Review Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL: Smartphone dengan Teknologi Autofokus Terbaik

Sinyaliti.com – Satu lagi smartphone berkualitas yang siap dipasarkan Asus di Indonesia, yaitu smartphone bernama Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL. Sesuai namanya, smartphone ini menawarkan teknologi laser autofocus yang berguna untuk mempercepat pengambilan autofocus. Bahkan kecepatan autofocusnya jauh lebih cepat dibandingkan kamera Zenfone Laser generasi sebelumnya. Pasalnya, hanya dibutuhkan waktu 0.03 detik untuk membidik setiap objek yang akan diabadikan dalam bentuk foto ataupun video.

Tak hanya itu saja, smartphone ini juga menawarkan desain premium dengan bodi metal yang membuatnya tampak lebih mewah. Lalu ada pula fitur sensor sidik jari multitasking yang menghiasi sisi belakang smartphone ini. Sayangnya harga Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL dibanderol cukup mahal, karena smartphone ini dipasarkan dengan harga melebihi 3 Juta Rupiah. Namun dibalik mahalnya harga Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL, penggunanya akan dimanjakan oleh berbagai macam fitur menarik, yuk simak spesifikasi detailnya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL

Desain Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL

Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL merupakan salah satu smartphone dari keluarga Zenfone 3 Series yang siap dipasarkan di Indonesia. Harganya lumayan mahal, karena peminatnya harus mengeluarkan uang melebihi 3 Juta Rupiah. Walaupun sangat mahal, namun harganya sebanding dengan segudang serta kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Pasalnya, sudah tersedia layar IPS berukuran 5.5 inci yang dilindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3. Tak hanya kuat, layar tersebut juga terlihat tajam dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels serta kepadatan layar mencapai 401 ppi.

Bodinya terbuat dari material metal yang memiliki ketebalan 7.9 mm dan bobot 150 gram. Yah, desain Zenfone Laser generasi terbaru ini memang lebih premium dibandingkan Zenfone Laser generasi sebelumnya yang masih memakai bodi berbahan plastik. Adapun untuk dimensi keseluruhannya memiliki ukuran panjang 149 mm, lebar 76 mm, dan ketebalan 7.9mm. Menariknya lagi, pada bagian belakang telah terpasang sensor sidik jari yang bisa membaca sidik jari penggunanya dalam waktu 0.3 detik dan mendukung pengoperasian 360 derajat.

Zenfone 3 Laser telah dilengkapi dengan layar sentuh yang memiliki lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan teknologi IPS yang membuatnya nyaman dipandang mata. Dengan adanya teknologi IPS memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Bodi yang berbahan metal ini dilengkapi dengan balutan pilihan warna yang terdiri dari Sand Gold dan Glacier Silver yang membuatnya semakin menarik.

back to menu ↑

Fitur

Asus menyediakan fitur Dual Sim untuk mempermudah pengguna smartphone ini berkomunikasi secara online ataupun offline. Untuk kebutuhan akses internet, telah tersedia teknologi 4G LTE Cat 4 yang memiliki kecepatan download mencapai 150 mbps dan upload 50 mbps. Apabila jaringan ditempat anda belum mendukung 4G LTE, anda bisa mengandalkan jaringan 3G HSPA yang memiliki kecepatan akses mencapai 42.2 mbps. Selain itu, tersedia pula fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, dan navigasi GPS yang dibekali teknologi A-GPS serta Glonass.

Sensor fingerprint telah hadir pada semua keluarga Zenfone 3, termasuk Zenfone 3 Laser ketika diperkenalkan secara resmi. Sensor yang terdapat dalam smartphone ini dapat mengenali sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Selain itu, penggunanya dapat memberikan 5 akses sidik jari berbeda pada sensor ini. Dengan adanya sensor fingerprint dapat memudahkan penggunanya dalam membuka kunci smartphone, mengambil foto, menjawab telepon, hingga membuka beragam aplikasi favorit.

Dari sisi audio, ASUS berusaha memperbaiki sesuatu yang tidak hadir pada Zenfone 2 Laser dengan menghadirkan konstruksi lima magnet dan gulungan logam suara yang digunakan untuk membuat audionya lebih bertenaga dan berkualitas. Selain itu, ASUS AudioWizard akan memberikan pengalaman audio berbeda ketika digunakan untuk menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi.

back to menu ↑

Performa

Sebanding dengan mahalnya harga Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL, smartphone ini menawarkan performa powerfull yang dilatarbelakangi oleh chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan processor Octa Core 1.4 Ghz Cortex-A53. Selain itu, tersedia pula pengolahan grafis bertipe Adreno 505 yang membuat kinerja Zenfone 3 Laser semakin mumpuni ketika menjalankan berbagam macam game HD terbaru. Kemudian untuk suplai dayanya, smartphone ini mengandalkan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang membuat smartphone ini memiliki waktu bicara selama 20 Jam (3G)

Lebih hebatnya lagi, Asus Zenfone 3 Laser telah dibekali Ram berkapasitas 4GB dan memori internal berukuran 64GB. Selain itu, tersedia pula varian lebih murah dengan membawa Ram 2GB dan memori internal 32GB. Tak ketinggalan slot memori ekternal berdaya tampung 256GB juga dimilikinya, sehingga pengguna Zenfone 3 Laser tak perlu dipusingkan ketika menyimpan file berukuran besar ataupun ketika menginstal game-game HD yang rata-rata memiliki ukuran diatas 1GB. Kemudian untuk bagian software, smartphone ini sudah mengadopsi Android Marshmallow dengan antarmuka Asus ZenUI 3.0

back to menu ↑

Kamera

Kemampuan Asus Zenfone 3 Laser terpusat pada kameranya. Pasalnya smartphone ini menawarkan teknologi laser autofocus generasi kedua yang diklaim mampu mengabadikan setiap momen dalam waktu 0.03 detik. Kemampuan low lightnya juga meningkat dan dipastikan mampu merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps dengan tangkapan video halus serta jernih. Untuk urusan video, smartphone ini mengandalkan teknologi three-axis electronic image stabilizer (EIS) yang memberikan kestabilan maksimal ketika merekam video dengan tangan.

Semua kemampuan kamera tersebut akan dipadukan dengan lensa kamera beresolusi 13 Megapixel yang memiliki lebar aperture berukuran f/2.0. Kamera tersebut juga dilengkapi teknologi Deep Trench Isolation yang membuat foto terlihat lebih realistis. Selain itu, tersedia pula sensor Color Correction yang semakin membuat foto terlihat natural. Kemudian untuk bagian depan, Asus menyediakan kamera beresolusi 8 Megapixel dengan aperture f/2.0. Sudut pandangnya hingga 84 derajat yang dapat mengakomodasi foto selfie dengan bai  dan dibekali mode beautification untuk mempercantik wajah ketika berfoto selfie.

Kedua kameranya juga telah didukung software PixelMaster 3.0 buatan ASUS dengan beragam modus pemotretan, seperti Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Miniature, Panorama, dan lainnya untuk mempermudah kreasi foto yang dihasilkan penggunanya.

Dengan kemampuan kamera yang dimilikinya. Tentu smartphone ini akan mampu menarik minat konsumen yang mencari smartphone menengah dengan kemampuan kamera terbaik. Pasalnya, Asus membekali smartphone ini dengan teknologi laser autofocus generasi kedua yang membuat pengambilan autofocus hanya berlangsung selama 0.03 detik. Sayangnya tak disediakan teknologi Optical Image Stabilization (OIS), sehingga otomatis membuat harga Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL dibanderol lebih murah dibandingkan Zenfone 3 ZE520KL yang mencapai 4 Jutaan.

back to menu ↑

Baterai

Zenfone 3 Laser memiliki kapasitas yang cukup besar jika dibandingkan dengan Zenfone 3 versi standar. Dimana perangkat ini memuat baterai dengan kapasitas 3000mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, Zenfone 3 Laser diklaim mampu bertahan stand-by selama lebih dari 38 hari.

Smartphone ini tak hanya memiliki kemampuan fotografi yang memukau, namun juga dilengkapi dapur pacu powerfull yang siap menjalankan semua aplikasi dan game dengan lancar. Pasalnya, sudah ada Ram berkapasitas 4GB yang berpadu dengan processor Octa Core 64-Bit serta GPU Adreno 505. Kelebihan tersebut akan menutupi kekurangan smartphone ini, seperti belum dilengkapi teknologi OIS, dan belum mengadopsi port USB Type-C. Tertarik memilikinya Sobat Sinyaliti? Yuk intip review lebih detailnya dalam bentuk video, klik disini

8 Total Score
Good!

Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL memiliki sederet spesifikasi yang sangat berkelas, sebut saja disektor layar Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL dengan resolusi layar tinggi yaitu dengan kualitas full HD 1080p. Asus Zenfone 3 Laser series juga sudah dilengkapi dengan pelindung anti gores dengan Corning Gorilla Glass 3 dengan teknologi layar 2,5D Curved Arc Glass. Selain itu terdapat juga fitur Fingerprint scaner pada sisi belakangnya sobat Sinyalitii.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Dukungan konektifitas 4G LTE yang menawarkan akses internet super cepat dan anti lelet
  • Layar 5.5 inchi beresolusi Full HD 1080p yang memudahkan pengguna dalam pengoperasian dengan satu tangan
  • Teknologi IPS LCD Capasitive membuat tampilan menjadi lebih tajam & jernih
  • Didukung Gorilla Glass 3 untuk proteksi layarnya
  • Tampilan antar muka yang bagus dan juga responsif dengan OS Android v6.0 Marshmallow
  • Performa tangguh dengan berbekal CPU Snapdragon 430 Octa Core 1.4 gHz
  • Aktifitas multitasking & Ngegames menjadi lebih lancar dengan 4 GB RAM
  • Kamera utama sangat mumpuni dengan lensa 13 MP +Dual-LED Flash & Tritech Autofocus
  • Kamera depan cocok buat anda yang hoby selfie dengan kamera 8 MP
  • Internal memori yang luas dengan ruang penyimpanan sebesar 32 GB
  • Dukungan Fingerprint Sensor untuk sistem keamanannya
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh yang mampu menunjang kinerja smartphone
CONS
  • Baterai yang tidak bisa dilepas alias non-removable
  • Belum dilengkapi dengan fitur pengisian cepat Fast Charging
  • Tidak dilengkapi dengan fitur NFC
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0