Review Asus Zenfone Live: Usung Fitur Beautification Buat Yang Hobi Live Streaming

Sinyaliti.com – Setelah sukses meluncurkan generasi Asus Max pada beberapa waktu lalu, Asus Mobile kembali meluncurkan produk bernama Asus Zenfone Live ZB501KL. Kemampuan yang dimiliki oleh seri terbaru dari Zenfone Live ini bakal menyuguhkan kemampuan yang lebih gahar dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini karena bekalan spesifikasi yang diusung oleh Asus Zenfone Live juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang dimiliki oleh generasi pendahulunya.

Selain itu, ada juga beberapa fitur yang mengalami perubahan yang terjadi pada spesifikasi dari smartphone Asus tersebut. Sebagaimana diketahui, lini kamera menjadi daya tarik utama dari spesifikasi Asus Zenfone Live ini. Maka tentu hal ini akan mempengaruhi harga jual dari Asus Zenfone Live ini menjadi sedikit lebih tinggi jika dibandingkan generasi terdahulu. Masih ingin tahu lebih jauh tentang handset baru besutan vendor Asus ini? Yuk, mari kita intip spesifikasi Asus Zenfone Live ZB501KL berikut ini.

Spesifikasi Detail Asus Zenfone Live

Desain Asus Zenfone Live

Membicarakan wujud dari Asus Zenfone Live memang sangat menarik. Sebab ponsel ini hadir dengan desain unibodi yang sebagian besarnya masih terbuat dari material plastik, namun tetap didukung dengan sentuhan metal pada bagian punggungnya, sehingga terlihat begitu stylish. Selain itu, bodi Asus Zenfone Live juga memiliki bentuk bodi yang pinggirannya dibuat melengkung untuk mendukung genggaman yang lebih nyaman. Ponsel sendiri hadir dalam varian warna shimmer gold, rose pink, dan navy black.

Desain Asus Zenfone Live

Asus Zenfone Live sendiri hadir dengan panjang 141.2 mm, lebar 71.7 mm, dan ketebalan 8 mm, sedangkan bobotnya mencapai 175 gram. Di bagian visualnya digunakan panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang 5.0 inci. Layar pada Asus Zenfone Live ini mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi. Yang meski standar, namun cukup nyaman untuk mata.

Selain itu, ponsel pintar ini juga didukung oleh Multitouch yang responsif dengan sistem antarmuka Asus ZenUI 3.5. Selain itu, layarnya juga dilapisi dengan 2.5 Curved Glass Screen, namun belum diketahui jenis proteksi layar yang akan digunakan.

back to menu ↑

Fitur

Beranjak ke sektor konektivitasnya, spesifikasi Asus Zenfone Live ZB501KL pada sektor ini sudah dibekali dengan komponen-komponen konektivitas yang cukup lengkap. Misalnya saja fitur Dual SIM yang membuat aktivitas komunikasi menjadi lebih mudah.

Selain itu, penggunaan akses jaringan terbaik saat ini, yaitu 4G LTE membuat Asus Zenfone Live semakin memanjakan pengguna yang hobi berselancar di dunia maya. Pasalnya, aktivitas download bisa dipacu hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps. Bahkan selain dengan 4G LTE, pengguna masih bisa menikmati koneksi internet dengan berbekal jaringan alternatif GSM dan HSPA yang tersedia pada Asus Zenfone Live.

Fitur Asus Zenfone Live

Ketersediaan fitur WiFi 802.11, Dual-Band, WiFi Direct dan Hotspot pun memungkinkan kamu untuk melakukan internet sharing. Sementara kebutuhan bertukar data sendiri mampu terpenuhi dengan maksimal berkat fitur Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, microUSB v2.0, dan USB OTG.

Terakhir, spesifikasi Asus Zenfone Live pada bagian konektivitasnya dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS. Sehingga pemetaan lokasi mampu dijalankan dengan akurasi yang tinggi.

back to menu ↑

Performa

Selanjutnya di ruang olah data. Sebagai komponen utama yang memiliki peranan penting dalam masalah teknis, Asus mengandalkan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang biasa dibekalkan pada smartphone mid-range. Chip yang disematkan ini bekerja dengan prosesor Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz. Sehingga performanya cukup mumpuni dan juga cukup tangguh.

Belum lagi dukungan RAM berkapasitas 2 GB, yang sudah pasti bakal membuat aktivitas multitaskingnya menjadi lebih lancar dan responsif.

Sementara untuk pengolahan grafisnya, Asus Zenfone Live di dukung oleh GPU Adreno 306 yang mendukung visual berkualitas untuk berbagai game dan konten multimedia. Dijalankannya platform OS Android Marshmallow v6.0 pun turut memaksimalkan kinerja koponen yang tersemat pada spesifikasi Asus Zenfone Live ini, di samping menawarkan lebih banyak fitur-fitur baru tentunya.

Perform Asus Zenfone Live

Performa tangguh yang dihasilkan dari perangkat ini tentu tak bisa dilepaskan dari ruang simpan datanya. Agar tak mengganggu operasional yang dijalankannya, Asus pun membuat anggota baru dengan memori internal sebesar 16 GB dan 32 GB. Kapasitas memori internal tersebut tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar pada Asus Zenfone Live ini bagi pengguna untuk mengcover berbagai file sistem, serta mengisinya dengan berbagai file hiburan yang menjadi koleksi pribadi.

Sementara bagi kamu yang hobi mengoleksi file-file hiburan berukuran besar, maka ruang penyimpanan yang ada pada spesifikasi dari Asus Zenfone Live ini masih bisa diekspansi dengan menggunakan microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Namun sayangnya, penambahan microSD ini harus mengorbankan slot SIM 2. Sehingga pengguna harus tahu mana yang lebih diutamakan. So, dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Asus Zenfone Live pada sektor penyimpanan memang cukup mumpuni.

back to menu ↑

Kamera

Sesuai namanya, “Live”, kehadiran Asus Zenfone Live memang diperuntukkan bagi para kreator dan pecinta konten live streaming maupun video conference. Maka tak heran jika Asus pun tampak sangat memperhatikan lini kamera ini. Apalagi sektor ini sekarang menjadi salah satu pertimbangan utama ketika akan membeli sebuah smartphone.

Asus Zenfone Live sendiri dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0. Kamera ini pun telah dipersenjatai dengan fitur Autofocus dan Dual-LED Flash. Sehingga mampu menangkap fokus dengan baik dan mendukung pengambilan foto di tempat gelap.

Menariknya lagi, pada sektor kamera ini Asus menawarkan aplikasi bernama BeautyLive. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan live stream dan secara otomatis wajahnya dipermulus dengan beragam filter Beautification. Bahkan ponsel pintar ini menjadi smartphone pertama di dunia dengan teknologi real-time Beautification yang dioptimalkan pada sebuah perangkat genggam. Selain itu, kamera utama dari Zenfone Live pun juga mampu menghasilkan video sebesar 1080p@30fps.

Kamera Asus Zenfone Live Sementara untuk mendukung kebutuhan swafoto, maka disediakanlah kamera beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Kamera bagian depan ini pun tak hanya dilengkapi dengan 1.4 µm piksel size saja, tetapi juga Autofocus dan juga LED Flash, sehingga cukup mumpuni untuk mengakses video call dan foto selfie. Sedangkan fitur pendukung kamera lainnya seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga HDR semakin melengkapi spesifikasi Asus Zenfone Live pada sektor ini.

back to menu ↑

Baterai

Melihat ponsel Asus Zenfone Live ZB501KL ini yang berada di kategori entry-level, seharusnya kebutuhan dayanya tidak terlalu besar. Sebab, komponen-komponen yang dibekalkan kepada ponsel masih standar, sehingga tidak terlalu banyak mengkonsumsi daya. Untuk itu, pihak Asus membenamkan baterai Non-removable Lithium Ion berkapasitas 2.650 mAH sebagai pemasok dayanya.

Kapasitas baterai yang dipilih memang pas dan sanggup mendukung operasional yang dijalankan dengan cukup optimal. Namun untuk menyokong kehidupan ponsel yang lebih lama, tak ada salahnya jika menyediakan suplai daya cadangan layaknya powerbank untuk mengantisipasi kehabisan daya selama digunakan.

Nah, itulah tadi hal-hal yang perlu dicatat dari kelebihan dan kekurangan smartphone Asus Zenfone Live ZB501KL. Sementara untuk mengetahui Panduan Harga dan Review dari berbagai tipe smartphone Asus yang terpopuler di Indonesia, sobat Sinyaliti bisa simak di sini.

 

Baca Juga: Asus Zenfone Live Resmi Dirilis Sebagai Smartphone Live Streaming dan Video Conference.

Baca Juga: Asus Segera Luncurkan Dua Varian Ponsel Terbarunya, Asus ZenFone Zoom S dan Asus ZenFone Live.

8 Total Score
Excelent!

Sesuai namanya, “Live”, kehadiran Asus Zenfone Live memang diperuntukkan bagi para kreator dan pecinta konten live streaming maupun video conference.Asus Zenfone Live sendiri dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0. Menariknya lagi, pada sektor kamera ini Asus Zenfone Live menawarkan aplikasi bernama BeautyLive. Namun secara keseluruhan, spesifikasi yang diusung oleh Asus Zenfone Live juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang dimiliki oleh generasi pendahulunya.

Desain
7.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
7.5
PROS
  • Memiliki kamera depan 5 MP dengan fitur LED Flash.
  • Kamera belakangnya 13 MP dengan fitur fotografi yang lengkap.
  • Tersedia teknologi 4G LTE dan Dual SIM.
  • Kemampuan audionya sangat baik dan fiturnya cukup lengkap.
  • Desain ergonomic yang nyaman digenggam dan mudah dioperasikan.
  • Mengadopsi layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD dan mengadopsi layar 2.5D.
CONS
  • Tidak ada fitur NFC.
  • Belum dilengkapi fitur Fast Charging.
  • Resolusi layarnya belum Full HD.
  • Tidak ada fitur Fingerprint Sensor.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0