Review Axioo Windroid 7G: Dual OS besutan Axioo

Sinyaliti.com – Tablet Windroid 7G (3G) adalah salah satu dari tiga varian tablet dual OS besutan Axioo yang telah diluncurkan di pasar Indonesia. Kelebihan utama yang sekaligus menjadi selling point Windroid 7G adalah dukungan dua sistem operasi secara dual-boot, yakni Windows 8.1 with Bing dan Android 4.4 KitKat. Pengguna bebas memilih kedua sistem operasi tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus membeli dua tablet sekaligus. OS Android kaya akan aplikasi dan nyaman digunakan dengan layar sentuh. Sedangkan Windows 8.1 adalah sistem operasi yang sangat mendukung produktivitas penggunanya. Berikut ulasan singkat tablet Axioo Windroid 7G sobat sinyaliti. Check it out!

Spesifikasi Detail Axioo Windroid 7G

Desain Axioo Windroid 7G

Ukuran atau dimensi yang ditawarkan oleh tablet ini tak jauh berbeda dengan tablet Android berukuran 7 inci lainnya. Tablet Windroid 7G (3G) ini dibalut dengan casing berbahan plastik berwarna hitam. Saat Sinyaliti memegangnya, material plastik tablet ini terasa licin, tetapi solid. Bagian belakang terdapat tekstur khusus yang membuatnya tak terlalu licin. Bagian depan tablet Windroid 7G ini terdapat layar sentuh berukuran 7 inci, earpiece, dan kamera depan.

Axioo menempatkan tombol volume dan power di sisi kanan tablet. Sinyaliti  juga melihat adanya tombol reset berukuran amat kecil yang terletak tepat di bawah tombol power. Kehadiran tombol ini memudahkan pengguna melakukan reset ketika tablet mengalami hang atau bermasalah. Port audio 3.5 mm dan port microUSB diletakkan di bagian atas tablet Windroid 7G ini.

Sedangkan bagian belakang terdapat lubang kamera dan speaker grill. Baterai Tablet Windroid 7G (3G) yang berkapasitas 2800mAh ini tidak dapat dilepas, bahkan casing belakangnya pun tak dapat dilepas. Bagian yang dapat dilepas dari tablet ini adalah casing yang berada di sekitar lubang kamera. Ketika casing belakang atas Windroid 7G ini terlepas, kita dapat mengkses slot microSD dan slot SIM card.

Harga, Spesifikasi, Axioo Windroid 7G (3G)

Untuk menikmati konten multimedia, Tablet Windroid 7G (3G) memiliki layar IPS berukuran 7 inchi dengan resolusi 1024 x 600 pixels. Resolusinya tergolong standard, namun cukup nyaman saat dipakai menonton film dan bermain game. Sayangnya, layar tersebut belum dilapisi teknologi anti gores, jadi sobat sinyaliti harus menambahkan screen guard agar layar tablet ini tidak mudah tergores. Sementara untuk desainnya, Axioo Windroid 7G memiliki body dengan ketebalan 9.8 mm dan berat sekitar 274 gram.

Desain tablet ini memang sangat standard, sesuai dengan harga Axioo Windrod 7G yang murah. Secara keseluruhan tablet ini memiliki rasio dimensi berukuran 188mm (L) x 107.6mm (W) x 9.8mm (H), sehingga tetap terasa nyaman digengaman karena tidak terlalu tebal dan memiliki berat yang ringan. Walaupun terbuat dari bahan plastik, namun tablet ini dibuat dengan bentuk yang solid, dan memiliki body belakang bertexture khusus yang membuatnya tak licin saat dioperasikan .

back to menu ↑

Fitur

Tablet Axioo Windroid 7G ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang disematkan resolusi WSVGA 1024 x 600 piksel dan menawarkan kerapatan mencapai 170 piksel per inci, serta menggunakan tenologi panel IPS (In-Plane Switching). Meski sudah menggunakan teknologi panel IPS, Sinyaliti menilai kualitas layar yang diusung oleh tablet ini cukup standar atau rata-rata saja. Warna yang dihasilkan oleh layar tablet ini kurang vivid, selain itu ketajamannya juga kurang.

Harga, Spesifikasi, Axioo Windroid 7G (3G)

Hal ini sebenarnya wajar mengingat resolusi yang diusungnya masih terhitung rendah. Beruntung, layar tablet ini memiliki sudut pandang yang cukup luas dan respon layar sentuhnya juga cukup sensitif di kelasnya. Layar tablet ini tidak memiliki fasilitas autobrightness dan performanya di bawah sinar matahari juga kurang baik. Perlu diketahui, tablet Windroid 7G ini mendukung satu SIM card atau single SIM 3G HSDPA. Fasilitas telepon dan SMS dapat digunakan di Android. Sedangkan di Windows, kita hanya dapat menggunakan layanan data saja.

Bagi sobat sinyaliti yang lebih memilih memakai sistem operasi Windows 8.1 akan mendapatkan software Microsoft Office 365 dan Microsoft Direct-X secara gratis, yang akan membantu aktifitas kerja dan bermain game. Namun untuk bermain game, kami sarankan memakai sistem operasi Android, karena jumlah game yang disediakan pada Google Play Store jauh lebih banyak dibandingkan pada Windows Store. Sayangnya tablet ini hanya dibekali baterai sebesar 2800 mah, sehingga akan sangat boros saat dipakai bermain game dalam waktu lama.

back to menu ↑

Performa

Performa yang ditawarkan oleh tablet Axioo Windroid 7G ini cukup powerful di kelas entry-level berkat sokongan prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,33GHz hingga maksimal 1,83GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB, serta didukung pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Sayang sekali, tablet ini tidak dilengkapi dengan sensor proximity sehingga layar tidak otomatis mati ketika digunakan untuk telepon.

Harga, Spesifikasi, Axioo Windroid 7G (3G)

Kapasitas RAM 1GB yang diusung tablet ini memang terbilang pas-pasan, tetapi sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sinyaliti telah menjajal tablet ini di Android dan Windows selama tiga hari dan kinerjanya cukup memuaskan. Buka tutup aplikasi, bermain game kasual, browsing, dan komputasi ringan lainnya berjalan dengan lancar tanpa adanya lag.

Performa yang tinggi dari tablet ini terbukti dengan skor benchmark AnTuTu yang mencapai 32 ribu poin lebih. Sama seperti tablet lainnya, tablet Windroid 7G agak panas ketika digunakan untuk tugas yang berat, tetapi bisa dikatakan wajar.

back to menu ↑

Kamera

Sisi kamera, tablet Axioo Windroid 7G ini tidak bisa diharapkan karena hanya dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 2 megapiksel dan kamera depan VGA. kedua kamera tersebut fixed focus dan tidak dilengkapi dengan LED flash. Menurut Sinyaliti, hal ini wajar karena harga yang ditawarkan oleh tablet Windroid 7G ini sangat terjangkau.

Meski hasil fotonya tak bisa diharapkan, setidaknya kita masih dapat menikmati fungsi lainnya. Satu hal yang Sinyaliti sayangkan dari tablet Windroid 7G, yakni keluaran speakernya. Suara speaker Windroid 7G saat memainkan musik tidak terlalu kencang dan terdengar cempreng. Namun ketika menggunakan headset Sennheiser MX375, kualitas nya lumayan bagus. Tablet Windroid 7G ini dibekali dengan memori internal 32GB yang mana 16GB tersedia di Windows dan 8GB tersedia di Android.

back to menu ↑

Baterai

Sayangnya tablet ini hanya dibekali baterai sebesar 2800 mah, sehingga akan sangat boros saat dipakai bermain game dalam waktu lama sobat Sinyaliti. Jika kamu termasuk gammers sejati, hal ini dapat diatasi dengan siaga selalu membawa power bank.

Axioo Windroid 7G pertama kali dipasarkan pada bulan2015 dengan harga perdana tak sampai 2 Juta Rupiah, atau lebih tepatnya sekitar 1.8 Juta Rupiah. Yups, harga Axioo Windroid 7G memang tergolong sangat murah, sehingga bisa menjadi alternatif bagi sobat sinyaliti yang penasaran memakai sistem operasi Windows pada perangkat tablet berlayar 7 inci. Namun apabila harga Axioo Windroid terasa cukup mahal maka sobat bisa memilih membeli Axioo Picopad S2 yang dibanderol dengan harga sekitar 1 Juta Rupiah saja. Namun jika tetap Tertarik memilikinya, yuk simak ulasannya dalam bentuk video berikut ini, Klik disini. Baca Juga: Review Coolpad MAX: Mewah Terbaru Versi Coolpad, klik disini

8 Total Score
Good!

Axioo Windroid 7G memiliki ukuran layar yang lebar. Hadir dengan layar lebar 7.0 inch berteknologi IPS LCD. Selain nyaman digunakan untuk nge-game atau nonton video, teknologi IPS LCD yang dimilikinya juga mampu menghasilkan tampilan layar yang jernih dengan kontras warna yang tajam.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Hadir dengan fiitur keren yakni dual OS berupa Android Kitkat 4.4 dan Windows 8.1 yang bisa kamu ganti sewaktu-waktu
  • Memiliki layar lebar 7.0 inch yang sangat nyaman dioperasikan. Layar 5.0 inch juga sangat memuaskan jika untuk nge-game ataupun nonton video
  • Teknologi layar yang digunakan ialah IPS LCD yang mampu membuat tampilan layar Axioo Windroid 7G lebih jernih serta mampu hasilkan kontras warna yang tajam
  • Meski bukan yang terbaik, namun smartphone ini memiliki dapur pacu yang cukup mumpuni. Mengandalkan Chipset Intel Atom Z3735G,Quad Core (1.3GHz up to 1.8GHz – 2M cache) yang dipadukan dengan GPU Intel HD Graphics mampu hasilkan performa yang cukup tangguh
  • Kinerjanya semakin sempurna dengan adanya RAM 1GB, menjalankan aplikasi secara bersamaan pun juga menjadi lebih cepat dan responsif
Kekurangan
  • Kualitas layar yang dimiliki memang cukup berkualitas, hanya saja resolusi 600 x 1024 Pixels pada layarnya kurang maksima untuk mendukung layar selabar 7.0 inch. Alhasil, gambar akan menjadi pecah-pecah ketika di zoom
  • Kamera depannya hanya beresolusiVGA, kurang mendukung aktifitas selfie dan video call kamu
  • Hanya mendukung singgle SIM saja, tidak seperti tablet sekelasnya yang sudah mendukung dual-SIM untuk mempermudah berkomunikasi
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0