Review Coolpad Power: Baterai Supernya Tahan 30 Jam

Sinyaliti.com – Ada banyak sekali vendor asal Tiongkok yang berusaha menembus papan atas industri smartphone tahan air, dan salah satunya adalah Coolpad. Walaupun terbilang baru, namun Coolpad telah berhasil memasarkan berbagai tipe smartphone dengan spesifikasi cukup menarik dan harga terjangkau. Nah, salah satu smartphone terbaru yang mereka rilis di Indonesia adalah Coolpad Power. Smartphone ini hadir dengan baterai berkapasitas monter, karena dibalik bodinya telah tertanam baterai berdaya 4.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai sangat besar, Coolpad Power dijamin mampu hidup dalam waktu sangat lama. Prediksi kami, smartphone ini bisa bertahan selama 2 hari apabila dipakai pada kondisi normal. Namun untuk bermain game dan mengakses internet tanpa henti, pastinya baterai Coolpad Power akan jauh lebih boros. Selain sektor baterai, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki smartphone berlayar 5 inci ini. Nah untuk melihat apa saja kelebihannya, silahkan sobat simak informasi spesifikasi dan harga Coolpad Power berikut ini.

Spesifikasi Detail Coolpad Power

Desain Coolpad Power

Smartphone Android murah yang akan dihadirkan oleh Coolpad ke Indonesia ini memang cukup menarik. Desainnya sendiri memang terlihat simple dan seperti smartphone Coolpad pada umumnya. Ia memiliki ukuran bodi 145 x 72.2 x 8.9 mm yang terbilang tipis untuk sebuah smartphone berkapasitas baterai 4000 mAh. Ada 3 pilihan warna yang dihadirkan oleh Coolpad pada seri Powernya tersebut diantaranya Gold, Dark dan Grey.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

Berbekal ukuran layar yang cukup besar yaitu mencapai 5.0 inci serta penggunaan layar beresolusi HD yang sudah terbilang memuaskan. Ditambah tipe layar LCD yang sudah memakai teknologi IPS dan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya dalam mengoperasikan smartphone ini.

Tampilan gambar yang dihasilkan juga akan lebih padat, jernih dan tajam warnanya berkat kerapatan pixel yang mencapai 297 ppi. Sayangnya pihak Coolpad tidak menghadirkan pelindung layar tambahan seperti Corning Gorilla Glass sehingga pengguna dianjurkan untuk membeli tempered glass tambahan untuk mengantisipasi layarnya agar tidak mudah lecet dan tergores.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

Memang kehadiran layar pelindung tersebut saat ini dibutuhkan oleh setiap smartphone masa kini. Akan tetapi harga Coolpad Power yang murah dan spesifikasi lainnya yang cukup tinggi. Terpaksa membuat Coolpad harus menghilangkan fitur tersebut. Coolpad Power tersedia dalam beberapa warna yang dapat kamu pilih sesuai selera sobat sinyaliti, berikut dibawah ini diantaranya.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

back to menu ↑

Fitur

Kekurangan Smartphone ini adalah belum mendukung 4G LTE dan hanya mengandalkan jaringan WCDMA pada frekuensi 900 MHz, 1200 MHz, dan jaringan GPS pada frekuensi 900 MHZ, 1800 MHz, dan 1900 MHz. Selain itu, Coolpad juga menghadirkan fitur Dual Sim untuk mempermudah komunikasi dua arah pengguna Coolpad Power. Konektivitas lainnya tergolong standar, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Jangan harap ada NFC serta USB Type-C, karena Coolpad harus menghemat biaya produksi agar harga Coolpad Power tetap terjangkau.

Disaat smartphone entry-level berlomba-lomba menghadirkan fitur Fingerprint Sensor dan 4G LTE, Coolpad Power tampil apa adanya tanpa membawa fitur tersebut. Untungnya sudah ada baterai berkapasitas besar yang bisa menutup kekurangan tersebut. Selain itu, Coolpad juga menghadirkan sistem operasi Android Marshmallow untuk mengoptimalkan kestabilan sistem ketika smartphone ini dipakai menjalankan aplikasi ataupun game. Tak hanya itu, Coolpad Power juga menawarkan antarmuka CoolUI 8.0 yang memiliki user interface atraktif dan lebih menarik.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

Smartphone ini sudah mendukung fitur USB-OTG yang nantinya bisa sobat manfaatkan untuk menghubungkan Coolpad Power dengan flashdisk ataupun perangkat berkonektor USB lainnya. Hadirnya slot microSD menjadi jaminan ruang penyimpanan lebih lega ketika sobat menginstal aplikasi ataupun game. Selain itu, sobat bisa menyimpan file berukuran besar ke memori ekternal, sehingga tak memberati kinerja Coolpad Power yang hanya memiliki Ram berkapasitas 1GB.

Cukup disayangkan bahwa Coolpad Power masih belum mendukung sensor Gyro. Padahal pada tahun ini trend virtual reality sedang marak di Indonesia dan seluruh Dunia. Dengan minusnya kehadiran sensor Gyro pada Hp Coolpad Power maka HP tersebut tidak bisa merasakan manisnya bermain atau menonton video virtual reality.

back to menu ↑

Performa

Dari spesifikasi hardware yang didukungnya, terlihat bahwa smartphone ini hadir dengan bekalan spesifikasi yang terbilang sesuai untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Kapasitas penyimpanannya sudah memakai memori internal 16 GB yang cukup untuk menyimpan beragam aplikasi maupun game yang saat ini menjadi favorit. Lalu untuk media penyimpanan video maupun foto, sobat hargahpxiaomi.com bisa memasukkan slot microsd berkapasitas 32 GB yang terbilang lega.

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

Harga Coolpad Power memang murah sehingga spesifikasi Ram yang ia bawa masih 1 GB. Yang sudah cukup untuk membuka beberapa aplikasi sosial media dengan lancar. Berkat penggunaan sistem operasi Android Marshmallow serta tampilan antarmuka CoolUI 8.0 performa multitaskingnya akan lebih lancar dan responsive tentunya. Pengguna juga bisa mengubah tampilan sesuai dengan seleranya masing-masing. Dan lebih menariknya lagi tema yang disediakan padaCoolUI 8.0 bisa diunduh secara gratis.

Sedangkan untuk bagian dapur pacu, Coolpad Power dipersenjatai chipset Mediatek MT6735P yang didalamnya telah terpasang processor Quad Core 1.0 Ghz 64-Bit dan GPU Mali-T720MP. Melihat chipset yang dipakainya, sebenarnya Coolpad Power telah mendukung teknologi 4G LTE. Mungkin Coolpad sengaja menguncinya agar smartphone ini bisa memenuhi peraturan pemeritan terkait TKDN. Yah inilah akal-akalan berbagai vendor asing yang enggan membuat pabrik di Indonesia, sehingga mereka sengaja mengunci jaringan 4G LTE pada produk andalannya.

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

Selanjutnya untuk bagian fotografi, Kemampuan fotografinya tergolong standar, karena hanya memiliki kamera depan 2 Megapixel yang dibarengi fitur Fixed Focus. Sedangkan untuk bagian belakang, Coolpad Power mengandalkan kamera 8 Megapixel untuk mengabadikan foto ataupun video beresolusi tinggi. Resolusi videonya masih sebatas HD 720p@30fps, sehingga ketajaman videonya tergolong biasa-biasa saja. Untungnya sudah ada fitur Autofocus dan LED Flash, sehingga kamera Coolpad Power tetap bisa diandalkan untuk selfie ataupun mengabadikan momen lainnya.

Kamera belakangnya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Geo Tagging, Touch Focus, Smile Detection dan juga HDR. Kemampuan kamera belakangnya ini juga mendukung video beresolusi HD. Ponsel ini juga hanya menghadirkan beberapa sensor standart pada smartphone android diantaranya Proximity, Light dan Accelerometer. Berikut dibawah ini salah satu contoh foto yang diambil dengan Coolpad Power sobat sinyaliti

Harga, Spesifikasi, Coolpad Power

back to menu ↑

Baterai

Spesifikasi Coolpad Power dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterai tersebut diklaim bisa bertahan selama 30 jam waktu bicara, dan 400 jam massa standby. Daya tahan baterainya sangat besar, sehingga sobat sinyaliti tak perlu khawatir kehabian daya baterai ketika berkomunikasi, mengakses internet, ataupun kebutuhan mobile lainnya. Terlebih smartphone ini memakai chipset yang diklaim rendah daya. Alhasil daya tahan baterainya semakin awet dan membuatnya semakin bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan mobile setiap harinya. Tertarik memilikinya? Berikut review dalam bentuk video sobat sinyaliti. Klik disini. Baca Juga: Review Huawei Y3II: HP Mereka yang Berjiwa Muda, klik disini

8.5 Total Score

Coolpad Power menjadi salah satu smartphone terbaik yang akan dihadirkan oleh Coolpad di Indonesia, sebab Coolpad Power hadir dengan dipersenjatai baterai super besar 4000 mAh yang diklaim memiliki kemampuan bertahan hinga dua hari dalam pemakaian normal. Sementara untuk desainnya sangat menarik untuk dibandang, karena Coolpad Power di disain mengunakan bahan plastik yang dipadukan dengan layar lebar 5,0 inci IPS LCD.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
9
Kelebihan
  • Layar cukup lebar 5.0 inci yang tentunya cukup nyaman saat dioperasikan meskipun mengunakan satu tangan.
  • Telah dilengkapi pelindung layar Scratch resistant yang tentunya layar akan terlindung secara maksimal dari benturan maupun goresan.
  • Telah didukung teknologi layar IPS LCD sehinga memiliki kualitas warna lebih tajam dan juga lembut dimata.
  • Telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Sudah berjalan pada sistem operasi Android v6.0 Marsmallow
  • Memiliki kinerja cukup cepat dengan chipset MediaTek MT6735P dengan CPU Quad Core 1.0 GHz
  • Memiliki RAM 1 GB yang tentunya sangat cocok untuk multitasking banyak aplikasi
  • Dibekali Memori internal 16 GB yang dapat diperluas mengunakan slot microSD mencapai 32 GB cocok untuk menyimpan berbagai file maupun aplikasi.
  • Memiliki kamera utama 8 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED Flash yang tentunya sangat memanjakan penguna saat fotografi, karena gambar yang dihasilkan begitu tajam dan nyata.
  • Baterai besar 4000 mAh yang sangat awet saat digunakan untuk bermain game.
Kekurangan
  • Kamera depan 2 MP sedikit kurang maksimal untuk selfie
  • Kamera depan minus fitur LED Flash sehingga kurang maksimal untuk digunakan selfie pada saat malam hari.
  • Belum dilengkapi sensor gyroscope untuk vitual reality (AR).
  • Tidak dilengkapi fingerprint sensor.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0