan baik berkat adanya dukungan dari cahaya yang terang.

3. Perhatikan Angle-nya

Pikirkan juga apa yang membuat subjek benar-benar terlihat lezat. Dan hal ini hanya akan didapat jika Anda mengambil angle pemotretan dengan tepat.

Anda bisa mengambil angle dari samping, atas, atau melintang. Namun dengan tetap menonjolkan kelezatan makanan tersebut.

4. Minimalis

Blogger makanan vegetarian dan penulis “Bowls of Goodness”, Nina Olsen, menganjurkan untuk mengusung konsep minimalis saat memotret makanan.

Nina Olsen sangat menghindari terlalu banyak pola dan dekorasi, agar ia dapat fokus tetap pada makanan.

Hasilnya? Terlihat sangat sederhana, tapi elegan!

5. Kreatif

Menggunakan hal-hal yang sedikit berantakan. Misalnya saja, memotret makanan yang setengah habis atau makanan yang sudah Anda makan.

Dengan cara seperti ini, maka isi makanan akan terlihat lebih natural dan menggoda.

Tidak sedikit pula dari kalangan fotografer profesional menggunakan ide ini untuk menarik perhatian orang lain.

Selanjutnya, Anda bisa mengoptimalkan media sosial untuk memamerkan hasil foto Anda. Selamat mencoba!

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Tombol Power, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat