Cara Menghemat Baterai iPhone

SINYALITI.com – iPhone, sebuah gadget canggih besutan Apple ini memang berbeda dengan ponsel pintar lainnya. Namun, meski memiliki segudang fungs dan kecanggihani, ternyata iPhone juga memiliki kelemahan yang bisa dikatakan cukup merepotkan, yakni pada sisi energi/ daya untuk memenuhi kebutuhan dalam pengoperasian perangkat, yaitu baterai.

Bagi Anda yang memiliki iPhone, mungkin sedikit banyak sudah mengetahui tentang baterai iPhone yang sering nge-drop. Tetapi jangan lantas menggantinya dengan baterai yang baru. Apalagi sampai menggantinya dengan iPhone yang baru.

Sebagaimana dilansir dari situs 9to5Mac, Selasa (5/11/2019), ada beberapa cara untuk menghemat baterai iPhone yang boros.

Berikut tips menghemat baterai iPhone yang boros.

Tips Menghemat Baterai iPhone.

Tips Menghemat Baterai iPhone

1. Kurangi Jumlah Widget Pada Lockscreen

Jika Anda merasa baterai iPhone milik Anda sering nge-drop, ada baiknya widget yang tidak digunakan Anda hapus/ buang dari lockscreen.

Untuk mengakses widget dari lockscreen, Anda bisa sapu layar iPhone ke arah kanan, kemudian lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini :

  • Gulir ke bawah saat di halaman widget, lalu ketuk tombol “Edit”.
  • Buka ponsel, dan Anda akan menemukan menu “Add Widget”.
  • Untuk menghapus widget, ketuk lingkaran merah yang ada di samping widget.
  • Kemudian akan muncul tombol “Remove”, lalu ketuk tombol tersebut.
  • Ketuk tombol “Done” bila sudah selesai.

2. Nyalakan Low Power Mode

Dari semua fitur yang ada di iPhone, Low Power Mode merupakan fitur yang sangat membantu. Sayangnya, tidak semua pengguna iPhone menyadari bahwa fitur ini dapat membantu masalah baterai.

Dengan menyalakan Low Power Mode, ada kemungkinan iPhone Anda dapat bertahan lebih lama sampai Anda menemukan listrik untuk mengisi daya baterai ataupun powerbank.

Untuk menyalakan fitur Low Power Mode ini, Anda bisa masuk ke Settings > Battery > lalu geser tombol “Low Power” ke kanan.

3. Balik Layar iPhone ke Bawah

Ketika layar iPhone menghadap ke atas, maka layarnya akan menyala setiap kali mendapatkan notifikasi. Jika menerima banyak notifikasi, ada kemungkinan nyala-matinya layar iPhone bisa menguras daya baterai.

Untuk itu, selain menjadi cara paling tepat untuk menghentikan Anda membuka dan membalas setiap notifikasi yang muncul, membalik layar iPhone ke bawah bisa menghemat daya baterai. Karena layar tidak akan menyala setiap kali ada notifikasi.

4. Restart iPhone

Restart perangkat adalah pemecahan masalah paling mendasar dan sering dilakukan oleh pengguna Android maupun iPhone.

Meski tidak secara langsung memecahkan masalah baterai pada iPhone yang terkuras dengan cepat, namun setidaknya cara ini dapat mempengaruhi performa perangkat agar lebih cepat.

5. Matikan Aplikasi Yang Ada di Belakang

Sesuai namanya, aplikasi yang beroperasi di belakang melakukan apa yang seharusnya di lakukan, yaitu me-refresh atau meng-update aplikasi terus menerus, meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan.

Meski waktu yang dibutuhkan untuk menunggu informasi di aplikasi tampil lebih cepat, nyatanya hal tersebut sangat menguras baterai iPhone.

Nah, untuk mematikannya, Anda bisa melakukan dengan cara klik Settings > General > Background App Refresh > lalu geser tombol “Background App Refresh” ke kiri.

6. Matikan Raise To Wake

Fitur terbaru yang diusung iOS 7 membuat iPhone menjadi perangkat yang canggih. Salah satunya adalah fitur “Raise to Wake”, di mana dengan fitur ini memungkinkan pengguna dapat menyalakan layar iPhone hanya dengan mengangkat perangkat.

Sehingga pengguna tidak perlu lagi menekan tombol apapun. Tentunya hal ini akan mempermudah dalam melihat notifikasi, jam, dan lain sebagainya.

Namun, jika fitur ini terus menerus diaktifkan, maka bukan tidak mungkin layar iPhone akan terus menyala, mengingat kita sering melihat layar iPhone. Sehingga konsumsi daya baterai akan terus meningkat dibandingkan biasanya.

Nah, cara untuk menghemat baterai iPhone yang boros adalah dengan menonaktifkan fitur Raise to Wake ini.

Cara menonaktifkan fitur Raise to Wake cukup mudah. Anda cukup masuk pada menu Setting > Display & Brightness > kemudian scroll ke bawah hingga menemukan opsi “Raise to Wake”.

Setelah itu, lalu geser tombol untuk menonaktifkannya. Selamat mencoba!

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Baterai iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat