Review Oppo F3 Plus: Smartphone Selfie Expert Dengan Dual-Kamera

Sinyaliti.com – Oppo siap menambah jagoan terbarunya dengan meluncurkan smartphone Android bernama Oppo F3 Plus. Smartphone ini dirancang secara spesial bagi pecinta gadget yang gemar berfoto selfie dan ingin terus eksis di media sosial. Pasalnya, akan terpasang Dual-Kamera selfie yang otomatis akan memanjakan penggunanya dengan hasil-hasil foto selfie berkualitas tinggi yang sangat tajam dan jernih.

Tak hanya menyuguhkan keindahan desain dan performa kamera superior, smartphone ini juga memiliki performa dapur pacu powerfull yang nantinya bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi serta game Android yang akan diinstal ke dalamnya. Dan masih banyak lagi fitur menarik yang dimiliki smartphone ini.

Nah, untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo F3 Plus, silahkan simak review seputar spesifikasi Oppo F3 Plus pada ulasan berikut ini.

Spesifikasi Detail Oppo F3 Plus

Desain Oppo F3 Plus

Untuk urusan desain, Oppo F3 Plus dibekali dengan desain khas ala Oppo yang terlihat semakin elegan dan stylish berkat pilihan corak warna cassing Gold, White, Pink, dan Black. Pada bagian dimensi, seperti biasa smartphone besutan Oppo memang selalu dibekali dengan desain minimalis dan ramping, sehingga cara pengoperasiannya juga semakin nyaman.

Oppo F3 Plus sendiri mengusung dimensi berukuran 163.6 x 80.8 x 7.4 mm dengan bobot 185 gram. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup minimalis dan efisien di dalam genggaman satu tangan. Sementara pada bagian visual, Oppo membekali smartphone terbarunya ini dengan jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen yang memiliki ukuran resolusi Full HD sebesar 1080 x 1920 piksel dengan 16 juta warna yang membentang seluas 6 inci, dengan kerapatan layar mencapai 367ppi piksel density. Penggunaan sistem antarmuka Color OS 3.0 pun semakin mempercantik tampilan layarnya.

Jadi, soal ketajaman dan visualnya sudah tak perlu diragukan lagi, meskipun layar tersebut belum mengusung teknologi Super AMOLED. Itu semua berkat resolusi Full HD yang dibekalkan, sehinnga layar pada ponsel ini tetap sanggup menyajikan tampilan visual yang jernih dan nyaman di mata. Menariknya lagi, selain terlindungi secara maksimal oleh sistem proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang telah terpasang secara built-in pada layar untuk melindunginya dari goresan, layar tersebut juga telah didukung oleh Multitouch, sehingga gambarnya lebih responsif.

Desain Oppo F3 Plus

Secara umum, spesifikasi Oppo F3 Plus di bagian desain memang sudah cukup oke. Karena memiliki bekal layar yang lapang dan didukung dengan teknologi terbaik, sehingga membuatnya tampil lebih elegan dan terlihat lebih mewah.

back to menu ↑

Fitur

Saat ini kelengkapan teknologi konektivitas dan jaringan data memang sudah menjadi syarat mutlak bagi sebuah smartphone masa kini. Akan terasa alangkah mubazir bila smartphone dengan spek mesin tangguh namun tak didukung dengan konektivitas terbaik. Layaknya smartphone modern lainnya, spesifikasi Oppo F3 Plus pada sektor ini juga telah didukung oleh pilihan konektivitas yang cukup lengkap. Selain membawakan slot Dual-SIM Card untuk memudahkan komunikasi data seluler, smartphone ini juga telah support dengan konektivitas jaringan 4G LTE.

Meski ditempatkan sebagai smartphone menengah ke bawah, nyatanya Oppo F3 Plus mampu hadir dengan mengusung teknologi jaringan data terbaik. Berbekal jaringan data super cepat 4G LTE Cat6, ponsel ini mampu mengakses internet hingga mencapai kecepatan 300 Mbps untuk download. Sementara untuk upload data, Oppo F3 Plus bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps.

Jika berada di daerah yang belum tercover oleh jaringan 4G pun tak perlu khawatir. Karena smartphone ini telah didukung oleh pilihan jaringan alternatif yang lengkap. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA 42.2/5.76 Mbps.

Fitur Oppo F3 Plus

Selain dibekali dengan pilihan mode jaringan seluler yang lengkap, ponsel juga mampu memanfaatkan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual Band, WiFi Direct, dan juga Hotspot. Jika ingin berbagi akses data, maka bisa menggunakan fitur portable hotspot yang ada pada smartphone.

Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, smartphone ini juga telah memiliki fitur Bluetooth v4.1, A2DP serta slot microUSB. Sementara untuk kamu yang hobbi travelling, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS serta GLONASS. Meski masih sebatas A-GPS biasa, namun keberadaannya pasti sudah sangat membantu bagi yang hobi travelling.

back to menu ↑

Performa

Lalu seperti apa komponen dapur pacu yang ada di dalam Oppo F3 Plus? Untuk bagian ini, Oppo memang mengandalkan kinerja dari komponen-komponen yang berkualitas. Berkat kombinasi chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 yang ditenagai oleh prosesor Octa-core 4×1.95 GHz Cortex-A53, tentu aktivitas pengolahan data akan semakin maksimal dan lancar.

Lalu Oppo juga menyematkan RAM dengan kapasitas 4 GB. RAM ini sangat berguna untuk mendukung kinerja lebih optimal terutama untuk kebutuhan kinerja multitasking. Sementara untuk kebutuhan pengolah grafis, Oppo F3 Plus dibekali dengan kartu pengolah grafis GPU Adreno 510. Dimana perangkat pengolah grafis tersebut diketahui sanggup menampilkan vusialisasi game sekelas HD. Atau bisa juga untuk memutar film dan video dengan pemandangan yang maksimal.

Terakhir, untuk menciptakan kinerja dapur pacu yang lebih sempurna, di bagian software dipercayakan pada platform sistem operasi Android Marshmallow v6.0. Ditambah dengan balutan tampilan antar muka Color OS 3.0 yang akan membawa segudang fitur menarik di dalamnya.

Perform Oppo F3 Plus

Melihat komponen-komponen mesin yang tersusun di ruang dapur pacu, tentu saja membuktikan bahwa ponsel ini memiliki dapur pacu yang siap bersaing dengan produk dari vendor lain. Terlebih, Oppo juga menawarkan memori internal sebesar 64 GB untuk menyimpan berbagai macam file atau aplikasi berukuran besar.

Dengan kapasitas yang luas tersebut, maka tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file penting di dalam satu perangkat gadget saja. Sementara untuk daya tampung memori eksternal pada Oppo F3 Plus juga merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya, yakni hingga 256 GB. Namun sedikit catatan, jika ingin menambahkan microSD Card, maka harus mengorbankan SIM 2. Karena slot-nya menempati ruang yang sama.

back to menu ↑

Kamera

Kemampuan smartphone ini semakin mumpuni dengan hadirnya kamera utama beresolusi 16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX398 dengan lebar aperture f/1.7. Kamera tersebut mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi yang terlihat tajam dan memiliki perpaduan warna realistis. Pasalnya, Oppo membekalinya dengan teknologi Phase Detection Autofocus dan sistem OIS (Optical Image Stabilization). Dimana kedua fitur tersebut mampu mempercepat pengambilan objek focus serta meredam guncangan saat merekam video, sehingga hasilnya akan stabil.

Lalu ada pula fitur Dual-LED Flash yang siap memaksimalkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa ketika mengambil foto pada kondisi low light. Tak ketinggalan, Oppo F3 Plus juga telah dilengkapi dengan fitur olah foto modern semisal Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan juga HDR.

Tak hanya bisa diandalkan untuk membidik foto, kamera primer pada smartphone Oppo F3 Plus juga bisa digunakan sebagai media perekam dengan cukup baik. Kualitas rekaman video yang bisa mencapai 2160p@30fps atau FHD ini juga sudah cukup bagus untuk video dari smartphone.

Kamera Oppo F3 Plus

Lalu kemampuan pada sektor kamera depan disempurnakan dengan adanya Dual-Kamera. Pada bagian kamera depan tersebut terdiri dari kamera beresolusi 16 MP dan kamera sekunder 8 MP yang mampu menangkap sudut pandang hingga 120°. Hadirnya software Beautify 4.0 membuat hasil foto menjadi semakin lebih baik.

Dengan adanya Dual-Kamera pada sisi depan Oppo F3 Plus tersebut, pastinya akan memudahkan bagi yang memiliki hobi selfie atau sering melakukan panggilan video call. Jadi, spesifikasi yang ada pada ponsel di bagian kamera sudah bisa dipastikan mampu menghasilkan jepretan foto yang sangat berkualitas.

back to menu ↑

Baterai

Selanjutnya untuk sektor baterai, sudah ada baterai Non-removable Li-Ion berkapasitas 4000 mAh yang akan memberikan asupan daya selama seharian penuh. Besaran kapasitas daya baterai yang dibekalkan pada spesifikasi Oppo F3 Plus ini memang sudah cukup memadai. Jadi bisa dipastikan bahwa kinerja operasional ponsel pintar yang satu ini akan semakin maksimal.

Baterai Oppo F3 Plus

Selain itu, ponsel ini juga telah membawa manajemen daya yang bagus dengan adanya fitur Low Power Mode dan teknologi Fast Charging. Kedua teknologi tersebut mampu mempersingkat waktu pengisian baterai menjadi lebih cepat. Bahkan hanya butuh waktu lima menit, maka ponsel sudah bisa langsung digunakan untuk menelpon hingga dua jam lamanya.

So, berbekal kualitas tersebut, kira-kira berapakah harga Oppo F3 Plus ini ya? Nah, sobat sinyaliti bisa mengecek harganya di sini.

7.5 Total Score
Good!

Oppo F3 Plus dibekali dengan desain khas ala Oppo yang terlihat semakin elegan dan stylish. Berbekal jaringan data super cepat 4G LTE Cat6, ponsel ini mampu mengakses internet hingga mencapai kecepatan 300 Mbps untuk download. Sementara untuk upload data, Oppo F3 Plus bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Kemampuan smartphone ini semakin mumpuni dengan hadirnya kamera utama beresolusi 16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX398, yang akan memanjakan penggunanya dengan hasil foto selfie berkualitas, tajam, dan jernih.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Menggunakan jaringan 4G LTE pada kedua SIM Card-nya.
  • Konektifitas lengkap dengan USB On The Go.
  • Layar Full HD dengan luas 6 inci sangat cocok untuk berbagai keperluan digital.
  • Desain premium dengan bahan metal yang solid, tampak mahal.
  • Kemampuan kamera depan dan belakang dapat diandalkan.
  • Kapasitas baterai besar dengan teknologi Fast Charging.
CONS
  • Harganya masih relatif mahal untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.
  • Konsep slot SIM Card hybrid dengan memori eksternal.
  • Minus NFC.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0