Review Asus Zenfone Zoom S: Smartphone Berkamera Ganda Untuk Fotografer Mobile

Sinyaliti.com – Vendor asal Taiwan, Asus Mobile kembali merilis produk smartphone terbarunya yang diketahui memiliki nama Asus Zenfone Zoom S ZE553KL. Produk ponsel buatan Asus memang tak dipungkiri cukup diminati oleh banyak konsumen di pasar gadget Tanah Air. Sebab, fitur-fitur yang dibawanya berkualitas dan memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, desain yang dibawa oleh ponsel-ponsel milik Asus sangat elegan dan dinamis, sehingga cukup menarik bagi banyak orang. Termasuk Asus Zenfone Zoom S ini.

Produk terbaru milik Asus ini memang ditujukan bagi para pencinta fotografi dengan indikator embel-embel “Zoom” pada namanya. Kehadiran Asus Zenfone Zoom S nantinya sudah pasti akan menambah persaingan di kelas menengah. Bagaimana tidak, anggota baru dari jajaran ponsel Zenfone S ini merupakan versi pembaruan dari Asus Zenfone Zoom versi original yang memiliki fitur 3x optical zoom.

Lalu apalagi keunggulan lain dari smartphone Asus ini? Untuk mengetahuinya secara lebih detail, simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Asus Zenfone Zoom S

Desain Asus Zenfone Zoom S

Untuk urusan desain, spesifikasi Asus Zenfone Zoom S menyuguhkan tampilan yang premium dengan dua garis antena di bagian punggungnya. Penampilannya terlihat begitu stylish berkat penggunaan material metal untuk membalut bodinya dengan berbagai pilihan warna. Seperti warna navi black, glacier silver, dan rose gold.

Dimensi Asus Zenfone Zoom S sendiri meliputi panjang 154.3 mm, lebar 77 mm, dan ketebalan 8 mm. Sedangkan, bobotnya mencapai 170 gram. Meski sedikit lebih berat, tetapi ponsel ini memiliki keempat sudut yang dibuat membulat dan bagian punggung yang sedikit melengkung. Sehingga cukup nyaman ketika digenggam.

Desain Asus Zenfone Zoom S

Smartphone Asus Zenfone Zoom S mengusung layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang 5.2 inci. Yang akan menjadikannya sebagai salah satu phablet andalan Asus karena sanggup menghasilkan resolusi resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 424 ppi.

Tampilan Asus Zenfone Zoom S ini juga semakin cantik berkat digunakannya fitur Multitouch, dan dipermanis dengan sistem antarmuka ASUS ZenUI 3.0. Layar dari Asus Zenfone Zoom S pun semakin spesial berkat digunakannya kaca 2.5 D dan proteksi oleophobic coating sehingga aman terhadap goresan.

Selain itu, spesifikasi pada sisi desain Asus Zenfone Zoom S pun sudah hadir dengan sensor Fingerprint pada bagian belakang bodinya, yang bisa membuka kunci layar hanya dalam waktu 0.3 detik.

back to menu ↑

FITUR

Untuk urusan konektivitas, spesifikasi Asus Zenfone Zoom S sudah dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Sehingga mampu bersaing dengan ponsel-ponsel modern lainnya. Sebagai contohnya, smartphone sudah menggunakan akses jaringan 4G LTE sebagai jaringan utamanya untuk menawarkan koneksi internet yang cepat. Pengaplikasian teknologi 4G LTE ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas unduh data dengan kecepatan 150 Mbps dan aktivitas unggah data dengan kecepatan 50 Mbps.

Akses jaringan lama GSM dan HSPA pun masih bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Phablet besutan Asus ini juga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara lebih efisien karena mendukung Dual SIM.

Fitur Asus Zenfone Zoom S

Sementara itu, jika ingin mendapatkan koneksi internet gratis pengguna bisa memakai WiFi 802.11, Dual-Band, WiFi Direct, dan Hotspot. Ada juga Bluetooth 4.2, A2DP, EDR, LE, USB 2.0, USB Type-C 1.0 reversible connector, dan USB On-The-Go yang bisa digunakan untuk kebutuhan berbagi file.

Sementara untuk pemetaan lokasi, bisa dilakukan secara lebih akurat berkat penggunaan navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS dalam spesifikasi Asus Zenfone Zoom S ini.

back to menu ↑

Performa

Dari fitur, kini kita akan membedah spesifikasi Asus Zenfone Zoom S pada bagian mesin yang tersembunyi di dalam bodi metalnya yang cantik. Smartphone ini tentu dibekali dengan spesifikasi yang membuatnya mampu bersaing dengan produk-produk di segmennya. Tak terkecuali pada sektor dapur pacu.

Asus Zenfone Zoom S sanggup menghasilkan performa yang handal berkat adanya chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang juga lebih efisien dalam penggunaan energi. Chip ini mampu menghasilkan tenaga prosesor Octa-core Cortex-A53 yang memiliki clock speed 2.0 GHz untuk menunjang segala kebutuhan operasionalnya. Selain itu, dapur pacu Asus Zenfone Zoom S ini mendapatkan dukungan dari RAM berkapasitas 4 GB. Dengan adanya dukungan RAM tersebut, maka dapat dipastikan aktivitas multitasking akan berjalan lancar tanpa lag.

Aktivitas bermain game pun menjadi sangat menyenangkan berkat adanya GPU Adreno 506 pada sektor ini yang menyuguhkan tampilan grafis berkualitas tinggi. Untuk menjalankan semua komponen tersebut, Asus mengandalkan sistem operasi Android Marshmallow v6.1 dengan ketersediaan fitur yang beragam.

Perform Asus Zenfone Zoom S

Untuk urusan dapur pacu, tampaknya Asus Zenfone Zoom S mampu menghasilkan performa handal. Oleh karena itu, Asus juga sepertinya akan membuat ruang penyimpanan yang cukup besar untuk mengimbangi sektor tersebut. Oleh sebab itu, perangkat ini menawarkan ruang penyimpanan internal berkapasitas 32 GB, 64 GB, dan 128 GB untuk menampung berbagai macam file. Baik itu file bawaan dari ponsel maupun file pribadi koleksi pengguna.

Namun jika space memori ini dirasa masih kurang luas dan memadai, maka ruang penyimpanan smartphone masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD. Kapasitas maksimum yang bisa ditambahkan melalui ruang penyimpanan eksternal Asus Zenfone Zoom S ini adalah 256 GB. Meskipun begitu, penggunaan microSD ini nantinya akan mengorbankan slot SIM 2. Sehingga pengguna harus mempertimbangkan mana yang lebih diutamakan.

back to menu ↑

Kamera

Seperti yang sudah kita ketahui bersama di atas, bahwa smartphone Asus Zenfone Zoom S ini merupakan smartphone yang ditujukan bagi para pencinta fotografi. Maka tak heran jika ponsel ini hadir dengan kamera utama ganda dan kamera selfie beresolusi tinggi serta fitur-fitur fotografi canggih lainnya. Tujuannya tentu guna memenuhi kebutuhan dokumentasi para penggunanya.

Pada bagian belakang Asus Zenfone Zoom S, tersemat kamera ganda 12 MP yang masing-masing mempunyai bukaan f/1.7 dan f/2.8 yang mampu memproduksi foto yang menakjubkan. Kamera utama ini pun telah dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus dan OIS. Sehingga hasil bidikannya memiliki fokus yang optimal serta anti blur.

Menariknya, kamera utama ini memiliki fitur 3x optical zoom dan dual-LED Flash. Sehingga memastikan foto yang diambil melalui kamera tetap memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, meskipun diambil dalam kondisi minim cahaya. Hebatnya lagi, kamera utama di bagian belakang tersebut juga mampu merekam dua jenis video dengan kualitas 2160p@30fps dan 1080p@30fps.

Kamera Asus Zenfone Zoom S

Sementara itu, kamera sekunder berkekuatan 13 MP dengan aperture f/2.2 bisa ditemukan pada bagian depan yang menghasilkan foto selfie tajam dan video chat yang jernih. Bahkan, kamera sekunder ini menyuguhkan fitur pendukung berkualitas tinggi. Seperti 1/2.5” sensor size @ 25 nm, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, smile detection, auto HDR, dan panorama.

back to menu ↑

Baterai

Untuk memenuhi kebutuhan daya, Asus Zenfone Zoom S dibekali dengan baterai berjenis non-removable Lithium Ion. Baterai ini memiliki kapasitas jumbo. Bahkan diklaim mampu bertahan seharian penuh ketika digunakan untuk menjalankan aktivitas yang berat.

Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, dalam kondisi siaga pun baterai bisa bertahan selama 912 jam. Dan jika digunakan untuk kebutuhan talk time, maka baterai akan bertahan selama 17 jam. Baterai juga baru akan habis setelah 72 jam apabila dipakai untuk memutar musik.

Sayangnya, jenis baterai yang dipakai Asus Zenfone Zoom S ini adalah jenis Non-removable, sehingga tidak bisa dilepas atau diganti. Meski begitu, sektor ini sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging, sehingga pengisian daya bisa dilakukan lebih cepat.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone Zoom S yang perlu dicatat. Untuk mengetahui Panduan Harga dan Review dari berbagai tipe handphone Asus yang populer di Indonesia, sobat Sinyaliti bisa klik di sini.

 

Baca Juga: Asus Zenfone Live Resmi Dirilis Sebagai Smartphone Live Streaming dan Video Conference.

Baca Juga: Asus Segera Luncurkan Dua Varian Ponsel Terbarunya, Asus ZenFone Zoom S dan Asus ZenFone Live.

 

8 Total Score
Good!

Ponsel Zenfone S ini merupakan versi pembaruan dari Asus Zenfone Zoom versi original yang memiliki fitur 3x optical zoom. dengan indikator embel-embel “Zoom”, produk terbaru milik Asus ini memang ditujukan bagi para pencinta fotografi denagan membawa kamera ganda 12 MP yang masing-masing mempunyai bukaan f/1.7 dan f/2.8 yang mampu memproduksi foto yang menakjubkan. Selain itu, Asus Zenfone Zoom S juga sudah dibekali dengan fitur yang cukup lengkap.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
8.5
PROS
  • Tersedia teknologi dual kamera yang terpasang pada bagian belakang Zenfone Zoom S, yaitu dua kamera beresolusi 12 MP yang memiliki fitur fotografi sangat lengkap.
  • Kamera depannya beresolusi 13 MP, sehingga sangat cocok bagi pecinta selfie.
  • Tersedia chipset Snapdragon 625 yang terkenal efisien dan cukup bertenaga.
  • Kapasitas Ram smartphone ini sebesar 4GB yang otomatis membuat kinerja multitasking dan mobile gaming semakin lancer.
  • Sudah mengadopsi port USB Type-C dan tersedia teknologi 4G LTE.
  • Dilengkapi fitur Fingerprint Sensor.
  • Kapasitas baterainya sangat besar, yaitu 5.000 mAh.
CONS
  • Smartphone ini masih memakai sistem operasi Android Marshmallow.
  • Harga Asus Zenfone Zoom S terlalu mahal.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0