Review Coolpad Cool 1 Dual: Hadirkan Setup Dual Kamera Belakang 13 MP

Sinyaliti.com – Satu lagi produk berkualitas yang diluncurkan Coolpad untuk pasar Indonesia, yakni Coolpad Cool 1 Dual. Embel-embel kata “Dual” yang berada di belakang namanya menandakan bahwa perangkat ini hadir dengan teknologi Dual Kamera di bagian belakangnya. Langkah Coolpad untuk merilis ponsel baru dengan setup Dual Kamera tampaknya karena mereka sadar betul bahwa fitur kamera ganda memang tengah menjadi tren. Sehingga Coolpad Cool 1 Dual pun turut meramaikannya.

Seperti yang telah diketahui bahwa para pengguna smartphone saat ini memang sangat eksis di sosial media. Sehingga mereka cenderung lebih tertarik pada handset yang dibekali dengan fitur kamera berkualitas. Agar bisa mendukung aktivitasnya untuk mengabadikan momen dengan hasil yang maksimal.

Selain mengusung kelebihan pada lini kamera, Coolpad Cool 1 Dual ternyata merupakan produk kedua dari seri “Cool” yang dirilis di Indonesia. Sehingga kehadirannya cukup spesial untuk meramaikan sengitnya persaingan di pasar smartphone Tanah Air. Lantas keunggulan apa saja yang istimewa dari Coolpad Cool 1 Dual ini? Kalau begitu langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Coolpad Cool 1 Dual

Desain Coolpad Cool 1 Dual

Berbicara masalah desain, kesan premium memang tampak kuat dari ponsel Coolpad Cool 1 Dual ini. Sebab hamper bodinya, kecuali bagian mukanya, dibalut dengan material metal. Sisi premiumnya makin terasa dengan hadirnya sensor Fingerprint atau pemindai sidik jari di bagian punggung tepat di bawah kamera utama. Kesan stylish pun juga dimiliki oleh ponsel ini karena hadir dengan bezel sangat tipis di kedua sisinya.

Terkait dengan dimesninya, Coolpad Dual memiliki panjang 152 mm, lebar 74.8 mm, dan tebalnya 8.2 mm, dengan bobot yang mencapai 167 gram. Selain itu, Coolpad Cool 1 Dual mengusung layar seluas 5.5 inci yang mengadopsi teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan produksi warna hingga 16 juta warna. Layar tersebut juga telah didukung dengan Multitouch, sehingga sangat responsif ketika digunakan.

Desain Coolpad Cool 1 Dual

Layarnya sendiri mampu menghasilkan resolusi Full HD Full HD 1080 x 1920 piksel yang memiliki kerapatan warna hingga 403 ppi. Sehingga mampu menghasilkan visualisasi yang tak hanya menawan, tetapi juga berkualitas. Tampilan dari spesifikasi Coolpad Cool 1 Dual juga makin cantik dengan kaca layar 2.5D Curved Glass dengan ketangguhan lapisan anti gores dari Corning Gorilla Glass. Jadi bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior dari spesifikasi ponsel Coolpad Cool 1 Dual memang memiliki desain yang elegan.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke bagian konektivitasnya. Sektor ini bisa dikatakan sudah cukup canggih dan lengkap dengan hadirnya fitur slot Dual SIM yang semakin mempermudah dalam aktivitas komunikasi. Selain itu, dukungan akses jaringan 4G LTE pada Coolpad Cool 1 Dual dengan kemampuan download data 150 Mbps dan upload data 50 Mbps juga membuat aktivitas internet menjadi semakin menyenangkan.

Coolpad pun masih mengadopsi jaringan lama GSM dan 3G HSPA, yang siap digunakan untuk berselancar ria di dunia maya ketika pengguna tak berada di jangkauan yang tercover akses 4G.

Fitur Coolpad Cool 1 Dual

Sedangkan untuk mengoptimalkan koneksi nirkabelnya, ponsel Coolpad Cool 1 Dual ini dilengkapi dengan fitur WiFi 802.11, Dual-Band, WiFi Direct, dan juga Hotspot. Pengguna pun bisa melakukan aktivitas bertukar data dengan baik lewat fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, dan USB OTG.

Bahkan, untuk kebutuhan akan pemetaan lapangan, ponsel Coolpad Cool 1 Dual ini dipersenjatai dengan teknologi A-GPS, GLONASS dan BDS. Sehingga akurasinya sangat tinggi ketika memetakan lokasi.

back to menu ↑

Performa

Sementara pada sektor dapur pacu, ponsel ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 652 yang dipadukan dengan prosesor Octa-Core sebagai bagian utama dalam pemrosesan data. Chipset ini memilik prosesor Quad Core berkecepatan 1.8 GHz Cortex-A72, sehingga performanya cukup tangguh.

Untuk sektor dapur pacu, ponsel pintar ini juga mendapatkan dukungan dua varian RAM berkapasitas 3 GB dan 4 GB yang siap mendukung aktivitas multitasking menjadi lebih lancar. Sedangkan untuk pengolahan grafisnya, Coolpad mengandalkan GPU Adreno 510 untuk menghasilkan konten visual yang berkualitas ketika digunakan untuk bermain game.

Seluruh komponen tersebut sudah berjalan di atas sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0 yang kinerjanya lebih ringan serta memiliki ketersedian fitur baru yang lebih banyak.

Perofrma Coolpad Cool 1 Dual

Coolpad juga menawarkan 2 varian memory internal dengan kapasitas 32 GB dan 64 GB untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan. Kedua memory tersebut diusung dan disesuaikan dengan RAM yang ditawarkan pula. Untuk RAM 3 GB, mengandalkan memory internal 32 GB. Sementara RAM 4 GB akan menggunakan memory internal 64 GB.

Kapasitas memori internal yang ditawarkan tersebut tentu sudah lebih dari cukup dalam menyediakan ruangan untuk mengelola file aplikasi maupun file-file hiburan. Dan dengan kapasitas ruang penyimpanan internal yang cukup luas tersebut, kebutuhan pengguna pun tentu akan cukup dapat terpenuhi.

Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki slot memory microSD. Jadi jika kamu termasuk pengguna yang suka mengkoleksi file besar, ponsel ini tidak bisa diekspansi dengan memori eksternal. Sehingga pengguna harus puas dengan kapasitas memori internal yang dimilikinya tersebut. Meskipun demikian, kapasitas memori internal tersebut pun sudah cukup untuk menunjang penyimpanan file sistem untuk menunjang kinerja komponen maupun file pribadi secara standar.

back to menu ↑

Kamera    

Daya tarik utama dari spesifikasi Coolpad Cool 1 Dual bisa ditemukan pada lini kameranya. Sebab, meskipun hadir sebagai smartphone kelas mid-range, Coolpad Cool 1 Dual memiliki kamera utama ganda dan kamera depan yang beresolusi cukup tinggi. Sehingga akan menghasilkan dokumentasi yang maksimal.

Pada bagian belakang, tersemat dua buah kamera sekaligus yang resolusinya sama, yakni 13 MP dengan aperture sebesar f/2.0. Ya, kamera ini dikolaborasikan bersama sensor kamera monochrome yang memiliki resolusi sebesar 13 MP pula. Perpaduan dua kamera pada perangkat Coolpad Cool 1 Dual ini difungsikan untuk mengambil gambar berwarna dan monokrom. Kamera juga diperlengkap dengan fitur-fitur canggih seperti PDAF, Dual Tone LED Flash, serta fokus lensa default di f/2.0, sehingga mampu menghasilkan foto yang tampak jernih, tajam, serta natural.

Selain mumpuni untuk membidik foto, kamera di bagian belakang ini juga mampu merekam beberapa jenis video 4K seperti 2160p@30fps, 1080p@30fps, dan 720p@120fps.

Kamera Coolpad Cool 1 Dual

Sementara itu, di bagian depannya terdapat sebuah kamera 8 MP, yang tak hanya bisa menghasilkan foto selfie berkualitas namun juga video 1080p. Sehingga sangat mendukung untuk aktivitas video call dan selfie.

back to menu ↑

Baterai

Samrtphone Coolpad Cool Dual sendiri telah dibekali dengan baterai berjenis Li-Ion (Lithium-Ion) dengan kapasitas 4060 mAh sebagai pemasok dayanya. Kapasitas baterai yang besar ini tentu mampu mendukung kinerja operasionalnya dengan maksimal. Bahkan pihak Coolpad sendiri mengklaim bahwa baterai ini dapat aktif hingga 300 jam. Sedangkan untuk bermain game 24 jam, menonton film 40 jam, serta mendengarkan musik 120 jam.

Sektor ini makin sempurna dengan kehadiran fitur Fast Charging untuk pengisian daya yang lebih cepat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan komponen yang canggih pada spesifikasi Coolpad Cool 1 Dual, dukungan suplai dayanya pun juga cukup memadai.

Dan jika sobat Sinyaliti ingin mengetahui lebih lengkap tentang Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Coolpad yang populer di Indonesia. Silahkan klik di sini.

7 Total Score
Good!

Dengan membawa embel-embel kata “Dual” yang berada di belakang namanya, Coolpad Cool 1 Dual mengusung kelebihan pada lini kamera yang beresolusi 13 MP. Sementara pada sektor dapur pacu, ponsel ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 652 yang dipadukan dengan prosesor Octa-Core sebagai bagian utama dalam pemrosesan data.

Desain
7
Fitur
7
Performa
7.5
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Memiliki desain sangat mewah dengan dobalut body full metal.
  • Didukung dengan fitur Fingerprint Scaner untuk menambah tingkat keamanan.
  • Sudah didukung dengan koneksi 4G LTE yang mampu akses internet sangat cepat.
  • Layar berukuran 5.5 inchi, Resolusi full HD 1080 x 1920 pixel yang membuat tampilan gambar sangat jelas.
  • Android OS v6.0 Marshmallow yang didukung banyaknya aplikasi terbaru dan fitur unggulan prosesor cepat dengan Octa-core 1.8 GHz dan Chip Snapdragon 652 yang membuat performa sangat lancar dan gahar.
  • Memiliki Dual-kamera Utama 13 MP, dual-LED flash dan perekam video kualitas Full HD.
  • Kamera depan 8MP yang sangat support untuk foto selfie dan video call.
  • Memory Internal sangat besar dengan kapasitas 32/64B,3/4GB RAM.
  • Memiliki kapasitas baterai yang terbilang cukup tangguh dengan Li-Ion 4060 mAh.
Kekurangan
  • Baterai Non-Removable, sehingga sulit untuk melepasnya.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0