Review Motorola Moto C: Ponsel Android Nougat Termurah Dengan Harga 1 Jutaan

Sinyaliti.com – Motorola kembali merilis ponsel terbaru yang bernama Motorola Moto C 4G. Smartphone yang bakal menyasar di segmen mid-range ini pun diyakini akan menjadi salah satu smartphone yang cukup digemari oleh para konsumen di Indonesia. Hal itu tak lepas dari kemampuan spesifikasi yang ditawarkan oleh Motorola pada komponen yang tersemat pada Moto C 4G, dimana memang tak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, beberapa fitur canggih juga turut dibenamkan sebagai pelengkap akan kecanggihan dan kehandalan yang dimiliki smartphone kelas entry level ini.

Lalu kita-kira apa sih menariknya ponsel yang mengusung nama Motorola Moto C 4G ini? Yuk, simak secara lebih detail mengenai spesifikasi Motorola Moto C 4G yang di bawah ini.

Spesifikasi Detail Motorola Moto C 4G

Desain Motorola Moto C 4G

Meluncur untuk meramaikan segmen kelas entry level, Motorola pun menghadirkan ponsel buatannya tersebut dengan bentuk desain sederhana namun cukup atraktif. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuknya yang cukup simple, dimana ponsel memiliki dimensi panjang 145.5 mm, lebar 73.6 mm, dan ketebalan 9 mm. Namun meskipun Motorola Moto C ini tampak lebih tebal jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain, berat yang dimilikinya cukup seimbang, yakni 154 gram.

Selain memiliki berat yang seimbang, Motorola Moto C ini juga memiliki 4 varian warna yang berbeda, antara lain Black, White, Gold, dan juga Red. Dimana keempat pilihan warna tersebut diprediksi tak akan mempengaruhi pada perubahan harga.

Moto C

Di sisi lain, untuk bagian visualnya sendiri, Motorola Moto C menghadirkan layar cukup lebar, seluas 5 inci. Dan memiliki kemampuan resolusi HD berukuran 480 x 854 piksel, dimana memiliki tingkat kerapatan hingga 196 ppi. Hanya saja, panel yang digunakan sudah mengandalkan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Setidaknya cukup mampu mendukung display layar yang atraktif dan berkualitas.

Adanya proteksi berupa Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating sebagai pelindung pada layarnya dari berbagai macam goresan juga turut melengkapi spesifikasi Motorola Moto C.

back to menu ↑

Fitur

Pada sektor konektivitas dari spesifikasi Motorola Moto C, nampaknya juga sudah dibekali dengan teknologi terbaru. Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya fitur dual SIM yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi lebih efisien. Tak hanya itu, teknologi 4G LTE yang menyuguhkan akses internet super cepat juga disematkan pada Motorola Moto C ini. Bahkan pengguna bisa melakukan download data dengan kecepatan 150 Mbps dan upload data dengan kecepatan 50 Mbps.

Jaringan lama seperti 2G GSM dan 3G HSPA pun masih bisa digunakan. Namun jika pengguna ingin menikmati akses internet tanpa bayar, pada Motorola Moto C ini juga tersedia fitur konektivitas jarak dekat seperti WiFi dan Hotspot.

Moto C

Untuk urusan berbagai file, Motorola menyediakan Bluetooth v4.2, A2DP, LE, dan juga microUSB v2.0. Sedangkan, pada sistem navigasi dari spesifikasi Motorola Moto C ini bakal dipersenjatai dengan teknologi A-GPS, yang sangat akurat untuk menentukan peta lokasi.

back to menu ↑

Performa

Kini kita beralih ke bagian utama  dari spesifikasi Motorola Moto C, yaitu ruang olah data. Bisa dikatakan bahwa sektor ini dibekali degan komponen-komponen nomor wahid, sehingga performanya tak perlu dipertanyakan lagi. Sektor yang memiliki peranan penting dalam kinerja operasional ini mengandalkan chipset Mediatek MT6737M sebagai otak pemrosesannya. Chipset ini hadir dengan prosesor Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.1 GHz, sehingga mampu menghasilkan performa yang cukup handal.

Kinerja dari prosesor Motorola Moto C ini dipasangkan dengan RAM berkapasitas 1 GB untuk mendukung aktivitas multitasking yang lumayan lancar. Sedangkan untuk urusan game, GPU Mali-T720MP2 disematkan agar perangkat ini mampu menyuguhkan tampilan grafis yang mulus.

Hal menarik lain dari Motorola Moto C ini adalah komponen-komponen tersebut sudah berjalan di atas sistem operasi Android Nougat v7.0. Sehingga kinerjanya lebih optimal serta menawarkan berbagai macam fitur baru yang lebih banyak.

Moto C

Sementara di sisi lain, Motorola membekali perangkat barunya ini dengan memori internal sebesar 16 GB. Kapasitas memori internal yang dimiliki oleh Motorola Moto C ini tentu terbilang cukup longgar untuk kategori smartphone entry-level. Sehingga file yang bisa ditampung di dalamnya bakal cukup banyak. Bahkan dengan bekalan kapasitas memory internal tersebut, pengguna bisa menyimpan beberapa file pribadi, seperti foto, video, aplikasi, maupun game.

Sayangnya, untuk slot memory eksternal sampai saat ini masih belum diketahui kejelasannya. Jadi, memang dapat disimpulkan spesifikasi Motorola Moto C pada sektor dapur pacunya ini cukup sempurna.

back to menu ↑

Kamera

Motorola memang belum menggunakan kamera dengan resolusi yang tinggi seperti kebanyakan produk smartphone saat ini. Namun kedua kamera yang disematkan pada perangkat baru Motorola Moto C ini cukup fungsional untuk urusan bidik membidik foto.

Pada sektor belakang misalnya, bisa ditemui kamera 5 MP yang tentu sudah mampu menghasilkan kualitas foto cukup baik. Bahkan kamera utama ini pun telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Sehingga tak hanya mampu membidik foto dengan mantap, tapi kamera tersebut juga bisa dipakai untuk mengambil foto di tempat yang gelap.

Kamera pun juga dilengkapi dengan fitur pendukung seperti geo-tagging, sehingga menambahkan lokasi ketika pengambilan foto. Selain itu, kamera yang tersemat di belakang ini mampu merekam video dengan kualitas 720p@30fps. Dimana dengan kemampuannya tersebut, maka hasil rekamannya pun juga tak mengecewakan. Sementara itu, untuk fitur pendukungnya sendiri hanya memiliki Geo tagging saja.

Moto C

Sementara itu, di bagian depan dari spesifikasi Motorola Moto C terdapat kamera 2 MP yang didesain untuk mendukung aktivitas selfie dan video call. Meskipun resolusinya masih sangat rendah, namun sudah dilengkapi fitur LED Flash. Jadi, spesifikasi Motorola Moto C pada lini kamera yang dibawanya tersebut masih layak diunggulkan dalam bersaing di pasar ponsel entry level.

back to menu ↑

Baterai

Pada bagian terakhir dari segmen ini, kita akan mengetahui seberapa tangguh spesifikasi Motorola Moto C bertahan pada seluruh operasional yang dijalankannya. Seperti diketahui bahwa sebagian besar komponen-komponen yang ada pada spesifikasinya masih tergolong standar, sehingga kebutuhan dayanya pun tidak akan terlalu besar. Untuk itu, Motorola membenamkan baterai berjenis removable Li-Po sebesar 2350 mAh ke dalam Motorola Moto C ini untuk menjadi sektor pemasok dayanya.

Kapasitas baterai yang digunakannya memang tak terlalu besar, tetapi sudah cukup memadai untuk menyuplai kebutuhan daya dari masing-masing komponennya. Namun untuk penggunaan yang sangat aktif, tentu saja baterai dari ponsel ini akan cepat habis. Sehingga ada baiknya pengguna membawa suplai daya cadangan seperti powerbank untuk mengantisipasi jika kondisi ini terjadi.

Namun demikian, jika menggunakannya dengan standar, baterai dari spesifikasi Motorola Moto C ini sudah cukup memadai. Nah, demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Motorola Moto C yang perlu diperhatikan.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Motorola yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7 Total Score
Good!

Dibekali prosesor 64-bit Quad-Core MediaTek CPU at 1.1GHz untuk versi 4G ditemani RAM 1 GB dan memori internal 16 GB. Moto C akan menjalankan Android 7.0 Nougat dengan tunjangan baterai yang memadahi sebesar 2350 mAh. Dari sisi kamera sendiri memang tidak terlalu istimewa. Kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP akan ditemani dengan LED Flash di belakang dan depan pula.

Desain
7
Performa
7
Fitur
7.5
Kamera
7
Baterai
7
PROS
  • Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas sangat besar yang membuatnya bisa bertahan seharian penuh, karena kapasitasnya mencapai 4.000 mAh.
  • Tersedia fitur Dual Sim dan 4G LTE yang mempermudah akses komunikasi dan akses internet penggunanya.
  • Dibekali RAM berkapasitas 2GB.
  • Layarnya beresolusi HD 720p dan dibentangkan pada panel IPS berukuran 5 inci.
  • Dibekali fitur LED Flash pada kamera depan ataupun kamera belakangnya.
  • Harga Motorola Moto C dibanderol cukup terjangkau, karena dipasarkan untuk mengisi segmen entry-level.
CONS
  • Bodinya terbuat dari material berbahan plastik yang terkesan murahan.
  • Meski kapasitas baterainya sangat besar, namun smartphone ini belum dilengkapi fitur Fast Charging.
  • Tidak ada fitur Fingerprint Sensor.
  • Layarnya belum dilindungi lapisan anti-gores.
  • Smartphone ini hanya memiliki kamera depan beresolusi 2 MP.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0