Review BlackBerry Aurora: Smartphone Android Dengan Rasa BlackBerry

Sinyaliti.com – Setelah memutuskan untuk memproduksi ponsel pintar bertajuk Android, kini nama besar BlackBerry kembali ikut meramaikan pasar gadget global. Ya, BlackBerry merilis smartphone Android baru yang diberi nama BlackBerry Aurora. Meski saat ini BlackBerry tak lagi membawa sistem operasi khas mereka, namun berkat nama besarnya yang telah melanglang buana ke hampir seluruh belahan dunia. Maka bukanlah hal yang sulit bagi perusahaan yang hampir “bangkrut” tersebut untuk mengambil pangsa pasar kembali. Terlebih lagi, perangkat BlackBerry Aurora ini berjalan di antara hardware berkualitas dan sistem OS berkemampuan tangguh. Untuk itulah, salah satu upaya BlackBerry untuk kembali melambungkan namanya melalui BlackBerry Aurora ini terbilang menarik dan memberikan pilihan baru bagi pasar.

Nah, penasaran seperti apa produk BlackBerry Android ini? Simak yuk, ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi BlackBerry Aurora di bawah ini!

Spesifikasi Detail BlackBerry Aurora

Desain BlackBerry Aurora

Melihat dari segi fisik, konsep yang dibawa perangkat BlackBerry Aurora hadir dengan membawa tampilan segar khas ponsel Android. Hal ini tentu saja membuat BlackBerry terlihat baru dan lebih fresh. Berbalut jubah berwarna hitam, semakin menambah kesan elegan juga berkelas. Apalagi bodinya membawa material glossy yang membuatnya terlihat semakin klimis.

Hadir dengan menyasar segmen kelas mid-range, body BlackBerry Aurora sendiri berukuran 152 x 76.8 x 8.5 mm dengan bobot 178 gram, sehingga membuat smartphone pas saat digenggam. Tersedia pula warna pilihan lain seperti warna gold dan silver yang bisa kita pilih.

Desain Blackberry Aurora

Berbicara urusan visual display, BlackBerry Aurora mengusung jenis layar AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors yang membentang seluas 5.2 inci. Layar tersebut menyajikan tampilan dengan resolusi Full HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 467 ppi pixel density. Untuk spesifikasi visual sekelas Full HD dengan kerapatan layar tinggi, tentu akan memanjakan mata saat mengoperasikannya.

Selain itu, tampilan visualnya pun juga tak kalah atraktif dan jernih guna memenuhi kebutuhan performa multimedia serta entertainment seperti menonton video atau main game. Sayang, spesifikasi BlackBerry Aurora ini masih belum dilengkapi dengan proteksi layar secara built-in, sehingga harus memasangnya secara manual.

back to menu ↑

Fitur

Pada sektor fitur, ponsel ini memanfaatkan slot Dual SIM Card yang bisa digunakan secara bersamaan. Sehingga aktivitas komunikasi pun menjadi lebih lancar, karena bisa digunakan secara bersamaan. Namun untuk konektivitas akses internetnya sudah mengandalkan teknologi jaringan 4G LTE Cat9, yang siap memanjakan setiap penggunanya dalam berinteraksi di dunia maya dengan keceparan akses yang begitu gesit. Ya, seperti kita ketahui bahwa jaringan 4G LTE ini akan menyajikan kecepatan download hingga 450 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps. Dengan fasilitas kecepatan internet BlackBerry Aurora tersebut, tentu menjadikan aktivitas berselancar di dunia maya semakin menyenangkan.

Selain itu, jika saat ini masih berada ada lokasi yang belum tercover konektivitas 4G LTE, maka kehandalan jaringan 3G HSPA bisa digunakan sebagai jalur alternatifnya. Hal ini mengingat, seperti di Indonesia, koneksi jaringan 4G LTE masih belum mencakup ke seluruh area secara merata.

Fitur Blackberry Aurora

Selain terpenuhinya konektivitas internet, BlackBerry Aurora juga dilengkapi dengan fitur konektivitas jarak dekat yang cukup fungsional. Untuk memenuhi kebutuhan seperti koneksi internet gratis atau berbagi file menjadi lebih cepat, maka BlackBerry menyematkan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual-Band, WiFi Direct, Hotspot, dan juga microUSB.

Sementara sebagai partner yang mengasyikan untuk berpetualang, tak ketinggalan BlackBerry juga membekali ponsel dengan sistem navigasi canggih seperti A-GPS, GLONASS, dan BDS untuk menuntun melakukan pencarian lokasi. Sayangnya, BlackBerry Aurora belum dilengkapi dengan fitur Fingerprint Sensor yang rata-rata sudah dimiliki smartphone Android lainnya.

back to menu ↑

Performa

Ponsel pintar terbaru dari BlackBerry ini pun hadir dengan komponen-komponen terbaik yang dibekalkan pada ruang pengolahan data. Untuk menghadirkan performa maksimal, BlackBerry mengandalkan kombinasi kerja dari chipset Qualcomm Snapdragon 212. Komponen hardware BlackBerry Aurora tersebut dimaksimalkan dengan kapasitas RAM 4 GB, sehingga untuk kinerja multitasking pun dipastikan akan berjalan dengan lancar.

Jika melihat spesifikasi yang dihadirkan, setidaknya Octa-Core Corex A-7 clock maksimal pada 1.3 GHz sudah pasti akan menjadi jantung BlackBerry Aurora ini. Lebih-lebih, untuk urusan pemrosesan gambar akan ditanggung oleh GPU super melalui Adreno 304. Seluruh komponen hardware yang telah tersusun rapi tersebut, sistem operasi OS Android Nougat v7.0 juga turut serta menyediakan platform pengolahan data yang memiliki fitur-fitur menarik serta lebih ringan dijalankan.

Performa Blakberry Aurora

BlackBerry Aurora juga membekali ruang penyimpanan file yang maksimal pada ponsel ini. Agar dapat menampung seluruh kebutuhan file, maka BlackBerry Aurora dibekali dengan memori on-board atau memori internal dengan kapasitas sebesar 32 GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file sistem dan file pribadi seperti hiburan.

Namun apabila hendak menambah ruang penyimpanan yang lebih luas lagi, BlackBerry juga menyediakan ruang tambahan dari memori eksternal dengan ekspansi kapasitas maksimal sebesar 256 GB. Dengan ruang simpan pada spesifikasi BlackBerry Aurora tersebut, tentu tak akan kehabisan ruang penyimpanan.

So, seluruh bagian pada ruang dapur pacu dalam BlackBerry Aurora ini diharapkan akan menjalankan fungsinya masing-masing dengan maksimal dan selaras.

back to menu ↑

Kamera

Untuk memenuhi lini kamera, BlackBerry Aurora dibekali dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama dan kamera sekunder. Untuk kamera andalan atau kamera utama, BlackBerry menyematkan teknologi kamera berukuran 13 MP yang lengkap bersama Phase Detection Autofocus dan LED Flash. Dengan kamera tersebut, smartphone pintar ini juga bisa melakukan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p@30fps.

Fitur modern lain pada BlackBerry Aurora ini juga disematkan pada kamera utama seperti fitur geo-tagging, touch focus, face detection, serta HDR dan Panorama.

Kamera Blackberry Aurora

Selain canggih dan modernnya kamera utama, BlackBerry juga membekali ponsel ini dengan kamera sekunder berukuran 8 MP. Ukuran kamera sekunder pada spesifikasi BlackBerry Aurora tersebut sanggup menyajikan hasil yang maksimal untuk berselfie dan melakukan video call.

back to menu ↑

Baterai

Mengingat kebutuhan yang cukup besar dari visualisasi, dapur pacu untuk pengolahan data, juga konektivitas yang sudah sangat maksimal. Rupanya BlackBerry hanya membekali pada ponsel besutannya tersebut dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 3000 mAh, yang rasanya masih sangat kurang untuk di kelasnya. Kapasitas baterai ini rasanya masih pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan kinerja selama seharian, namun hanya bisa untuk penggunaan operasional secara normal.

Tidak hanya itu saja, BlackBerry Aurora ini pun belum dibekali dengan fitur Fast Battery Charging. So, dengan segala kekurangan pada sector suplay daya baterai tersebut, tentu lengkap sudah kualitas unggulan yang dibawakan spesifikasi BlackBerry Aurora ini.

Baterai Blackberry Aurora

Lalu untuk menebus spesifikasi tersebut berapa kira-kira BlackBerry akan membanderol harga BlackBerry Aurora ini ya? Kisaran harga memang sedikit di atas rata-rata dari ponsel yang sekelasnya. Namun, tentu saja setiap perangkat yang dijual dengan harga tinggi pastinya memiliki faktor tersendiri. Begitu juga dengan harga BlackBerry Aurora ini. Tak heran jika BlackBerry masih pede membanderolnya dengan harga tinggi. Penasaran?

Nah, buat sobat Sinyaliti yang mengidamkan ingin memiliki ponsel pintar terbaru besutan BlackBerry ini, bisa klik di sini.

 

*Review produk-produk Blackberry lainnya bisa dilihat di laman ini: http://sinyaliti.com/hp-blackberry/

8 Total Score
Good!

Ponsel pintar BlackBerry Aurora berjalan diantara hardware berkualitas dan sistem OS berkemampuan tangguh. Dengan konektivitas akses internet yang sudah mengandalkan teknologi jaringan 4G LTE, BlackBerry Aurora juga dilengkapi dengan prosesor Octa-Core Corex A-7 clock maksimal pada 1.3 GHz. Sementara seluruh komponen hardware-nya, telah tersusun rapi oleh sistem operasi OS Android Nougat v7.0.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
7.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Blackberry Aurora memiliki layar berukuran 5.5 inci dengan panel Amoled Display yang tak perlu diragukan ketajaman layarnya.
  • Smartphone ini telah mengadopsi sistem operasi Android Nougat.
  • Tersedia baterai berkapasitas 3.000 mAh yang bisa bertahan dalam waktu cukup lama.
  • Kamera depannya mengusung lensa 8 Megapixel dengan fitur LED Flash.
  • Tersedia kamera belakang 13 Megapixel yang disempurnakan oleh fitur PDAF dan Dual Tone LED Flash.
  • Dapur pacunya diperkuat Ram berkapasitas 4 GB.
  • Memiliki memori internal berkapasitas sangat besar yang bisa menyimpan beragam aplikasi dan game.
  • Desainnya terlihat elegan dan nyaman dioperasikan. Pasalnya smartphone ini memiliki casing belakang bertekstur.
Kekurangan
  • Harga Blackberry Aurora tergolong sangat mahal untuk kelas mind-rage.
  • Blackberry Aurora belum dilengkapi fitur Fast Charging.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0