Mengatasi Masalah “Penyakit Sentuhan” Pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

SINYALITI.com – Pada tahun 2016 lalu, sejumlah pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diketahui telah diserang oleh “penyakit sentuhan” atau touch diseas yang sistematik.

Pihak Apple sendiri sebenarnya telah mengakui adanya masalah touch disease ini, dan mengungkap penyebab datangnya masalah tersebut di Forum Support miliknya.

Adapun isu yang dinamakan dengan touch disease ini adalah menyebabkan munculnya garis berwarna abu-abu atau putih di bagian atas layar sentuh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Tak hanya itu saja, garis berwarna abu-abu tersebut juga dikeluhkan oleh sejumlah pengguna karena tampak berkedip-kedip dan membuat performa layar menjadi tidak responsif alias tidak bisa disentuh secara normal dibanding sebelumnya.

Touch disease

Namun pihak Apple dilaporkan tidak menganggap masalah touch disease tersebut sebagai suatu isu. Apalagi mereka juga tidak memberikan solusi apapun jika iPhone sudah lewat dari garansi.

Dilaporkan Tech Crunch, Apple sangat berhati-hati saat mengatakan bahwa masalah touch disease ini hanya terjadi pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang pernah beberapa kali terjatuh di permukaan keras saja.

Di sisi lain, pihak Apple juga mengatakan bahwa penyebab iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengalami touch disease kemungkinan karena mendapat tekanan yang berat, atau bisa jadi terduduki atau terjepit atau terhimpit dari dua sisi.

Hal inilah yang kemudian membuat komponen touchscreen pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengalami kerusakan.

Touch disease

Dengan kata lain, “penyakit sentuhan” atau touch disease yang terjadi pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dikarenakan perlakuan pengguna pada perangkatnya sendiri.

Meski demikian, teori yang beredar mengatakan bahwa chip yang diketahui mengusung tipe U2402 Meson mengalami defect atau kegagalan fungsi. Sehingga memunculkan berbagai masalah pada komponen touchscreen-nya.

Jadi, mengganti layar tidak akan menyelesaikan isu tersebut, karena “penyakit sentuhan” atau touch disease akan muncul kembali.

Lantas, bagaimana solusinya untuk mengatasi layar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang telah terserang “penyakit sentuhan” atau touch diseas yang sistematik ini?

Solusi untuk mengatasi isu touch disease adalah, dengan memperbaiki atau mengganti komponen Touch IC atau logic board yang sudah rusak dengan komponen yang baru.

Setelah itu, Touch IC dilapisi pelindung dari bahan metal untuk menguatkannya dari potensi copot.

Ini satu-satunya solusi yang dijamin berhasil untuk mengatasi masalah “penyakit sentuhan” atau touch diseas pada iPhone 6 atau iPhone 6 Plus Anda.

Jadi, sebaiknya Anda cek iPhone 6 atau iPhone 6 Plus Anda ke service center iPhone. Kemudian buatlah janji terlebih dahulu jika Anda ingin datang langsung ke service center iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

Selain dengan solusi di atas, Anda yang mengalami isu touch disease pada iPhone 6 atau iPhone 6 Plus milik Anda bisa menukarkannya ke toko Apple untuk diganti yang baru.

Dengan catatan tentunya, Anda masih punya klaim garansi yang berlaku.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami