Review BlackBerry Motion: Punya Baterai 4.000mAh dan Tahan Air

Sinyaliti.com – Vendor asal Amerika Serikat, BlackBerry, kembali merilis seri terbaru yang dinamai BlackBerry Motion. Smartphone ini membawa fitur-fitur terbaru untuk bersaing di kelas high-end. Dibekali dengan hardware mumpuni, perangkat ini juga mengusung layar full HD, dan tidak memiliki tombol fisik QWERTY yang selama ini menjadi ciri khas smartphone Blackberry.

Namun bagi kamu yang lebih suka smartphone full touch screen, maka smartphone ini bisa menjadi pilihan paling tepat.

Smartphone ini juga didukung dengan lini kamera mumpuni dan juga sertifikat IP67 yang mampu menahan ponsel dari air dan debu. Bahkan, smartphone ini mampu “berenang” di dalam air dengan kedalaman satu meter, sehingga sangat pas jika perangkat ini dimasukkan ke dalam jajaran perangkat kelas atas.

Tak ketinggalan, smartphone ini juga dibekali dengan baterai berdaya besar yang biasa dipakai oleh perangkat premium, sehingga menambah keunggulan dari perangkat ini. Berbagai fitur canggih juga disematkan di dalam ponsel pintar ini untuk memudahkan penggunanya. Semakin penasaran dengan BlackBerry Motion ini bukan?

Nah, untuk mengetahui spesifikasi dan harga dari BlackBerry Motion ini secara lengkap, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Spesifikasi Detail BlackBerry Motion

Desain BlackBerry Motion

Di sesi pertama ini kita akan mulai mengulas spesifikasi dari BlackBerry Motion dari segi desain. Ponsel pintar BlackBerry Motion ini hadir dengan menggunakan menggunakan layar full touchscreen yang membentang seluas 5.5 inci dengan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Layarnya memang membentang sangat luas, namun sayang belum bezel-less.

Untungnya, layar tersebut sudah dibekali dengan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dengan rasio 16 : 9, dan kerapatan 401 ppi.

Nah, hal yang paling menarik dari smartphone ini adalah dengan dibekalinya fitur kemampuan tahan air yang bisa dipakai untuk berenang ataupun hujan-hujanan, yakni sertifikat IP68, yang mampu menahan air di kedalaman satu meter selama 30 menit.

Kemampuan serupa juga telah dimiliki oleh iPhone 7 dan iPhone 8, sehingga durabilitas Blackberry Motion bisa disejajarkan dengan smartphone flagship lainnya.

Selain itu, dengan mengusung multitouch, BlackBerry Motion juga akan sangat mudah saat dioperasionalkan dengan hanya dengan sepuluh jari saja. Dan juga terdapat sensor fingerprint di bagian “Home” berlogo “BlackBerry” yang pastinya akan memudahkan penggunanya. Sensornya sangat responsif, dan bisa digunakan untuk membuka layar dalam sekejap mata.

Sayangnya, smartphone ini tidak dibekali dengan proteksi layar, sehingga pengguna harus menambahkannya sendiri.

Hadir dalam satu varian warna, yakni hitam, spesifikasi BlackBerry Motion pada bagian terluarnya ini terlihat cukup elegan.

back to menu ↑

Fitur

Selanjutnya, kita akan mengulas spesifikasi BlackBerry Motion dari sektor konektivitasnya. Dari sisi konektivitasnya, smartphone asal negeri Paman Sam ini membawa jaringan cepat 4G LTE Cat 16 dengan kemampuan download 150 Mbps dan kemampuan upload sebesar 50 Mbps. Dan tentu saja dapat diandalkan untuk mengunduh file, browsing, dan streaming.

BlackBerry Motion ini juga dilengkapi dengan berbagai konektivitas lainnya seperti Bluetooth 4.2, A2DP, sistem navigasi GPS, GLONASS, dan port USB berjenis chipset 1.0 reversible connector yang dapat digunakan bolak-balik, sehingga membuat konektivitasnya semakin lengkap.

Selain itu, tersedia pula beragam sensor pendukung, seperti accelerometer, gyro, proximity, dan juga compass.

Dengan beberapa fitur pada sektor konektivitas tersebut sudah dapat membuat spesifikasi BlackBerry Motion ini terbilang cukup sempurna.

back to menu ↑

Performa

Untuk dapur pacunya, tampaknya sang vendor tak ingin membekali perangkat ini dengan hardware ecek-ecek. Bersaing di kelas atas, sang vendor pun menggunakan sistem operasi Android 7.1 (Nougat) pada BlackBerry Motion ini, yang merupakan seri OS Android yang terbilang tinggi, meski telah ada seri terbarunya.

Mengkolaborasikan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dan processor tinggi Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53 serta RAM berkapasitas besar 4 GB, dapur pacu yang dimiliki BlackBerry Motion ini bisa dikatakan sangat handal. Sebab, komponen-komponen tersebut dapat menghasilkan kinerja cepat, responsif, dan mampu mendukung berbagai aktivitas multitasking.

Apalagi ditambah dengan digunakannya GPU Adreno 506, grafis yang dihasilkannya pun juga sangat memukau.

Belum lagi ruang penyimpanan yang ada pada spesifikasi BlackBerry Motion ini. Pasalnya, perangkat ini dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar, yakni penyimpanan internal berkapasitas 32 GB yang dapat memudahkan pengguna untuk menyimpanan berbagai aplikasi, files, game, video, film, dan lain-lain dalam kapasitas besar.

Jika dengan memori internal yang dibawa BlackBerry Motion tersebut dirasa masih kurang luas, pengguna masih dapat menyisipkan microSD dengan kapasitas hingga 256 GB.

Dengan ruang simpan baik internal maupun eksternal yang besar tersebut, pastinya pengguna akan lebih fleksibel dan mudah untuk memasukkan berbagai hal yang dibutuhkan sehari-hari ke dalam perangkat ini tanpa perlu khawatir kekurangan kapasitas.

Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa spesifikasi BlackBerry Motion pada dapur pacunya terbilang cukup sempurna.

back to menu ↑

Kamera

Terkait soal kamera pastinya kamu yang hobi berselfie tak perlu cemas dengan foto yang dihasilkan dari ponsel ini. Pasalnya, BlackBerry Motion ini mengusung kamera belakang beresolusi 12 MP dengan bukaan f/2.0 yang dilengkapi dengan phase detection autofocus dan dual-LED (dual-tone) flash yang mampu menghasilkan foto yang menawan.

Jika kamu penggemar berat selfie, untuk kamera depannya dibekali dengan resolusi 8 MP. Meskipun kamera depan dan belakang dari BlackBerry Motion ini resolusinya tidak sama, tak perlu khawatir, karena kamera depannya juga dapat mengahasilkan foto selfie atau wefie yang menawan pula.

Terkait dengan videonya, smartphone yang terkenal dengan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ini dibekali resolusi video full HD 1080p@30fps, yang mampu menghasilkan video dengan gambar yang tajam dan jernih.

Spesifikasi BlackBerry Motion ini semakin sempurna dengan berbagai fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama.

Namun sayangnya, smartphone ini belum bisa merekam video 4K. Padahal harga Blackberry Motion tergolong sangat mahal, sehingga seharusnya bisa kita gunakan untuk merekam video beresolusi lebih tinggi.

back to menu ↑

Baterai

Sesi terakhir adalah mengenai spesifikasi BlackBerry Motion dari sisi pemasok dayanya. Dari segi pemasok dayanya, smartphone ini dibekali dengan baterai Non-removable Li-Ion, sehingga pengguna dapat mencopot baterainya kapan pun yang ia mau.

Terkait besaran dayanya, baterai dari BlackBerry Motion berkapasitas 4000 mAh, yang memberikan ketahanan maksimal ketika dipakai bermain game, menonton film, dan mengakses inernet. Sangat jarang vendor lain yang mengusung perangkat kelas atas yang membekali smartphone keluarannya dengan baterai berkapasitas besar. Sehingga ini merupakan keunggulan tersendiri bagi smartphone anyar ini.

Dengan daya berukuran besar tersebut, pengguna juga tak perlu khawatir untuk membawa ponsel ini seharian, meskipun dengan daya yang tak penuh sekalipun. Perangkat ini juga dibekali pula dengan fitur fast charging yaitu Quick Charge 3.0. Sehingga pengguna tak perlu menunggu lama ketika mengisi dayanya.

Nah, dengan spesifikasi yang cukup gahar, harga Blackberry Motion dibanderol USD$ 460 atau setara dengan Rp 6,2 jutaan. Harganya memang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP BlackBerry yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

BlackBerry Motion mengusung hardware yang mumpuni dengan menggunakan sistem operasi Android v7.1 Nougat yang sering digunakan oleh perangkat premium. Walaupun tidak menggunakan OS Android terbaru, namun dapur pacunya sangat handal karena telah didukung chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dan processor tinggi Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53 serta RAM berukuran besar 4 GB, sehingga tak perlu dipertanyakan lagi kekuatan dapur pacunya. Perangkat ini juga dibekali dengan kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP yang dapat menghasilkan foto sempurna.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
7.5
Baterai
8.5
0
Kelebihan
  • Memiliki layar Full Touchscreen.
  • Dibekali RAM 4 GB dan memori internal 32 GB.
  • Tersedia baterai 4.000 mAh yang didukung chipset Snapdragon 625, sehingga daya tahan baterai sangat baik dan membuatnya bisa bertahan hampir 2 hari.
  • Dibekali kamera beresolusi tinggi pada bagian depan dan belakang.
  • Memiliki sensor pemindai sidik jari.
  • Fitur konektivitas yang tersedia cukup lengkap.
  • Memiliki kemampuan tahan air dan debu, karena dilengkapi sertifikat IP67.
Kekurangan
  • Harga terlalu mahal.
  • Tidak memiliki keyboard QWERTY.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0