Review Asus ZenFone 4 Selfie Lite: Smartphone Selfie Dengan Baterai Jumbo

Sinyaliti.com – ASUS kembali menghadirkan varian smartphone terbaru yang khusus untuk mereka yang suka selfie ataupun nge-vlog. Adalah Asus ZenFone 4 Selfie Lite, smartphone ini merupakan varian terakhir dari seri ZenFone Selfie yang dihadirkan di pasaran Indonesia untuk tahun 2017.

Varian ini melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro yang sudah lebih dahulu hadir di pasar Indonesia dengan kemampuan selfie yang mumpuni.

Asus ZenFone 4 Selfie Lite sendiri hadir dengan berbagai fitur yang canggih sekelas perangkat premium. Perangkat ini juga menyuguhkan sistem operasi Android Nougat yang pastinya akan mendukung kinerja operasionalnya lebih cepat. Bahkan, smartphone ini juga dilengkapi dengan prosessor Octa-Core berkecepatan 1.4 GHz yang akan membuat kinerjanya semakin responsif.

Selain itu, smartphone ini juga didesain untuk menghasilkan visual gambar selfie lebih tajam, karena dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Untuk lebih detailnya, yuk kita simak selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Detail Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Desain Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Secara disain, Asus Zenfone 4 Selfie Lite mirip dengan saudara kandungnya, yakni Asus Zenfone 4 Max. Perbedaan terletak pada penempatan kamera belakang yang didisain lebih elegan dengan tambahan tulisan 16 Mega Pixel yang juga sudah dibekali LED Flash.

Smartphone ini juga dibekali kamera depan dengan resolusi yang sama dengan kamera belakang dan sudah dibekali soft light LED Flash.

Dibalut bodi metal, Asus Zenfone 4 Selfie Lite sendiri hadir dengan beberapa pilihan warna seperti Deepsea Black, Mint Green, Rose Pink, dan Sunlight Gold. Sementara untuk ukuran dimensinya cukup ideal dengan panjang 155.7mm, lebar 75.9mm, dan ketebalan 7.9mm.

Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Sementara untuk mendukung tampilan visual, smartphone ini menghadirkan layar IPS LCD 2.5D Curved Glass dengan bentang layar seluas 5.2 inci yang beresolusi HD 720×1280 pixel dengan kerapatan standar 267 ppi.

Bahkan, ponsel ini sudah mendukung rasio layar 16 : 9, yang tentunya sangat mendukung aktivitas smartphone agar tampil lebih optimal. Penempatan tombol fisik dan slot kartu SIM juga tidak berbeda dengan milik Zenfone 4 Max.

Selain itu, untuk tampilan antar-muka yang lebih menarik, smartphone ini sudah mengusung interface ZenUI 4.0.

back to menu ↑

Fitur

Di sektor konektivitas, Asus Zenfone 4 Selfie Lite sudah menggunakan jaringan 4G LTE, yang merupakan jaringan dengan konektivitas tercepat saat ini. Dengan jaringan ini, pengguna dapat mengakses apapun tanpa hambatan.

Namun jika berada di daerah yang belum menjangkau jaringan 4G LTE, tak perlu khawatir. Pasalnya, ASUS telah membekali Zenfone 4 Selfie Lite dengan jaringan GSM dan HSPA.

Di sisi lain, ASUS juga telah menyematkan 2 slot kartu SIM yang support 4G LTE hanya di salah satu kartu SIM saja. Sementara slot ketiga berfungsi sebagi tempat untuk memory eksternal hingga 256 GB.

Untuk konektivitas lainnya, smartphone besutan perusahaan asal Taiwan ini juga sudah dilengkapi dengan WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct dan Hotspot. Sedangkan untuk pemindahan data dari smartphone ke gadget lain, smartphone mengandalkan Bluetooth 4.1 dan microUSB 2.0.

Smartphone Asus Zenfone 4 Selfie Lite juga sudah dilengkapi dengan navigasi Glonass, BDS, dan juga Galileo untuk memetakan lokasi.

back to menu ↑

Performa

Di sektor dapur pacu, Asus Zenfone 4 Selfie Lite masih mempercayakan kemampuan prosesor Qulacomm Snapdragon 425 64-bit Quad-Core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53, yang dipadu dengan dukungan RAM 3 GB, yang juga sama seperti milik Zenfone 4 Max. Hanya saja, Android 7.0 Nougat yang dibawanya sudah dibalut dengan Zen UI versi 4.0.

Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini masih mampu menemani kebutuhan sosmed, browsing, dan juga gaming sehari-hari tanpa perlu khawatir cepat kehabisan daya. Hal ini berkat adanya teknologi Asus Power Master, yang mampu memberikan akses pengguna dalam melakukan manajemen daya.

Di sektor ini, ASUS juga telah menyematkan GPU Adreno 308 yang akan menghasilkan grafis terlihat lebih nyata ketika digunakan untuk memainkan game. Dengan bekalan GPU atau kartu grafis tersebut, dipastikan akan membuat tampilan visualnya tampak atraktif dan menarik.

Di sektor ruang penyimpanan, ASUS menghadirkan dua varian memori internal, yaitu 16 GB dan 32 GB. Jika dirasa masih kurang dengan kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan, pengguna masih bisa menggunakan microSD hingga berukuran 256 GB.

back to menu ↑

Kamera

Sektor fotografi menjadi andalan bagi Asus Zenfone 4 Selfie Lite ini. Dimana ASUS telah membekali smartphone ini dengan kamera utama berukuran 16 MP yang dilengkapi dengan phase detection autofocus (PDAF) dan LED Flash. Tak hanya itu saja, terdapat pula fitur portrait mode yang mampu menciptakan efek bokeh yang kekinian, baik dengan menggunakan kamera depan maupun kamera belakang.

Yang menjadikan nilai lebih pada kamera utamanya adalah, masih terdapatnya mode Manual pada kamera utamanya. Dimana pengguna bisa dengan bebas mengatur shutter speed, ISO, fokus, nilai exposure (EV) dan white balance secara real time layaknya DSLR.

Sementara itu, untuk kamera depan, smartphone ini juga sama-sama menggunakan resolusi berukuran 13 MP dengan aperture f/2.0, yang membuat smartphone ini layak dimiliki bagi pecinta selfie dengan budget terbatas.

Hadir dengan soft light LED Flash dan juga fitur beautification, kamera depan Zenfone 4 Selfie Lite ini mampu menghasilkan foto selfie cantik dan natural dengan mudah, meski di tempat dengan kondisi minim cahaya.

Jika terasa masih kurang, pengguna dapat menggunakan fitur Asus Selfie Master untuk mempercantik foto selfie hingga sempurna. Hal ini juga berlaku bagi pengguna yang ingin tampil cantik dan mulus saat live streaming dengan mengaktifkan fitur beauty live pada kamera depan.

Yang menarik, meski memiliki resolusi yang sama, kedua kamera tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang sedikit berbeda satu sama lainnya. Dimana untuk kamera belakang ZenFone 4 Selfie Lite memiliki aperture f/2.0 dengan focal length 27 mm. Ia memiliki sudut pandang atau field of view seluas 77.5 derajat.

Sementara untuk kamera depannya, yang lebih ditujukan untuk pengguna swafoto, ia punya focal length 26 mm dengan sudut pandang yang sedikit lebih luas, yakni 80 derajat. Tujuannya tentu agar lebih banyak objek yang bisa ditangkap dalam frame.

Sektor fotografi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung lainnya seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga HDR. Dimana fitur-fitur ini bisa digunakan untuk membidik gambar, dan juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi Full HD.

back to menu ↑

Baterai

Walaupun dikhususkan bagi pecinta selfie, namun kemampuan daya tahan baterai milik Zenfone 4 Selfie Lite ini sama dengan baterai milik Zenfone 4 Max. Dimana smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 4.100 mAh dari jenis Non-removable Li-ion. Sehingga sangat cocok digunakan untuk yang hobi berfoto-foto selfie seharian.

Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Sama halnya dengan milik Zenfone 4 Max, smartphone ini juga membawa fitur Reverse Charging, yang mana keduanya juga mampu berfungsi untuk mengisi daya pada smartphone lain layaknya powerbank.

Selain itu, fitur ini juga secara otomatis memutus daya ke perangkat lain saat baterai pada zenfone 4 Selfie Lite hanya tersisa 30 persen.

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, nampaknya smartphone ini memang dikhususkan bagi pengguna yang gemar berswafoto atau selfie untuk kalangan millenial muda.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Asus yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Asus Zenfone 4 Selfie Lite hadir dengan berbagai fitur layaknya perangkat premium. Perangkat ini menyuguhkan sistem operasi Android Nougat yang kinerja operasionalnya cepat. Bahkan dilengkapi pula dengan prosessor Octa-Core berkecepatan 1.4 GHz dan menggunakan chipset Snapdragon 425 64-bit yang akan membuatnya lebih responsif. Selain itu, smartphone ini didesain untuk menghasilkan visual gambar selfie lebih tajam, karena dibekali dengan resolusi kamera, baik depan mau pun belakang 16 MP.

Desain
7.5
Performa
7.5
Fitur
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Desain ponsel yang elegan.
  • Dimensi layar lebar 5.5 inci yang jernih.
  • Sistem operasi Android 7.0 Nougat.
  • Dual slot SIM GSM dan suport 4G LTE.
  • Prosessor Quad-Core dengan RAM 3 GB.
  • Memori bawaan 16 GB atau 32 GB, slot microSD hingga 256 GB
  • Kamera depan dan belakang 16 MP.
  • Kapasitas baterai 4100 mAh.
CONS
  • Bodi metal yang membuat cepat panas saat digunakan untuk main game.
  • Tidak memiliki sertifikasi IP68 yang artinya tidak memiliki kemampuan bertahan didalam air.
  • Baterai tidak dilengkapi teknologi pengisi daya cepat Fast Charging.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami