Review Advan G1 Pro: Smartphone Selfie Dengan Harga Sejutaan

  • Review Advan G1 Pro: Smartphone Selfie Dengan Harga Sejutaan

Sinyaliti.com – Vendor lokal Advan kembali meluncurkan produk terbarunya yang bernama Advan G1 Pro. Kemunculan produk ini digadang-gadang sebagai usaha untuk dapat bersaing dengan beberapa vendor lain asal luar negeri yang membanjiri pasar Tanah Air.

Sebagai suksesor dari perangkat sebelumnya, sudah pasti serie G1 Pro ini dibekali dengan berbagai macam fitur baru dari berbagai sektor seperti kamera, audio, dan keamanannya lebih maksimal. Dengan begitu, perangkat baru Advan ini nantinya akan mampu bersaing dengan smartphone-smartphone buatan vendor lain baik dari dalam maupun luar negeri.

Ingin tahu sisi menarik dari smartphone Android lokal ini? Yuk, kita simak selengkapnya dalam ulasan spesifikasi Advan G1 Pro berikut ini.

Spesifikasi Detail Advan G1 Pro

Desain Advan G1 Pro

Hadir sebagai suksesor dari dari perangkat sebelumnya, yakni Advan G1, ternyata perangkat ini masih mengadopsi desain yang sama dengan pendahulunya. Hanya saja kali ini bodinya lebih slim dibandingkan dengan pendahulunya.

Untuk desainnya sendiri, Advan G1 Pro mengusung desain bezel-less, namun memiliki tepian hitam yang cukup tebal. Meski dimensi dan bobot masih belum diketahui, namun untuk urusan display, perangkat ini telah menggunakan layar berukuran 5 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi.

Meski resolusi layar yang diusung Advan G1 Pro masih tergolong standar, namun penggunaan teknologi IPS LCD tetap memastikan bahwa visualisasinya terlihat jernih dan nyaman ketika dipandang mata. Sementara aktivitas mobil pada layar juga makin mudah dengan dipakainya antarmuka IDOS.

Tak hanya itu, tampilan layar pun terlihat premium, karena dilapisi dengan kaca lengkung 2.5D. Sedangkan spesifikasi Advan G1 Pro di bagian luar juga makin lengkap dengan hadirnya sensor fingerprint di bagian punggungnya.

back to menu ↑

Fitur

Untuk bagian konektivitasnya, Advan G1 Pro memiliki peran penting dalam memenuhi akses internet, karena telah dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap. Mulai dari dua slot SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan, hingga dukungan akses jaringan 4G LTE yang menyuguhkan koneksi internet super cepat.

Berkat dukungan akses jaringan ini, download data bisa dipacu pada kecepatan 150 Mbps dan upload data pada 50 Mbps.

Tak hanya itu, Advan juga masih menyediakan jaringan GSM dan HSPA sebagai jaringan alternatif untuk kebutuhan akses internet. Sehingga pengguna pun bisa menikmati akses internet secara gratis pada Advan G1 Pro ini dengan adanya fitur WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot.

Ditambah lagi, Advan telah menghadirkan fitur Bluetooth 4.0, A2DP, dan microUSB v2.0 untuk memberikan dukungan pada kebutuhan bertukar file.

Sementara itu, dukungan teknologi navigasi A-GPS yang dibawanya masih tergolong standar. Meski demikian, masih mampu melakukan pemetaan lokasi dengan cukup akurat.

back to menu ↑

Performa

Tak hanya membawa desain dan fitur yang lumayan menarik, smartphone Advan G1 Pro di bagian dalam pun juga memiliki daya tarik yang cukup kuat. Pasalnya, perangkat ini telah mengandalkan chipset Mediatek MT6735 sebagai bagian utama pemerosesan datanya.

Chipset tersebut terintegrasi dengan prosesor Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A53 yang mampu menghasilkan performa kinerja cepat untuk mendukung kelancaran operasional pada perangkat ini.

Sektor performa ini juga didukung dengan RAM 3 GB, sehingga kemampuannya untuk menjalankan aktivitas multitasking bisa berjalan dengan lancar, dan tak perlu diragukan lagi.

Sedangkan pada chipset yang digunakannya juga tersemat kartu grafis Mali-T720 agar dapat membuat smartphone ini memiliki kualitas grafis yang cukup baik saat digunakan untuk bermain game.

Sementara untuk mengimbangi kehandalan performa dari sektor dapur pacunya ini, Advan membekali perangkat G1 Pro ini dengan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal tersebut tentu sudah lumayan besar untuk menampung berbagai macam file, baik itu file-file aplikasi maupun file hiburan.

Bahkan, ruang penyimpanan yang tersedia pada perangkat Advan G1 Pro ini masih bisa diperluas lagi dengan cara memasukkan microSD ke dalam slot memori eksternal yang tersedia dalam perangkat. Slot microSD tersebut pun mampu mengakomodasi tambahan memori hingga 32 GB. Sehingga akan membuat spesifikasi dari Advan G1 Pro ini cukup sempurna pada ruang simpannya.

Meskipun belum menjalankan sistem operasi Android terbaru, namun secara keseluruhan komponen-komponen yang ada di atas berjalan di atas sistem operasi Android Marshmallow tetap menunjukkan kinerja yang stabil dan lancar, serta semakin menyempurnakan spesifikasi Advan G1 Pro ini.

back to menu ↑

Kamera

Untuk sektor kamera, smartphone lokal yang dibanderol dengan harga murah ini memiliki kemampuan fotografi yang cukup menarik berkat adanya dua buah lensa dengan resolusi yang cukup tinggi.

Pasalnya, pada bagian belakang tersemat kamera 13 MP yang sudah didukung oleh fitur autofocus dan LED flash. Sehingga tangkapan fokus yang dapat dilakukan kamera Advan G1 Pro ini memang cukup mantap serta memiliki kemampuan bidikan foto low light yang bagus.

Tak hanya itu, kamera utama yang terletak di bagian belakang ini juga mendukung perekaman video berkualitas 1080p@30fps.

Sedangkan di bagian depan dari perangkat Advan G1 Pro ini, terdapat kamera beresolusi 8 MP yang menawarkan kelancaran aktivitas swafoto dan akses video call.

advan g1 pro

Ada juga berbagai fitur pendukung yang membuat aktivitas berfoto menjadi lebih menarik untuk dilakukan, seperti face cute, photo filter, efek bokeh, serta video beautify.

Nah, dengan spesifikasi Advan G1 Pro pada kameranya yang cukup canggih tersebut, tentu akan membuatnya mampu bersaing dengan perangkat serupa dari vendor.

back to menu ↑

Baterai

Jika dilihat dari komponen-komponen yang dibawa smartphone ini memiliki kualitas yang levelnya masih standar, sehingga besar kebutuhan daya pada perangkat pun tergolong masih biasa dan tidak terlalu besar.

Untuk itu Advan G1 Pro menggunakan baterai berjenis Lithium-Ion yang memiliki kapasitas 2.600 mAh. Kapasitas baterai yang digunakan perangkat ini tentu sudah dirasa pas untuk mendukung jalannya operasional serta menyuplai kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada di dalamnya.

Tak hanya itu, daya hidup baterai Advan G1 Pro ini pun nampaknya cukup lama. Namun, jika kamu merupakan tipe pengguna smartphone yang sangat aktif, tak ada salahnya menyediakan suplay daya cadangan seperti powerbank untuk mengantisipasi habisnya daya yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Nah, dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Advan G1 Pro ini, kira-kira berapa harga yang dibanderol?

Tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membeli smartphone yang satu ini. Pasalnya, harga Advan G1 Pro dibanderol dengan harga Rp 1.799.000. Harga ini tergolong kompetitif untuk bersaing melawan smartphone entry-level sekelasnya.

Meski harganya cukup murah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia, namun kualitas yang ditawarkan oleh perangkat ini akan tetap mampu bersaing dengan produk-produk serupa milik vendor lain.

Tak hanya itu saja, dengan harga yang murah dan spesifikasinya yang terbilang cukup canggih, tentu hal ini akan cukup membuat pesaingnya cukup ketar-ketir dengan nama besar Advan. Nah dengan kisaran harga Advan G1 Pro tersebut, apakah kamu tertarik ingin membelinya?

7.5 Total Score
Good!

Meski Advan G1 Pro tak terlalu membawa perubahan yang signifikan dari pendahulunya, namun tetap saja ada beberapa fitur baru yang membuat pengguna mampu menikmati pengalaman pengoperasian yang lebih baik. Pada bagian layarnya, Advan G1 Pro menggunakan jenis panel IPS LCD berukuran 5 inci yang resolusinya HD sehingga kualitas tampilan visual yang disuguhkan pun sudah cukup baik. Sementara pada sektor dapur pacunya, perangkat mengandalkan prosesor empat inti berkecepatan 1.3 GHz yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 3 GB, sehingga performa kinerjanya bisa diandalkan. Media penyimpanan yang ditawarkan pun cukup leluasa, karena besarnya mencapai 32 GB. Tak hanya itu, kemampuan kameranya juga tak bisa diremehkan, karena sudah dilengkapi dengan duet lensa beresolusi cukup tinggi, yakni 13 MP dan 8 MP.

Desain
7.5
Performa
7.5
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Didukung dengan koneksifitas 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Layar bertehnologi IPS LCD lebar 5.0 inci menpunyai resolusi 1280p.
  • Dual SIM dapat diaktifkan secara bersamaan.
  • Memiliki fitur keamanan canggih berupa Advan Seurity yang mampu melindungi data para pengguna smartphone secara maksimal.
  • Ditenagai oleh prosesor Mediatek MT6737 yang menawarkan kecepatan sampai dengan 1.3 GHz.
  • Sudah berjalan dengan sistem operasi versi Nougat yang menawarkan banyak fitur dan aplikasi terbaru.
  • Didukung dengan RAM 3 GB yang dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan.
  • Kamera utama beresolusi 13 MP+fitur PDAF dan LED Flash untuk kualitas gambar lebih maksimal.
  • Juga kamera depan beresolusi 8 MP yang sangat ccocok ubtuk aktivitas selfie kamu dan momen penting kamu.
  • Memiliki penyimpanan Internal 32 GB yang mampu menampung banyak dan file.
  • Baterai berkapasitas 2600 mAh mampu memberikan waktu yang cukup lama saat nge-game dan streaming.
Kekurangan
  • Layar belum didukung dengan tehnologi Super AMOLED.
  • Belum dilengkapi dengan fitur Fast Charging untuk pengisian baterai.
  • Baterai berjenis Non- Removable / bersifat tanam, yang menyusahkan ketika rusak.
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0