Review Coolpad MAX lite: Smartphone 4GLTE Dual Sim

Sinyaliti.com – Persaingan smartphone dikelas menengah kebawah semakin sengit dengan hadirnya Coolpad Max Lite yang belum lama ini dirilis dengan harga melebihi 2 Juta Rupiah. Harganya memang cukup mahal, namun smartphone ini menawarkan beberapa fitur unggulan yang tak dimiliki smartphone sekelasnya. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Coolpad MAX lite

Desain Coolpad MAX liteHarga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Coolpad tampil dengan menawan dengan finishing metal unibody. Hmm…, tapi tak dipungkiri kalau kesan pertama saat memandang smartphone yang satu ini pasti kita akan berfirkir jika desainnya tampak begitu meniru iPhone 6. Tapi rasanya itu tak begitu masalah, karena ini bukan satu-satunya brand yang terinsipirasi dengan desain dari smartphone berlogo buah tersebut. iPhone seolah memang menjadi kiblat dari berbagai smartphone saat ini. Mulai dari kelas entry level hingga flagship.

Untuk ukuran layar 5,5 inci, ergonomisnya juga terasa cukup nyaman. Karena dimensinya juga cukup ramping yaitu sekitar 152 x 75.5 mm dengan ketebalan 7,6 mm. Namun terasa kokoh ditangan karena bobotnya juga cukup besar yaitu 170g. Secara estetika, kesan premium perangkat ini cukup dominan dan begitu presisi di tiap tepi. Semua sudut terasa sangat halus dan begitu mulus. Tiap sudut membentuk curve yang sempurna. Baik pada bagian body dan layar, tidak meninggalkan bekas sidik jari saat digenggam karena dilapisi dengan anti-coating fingerprint.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Di bagian depan layar dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass dengan permukaan melengkung 2,5D. Berada di samping sensor kamera depan terdapat sensor Ambience dan juga lampu indikator notifikasi. Tombol navigasi (menu, back, recent app) terletak di layar.

Adapun pada bagian belakang terdapat sensor kamera yang terletak di tengah atas dengan lampu LED dual flash, modul finger print di bagian tengah serta logo Coolpad di bagian bawah. Modul sensor kamera terlihat sedikit menonjol, sebaliknya sensor fingerprint sedikit cekung ke dalam. Terdapat strip antena berwarna hitam yang berada di bagian atas dan bawah. Strip ini membentang hingga ke bagian sisi kanan dan kiri perangkat.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

back to menu ↑

Fitur

Spesifikasi Coolpad Max Lite semakin menarik dengan hadirnya fitur Dual Sim yang mempermudah akses komunikasi secara online ataupun offline. Lalu ada pula konektivitas pendukung berupa Wi-Fi, Bluetooh, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Sangat disayangkan smartphone ini tak memiliki NFC dan port USB Type-C. Namun untungnya sudah ada fitur USB OTG yang bisa sobat manfaatkan untuk menambah ruang penyimpanan internet berkapasitas 16GB. Pasalnya sobat bisa menghubungkan smartphone ini ke flash disk ataupun perangkat yang mendukung USB. Lalu ada pula slot memori ekternal dengan daya tampung mencapai 32GB.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Coolpad merupakan produsen smartphone yang tak malas mengembangkan software, hal ini di buktikan dengan Cool UI yang memiliki fitur selau up to date. berikut beberapa fitur menarik dari Cool UI.

  • Kostumisasi Tema
  • Smart control yang berisi gesture dan shortcut menu
  • Cool Manager berfungsi sebagai cleaner RAM dan storage, optimalkan baterai, anti virus, memblokir sms dan telepon masuk serta mengunci aplikasi.
  • Long screen shot berfungsi untuk mengambil screenshot halaman panjang seperti halaman blog ini misal nya.

Agar privasi pengguna benar – benar aman, coolpad menyisipkan fitur sensor sidik jari pada max lite ini yang terletak di bagian bawah kamera belakang. Sensor ini berfungsi untuk membuka/mengunci layar hingga membuka aplikasi yang telah di tentukan. Respon sidik jari hp ini terbilang sangat cepat kira – kira hanya membutuhkan waktu 0,2 detik saja, hp ini mampu menampung 5 sidik jari yang berbeda.

Dual Space. Inilah fitur eksklusif yang ditawarkan Coolpad Max dan Max Lite. Fitur ini dapat membagi dua storage, satu untuk akun yang biasa Anda gunakan, satu lagi untuk akun yang lebih personal atau private. Alhasil, Anda seakan memiliki dua smartphone.

Kami sangat mengapresiasi aplikasi Cool Manager yang disertakan oleh Coolpad. Aplikasi all-in-one ini punya banyak fungsi, mulai dari mengoptimalkan RAM dan storage, melindungi aplikasi dengan password, fungi antivirus, hingga memindahkan aplikasi ke microSD.

back to menu ↑

Performa

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Semua aplikasi dan game bisa berjalan lancar, dan terhindar dari lag, sehingga sobat bisa puas menikmati konten multimedia pada layar berukuran 5.5 inci. Berpidah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya juga sangat lancar, berkat pemakain Ram 3GB dan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang dimaksimalkan oleh antarmuka CoolUI terbaru. Performa multitasking responsif dan performa gaming powerfull menjadi salah satu kelebihan yang diunggulkan smartphone ini,.

Selain layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080x1920p, perangkat ini dibekali dengan SoC Snapdragon 617 (1.5GHz Octa-Core Cortex A53 + GPU Adreno 405) sebagai dapur pacunya. Ini merupakan chipset generasi terbaru penerus Snapdragon 615 di tahun 2015 silam. Tapi tahun ini Qualcomm telah merilis SoC baru di seri Snapdragon 600 yaitu Snapdragon 650 dan 652 yang punya performa lebih berkelas.

Dimana juga telah banyak digunakan di smartphone kelas menengah keatas. Tampaknya Snapdragon 617 menjadi agak kurang menjanjikan meskipun sebenarnya performanya tetap terbilang baik. Untuk lebih lengkapnya akan diulas di uji performance. Selain itu Coolpad Max yang kami uji dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 GB serta internal memori 64 GB.

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Kamera utama 13 MP pada Coolpad Max punya mode yang lengkap. Yang jelas sobat sinyaliti bisa memotret dengan mode manual layaknya kamera DSLR. Shutter speed kameranya sebenarnya tidak terlalu cepat. Tapi terbayar dengan hasil fotonya yang cukup detail, terutama ketika dilihat melalui PC atau notebook. Kamera utamanya dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Untuk pengguna yang gemar bereksperimen, tersedia mode pro yang mengizinkan pengguna mengatur parameter pemotretan secara manual. Pengguna leluasa mengubah white balance, ISO, kompensasi pencahayaan, kecepatan rana, pemfokusan, saturasi warna, dan kontras. Rentang ISO yang dapat dipilih mulai 100 sampai 3.200, sedangkan kecepatan rana mulai 1/1000 hingga empat detik.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Max Lite

Jika ingin mendapat foto lebih tajam, sobat bisa menggunakan mode PickZoom. Proses memotret menggunakan mode PickZoom akan lebih lama karena hasilnya terlihat lebih detail ketimbang menggunakan mode biasa. Sementara itu, kamera depan Max Lite tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

back to menu ↑

Baterai

Untuk kapasitas baterai, perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 2800mAh yang siap mengalirkan daya seharian penuh ketika sobat beraktivitas. Tidak begitu besar, mengingat rata-rata smartphone berlayar 5,5 inci saat ini memiliki baterai diatas 3000mAh. Tapi kelebihan lain adalah smartphone ini juga dibekali fitur fast charging yang memungkinkan pengisian baterai dari kosong hingga penuh dengan rata-rata 1 jam. Fitur Quick Charge membuat sobat tak perlu khawatir kehabisan baterai ketika berfoto selfie ataupun bermain game. Bagaimana? Sungguh sangat menarik bukan? Tertarik memilikinya sobat sinyaliti? Klik disini. Baca Juga: Review Accessgo Gotune 3i: Desain Elegan yang Terkesan Premium, klik disini

8 Total Score
Excellent!

Coolpad Max Lite mengusung layar lebar 5,5 inci dengan resolusi HD dan teknologi panel layar IPS LCD. Yang menarik smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur canggih fingerprin sensor sebagai sistem kemananya. Smartphone ini juga didukung dengan dukungan dua buah kamera beresolusi 13 MP & 5 MP untuk memanjakan para penggila fotografi. Selain itu juga didukung dengan RAM 3 GB untuk aktifitas multitaksing berjalan lebih mulus.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Tampilan yang sangat menawan dengan balutan material full metal yang akan memberikan kesan mewah dan premium pada penggunanya.
  • Yang menarik smartphone ini dilengkapi dengan fitur Dual Space yang bisa mempunyai dua profil dalam satu ponsel. Sehingga kamu dapat memiliki 2 akun sosial media sekaligus dengan menggunakan satu smartphone saja.
  • Coolpad Max Lite juga sudah dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE untuk mengakses internet deengan cepat dan mufdah.
  • Dan untuk pengguna yang berada diluar area 4G juga diseduiakan jaringan 3G HSDPA dan 2G GPRS.
  • Tak hanya itu saja juga telah dilengkapi dengan kemampuan Dual SIM yang dapat aktif secara bersamaan.
  • Hadir dengan dukungan layar lebar 5,5 inci yang sangat nyaman digunakan untuk penavigasian menu-menu didalamnya.
Kekurangan
  • Resolusi layar sebatas HD yang dirasa masih terlalu kecil untuk ukuran layar lebar 5,5 inci.
  • Kamera depanya juga belum dilengkapi dengan LED Flash, alhasil kualitas foto selfie ditempat gelap menjadi kurang maksimal.
  • Baterai non-Removable/ menyatu dengan body, sehingga akan menyulitkan pengguna saat melakukan pergantian baterai ketika baterai rusak.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0