Review Coolpad Roar Plus: Smartphone Entry Level Dengan Desain Ergonomis

Sinyaliti.com – Coolpad Mobile kembali menghadirkan smartphone versi terbaru bertajuk Coolpad Roar Plus. Seperti biasa, dengan membawa embel-embel nama “Plus”, tentu saja ada rahasia lain yang dibekalkan pada Coolpad Roar Plus ini. Untuk itu wajar apabila vendor Coolpad menyematkan beberapa spesifikasi yang berbeda. Baik apakah itu dari segi spesifikasi yang telah dimaksimalkan, atau bisa juga dari harganya yang ditekan menjadi lebih terjangkau.

Sebagai generasi penerus dari seri sebelumnya, tentu saja akan ada nilai jual tersendiri sebagai strategi pemasaran dari smartphone Coolpad Roar Plus. Sebab hal ini merupakan salah satu keunggulan bagi sebuah unit smartphone kelas menengah yang biasanya dibekali oleh komponen serta fitur-fitur mumpuni. Nah, biar gak penasaran. yuk ikuti ulasannya berikut ini.

 Spesifikasi Detail Coolpad Roar Plus

Desain Coolpad Roar Plus

Dari segi tampilan luar yang dibawa, Coolpad Roar Plus menawarkan desain minimalis dengan material plastik yang kokoh. Bentuknya agak lonjong dengan sudut yang cukup lebar pada masing-masing ujungnya. Konsep desain ini dikenal dengan gadget berdesain stylish. Namun secara konsep, ponsel Coolpad Roar Plus memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap terlihat cantik.

Untuk dimensi yang dimilikinya, smartphone ini memiliki dimensi cukup slim dengan ukuran bodi berkisar antara 133 mm x 65 mm x 9 mm. Lewat ukuran tersebut, sudah dipastikan jika Coolpad Roar Plus memiliki bodi cukup ramping sehingga nyaman pada saat digenggam.

Desain Coolpad Roar Plus

Beralih pada bagian layar, Coolpad Roar Plus dibekali dengan layar jenis IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentangan mencapai 5.0 inci. Layar kapasitif tersebut juga memiliki corak sebanyak 16 juta warna. Layar tersebut sanggup menampilkan gambar dengan kualitas layar Full HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar sebesar 294 ppi.

Meskipun layar pada Coolpad Roar Plus masih mengusung resolusi FWVGA, tapi tak perlu khawatir! Sebab layarnya ini telah dilengkapi teknologi OGS (One Glass Solution). Sehingga pengoperasiannya akan tetap nyaman di mata, meskipun berada di bawah sinar matahari langsung. Kemudian untuk layarnya juga sudah didukung dengan teknologi Fingerprint sensor yang terletak tepat di bawah kamera utama.

Namun sayangnya, ponsel pintar ini belum dilengkapi dengan pelapis layar anti gores. Sehingga untuk memberikan perlindungan maksimal, pengguna dianjurkan untuk memasang proteksi layar sendiri. Bagaimana, tentu spesifikasi Coolpad Roar Plus ini cukup oke kan untuk sebuah smartphone kelas menengah?

back to menu ↑

Fitur

Layaknya smartphone modern, spesifikasi Coolpad Roar Plus juga membawa komponen untuk mendapatkan konektivitas terbaik dari jaringan paling baru di era saat ini. Smartphone yang satu ini memiliki bekal konektivitas yang lengkap mulai dari konektivitas seluler sampai konektivitas non-seluler. Coolpad Roar Plus pun juga sudah mendukung fitur Dual-SIM GSM yang bisa digunakan stand-by berbarengan.

Pada bagian konektivitas selulernya, Coolpad menghadirkan teknologi koneksi terbaik yang ada saat ini. Perusahaan asal Tiongkok itu membekali ponsel ini dengan teknologi jaringan data 4G LTE sebagai jaringan utamanya. Sehingga pengguna bisa menikmati akses internet hingga mencapai 150 Mbps untuk keperluan download, dan 50 Mbps untuk upload.

Tak hanya jaringan 4G LTE saja yang menghadirkan kecepatan akses internet, Coolpad Roar Plus juga dibekali dengan pilihan jaringan alternatif, mulai dari jaringan GSM hingga 3G HSPA. Keberadaan jaringan alternatif tersebut sangat berguna untuk pengguna yang saat ini berada di lokasi tanpa jangkauan 4G LTE.

Coolpad Roar Plus

Kemudian, fitur-fitur koneksi jarak dekat juga telah ada pada perangkat ini, mulai dari fitur WiFi, Bluetooth v4.1 dan juga Hotspot. Untuk mentransfer data, juga bisa memanfaatkan keberadaan slot microUSB Type-C dan USB OTG yang sudah ada pada perangkat ini.

Sementara untuk keperluan navigasi, terdapat teknologi navigasi A-GPS. Meskipun masih standar, namun masih sanggup membantu melakukan pemetaan lokasi.

back to menu ↑

Performa

Kini saatnya membahas bagian jeroan mesin yang menjadi sektor terpenting sebagai penunjang performanya. Meski smartphone ini menyasar segmentasi konsumen kelas menengah, namun dapur pacu smartphone ini tetap mampu menghasilkan kinerja yang cukup gahar. Ya, mesin Coolpad Roar Plus ini digawangi oleh prosesor Mediatek MT6580 yang memiliki delapan inti CPU. Atau biasa disebut dengan teknologi Quad-Core yang berkecepatan 1.3 GHz Cortex-A7.

Sementara prosesor yang ada pada Coolpad Roar Plus didukung oleh RAM 1 GB. Kapasitas RAM tersebut tentunya juga mampu membuatnya menjalankan proses kerja multitasking, meskipun untuk keperluan yang wajar.

Lalu untuk sektor grafis, kali ini Coolpad melengkapi ponsel pintar ini dengan GPU jenis Mali-400MP2. Kehadiran kartu pengolah grafis dari Mali tersebut mampu menghasilkan display atau tampilan grafis lebih menarik. Tak ketinggalan, ponsel juga disuguhkan dukungan platform OS Android Lollipop v5.1 yang berjalan sempurna sebagai sistem operasi pada Coolpad Roar Plus. Meskipun spesifikasinya belum membawa versi terbaru, namun versi 5.1 ini juga memberikan fitur yang tak kalah menarik.

Coolpad Roar Plus

Sementara untuk memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan, Coolpad menyediakan ruang simpan yang cukup luas. Kapasitas memori yang memadai memang sangat penting, karena hal ini berhubungan dengan kinerja olah datanya. Meski merupakan ponsel pintar kelas menengah, namun Coolpad Roar Plus tetap dibekali dengan kapasitas internal memory yang sangat longgar.

Guna memenuhi kebutuhan pengguna gadget modern, ponsel pun dibekali dengan internal memory berkapasitas 8 GB. Kapasitas internal memory sebesar itu sudah cukup untuk mengakomodasi fiile-file atau data yang berukuran besar.

Pengguna juga dapat menyimpan file audio video, file aplikasi, atau data penting lainnya. Dan juga tak perlu khawatir lagi kehabisan memori atau ruang penyimpanan, karena ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD guna menambah kapasitas memory-nya. Pasalnya, spesifikasi Coolpad Roar Plus pada bagian memori ini memiliki slot microSD sebagai tambahan ruang penyimpanan file hingga kapasitas 32 GB. Cukup besar bukan?

back to menu ↑

Kamera

Selanjutnya, pembahasan pada spesifikasi bagian kamera. Sebab saat ini fitur kamera sudah menjadi bagian wajib untuk sebuah smartphone. Layaknya smartphone kelas atas, ponsel pintar terbaru racikan Coolpad ini dibekali dengan kamera utama berkekuatan 5 MP.

Meski kekuatan lensanya terhitung standar, namun kamera utama ini cukup mampu menghasilkan jepretan foto yang baik. Apalagi kamera primer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. So, mau mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya? Tak usah ragu lagi! Selain fungsi fotografi, kamera pada ponsel juga mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi 1080p pada 30fps.

Coolpad Roar Plus

Kemudian, sebagai pelengkap kebutuhan kamera modern, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 2 MP. Dengan kamera yang disematkan dalam spesifikasi Coolpad Roar Plus tersebut, pengguna bisa melakukan video call atau berselfie ria dengan kualitas gambar yang cukup bagus.

back to menu ↑

Baterai

Untuk memenuhi segala kebutuhan dari spesifikasi Coolpad Roar Plus pada tiap-tiap sektornya, maka ponsel pun sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup memadai. Baterai pada ponsel ini menggunakan jenis baterai Removable Li-Ion yang memiliki kapasitas sebesar 1800 mAh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, diharapkan ponsel mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang, asal dengan penggunaan normal dan sewajarnya. Dan apabila masih meragukan kapasitas baterai tersebut, tentunya pengguna perlu membawa powerbank sebagai senjata bantuan dikala sekarat akan daya. Nah, jika kamu ingin mengetahui tentang Harga dari Coolpad Roar Plus, silahkan klik di sini.

7 Total Score
Good!

Dengan membawa embel-embel nama “Plus, ponsel Coolpad Roar Plus hadir membawa prosesor Mediatek MT6580 dengan teknologi Quad-Core yang berkecepatan 1.3 GHz. Coolpad Roar Plus juga didukung oleh RAM 1 GB untuk menjalankan proses kerja multitasking. Sementara untuk menjalankan semua sistem operasinya, ponsel disuguhkan dukungan platform OS Android Lollipop v5.1 yang berjalan sempurna.

Desain
7
Fitur
7.5
Performa
7.5
Kamera
7
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Dibandrol dengan harga yang relatif sangat terjangkau.
  • Sudah dapat tersambung di jarngan 4G LTE.
  • Mengusung layar berukuran 5.0 inc dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors.
  • Kualitas layar HD dengan rasio 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density).
  • Menggunakan Chipset MediaTek MT6735P, Prosessor Quad Core berkecepatan 1.0 Ghz dan GPU mali T720.
  • Menggunakan OS v6.0 Android Marshmallow.
Kekurangan
  • Belum adanya dukungan LED Flash pada kamera depan.
  • Material bodi masih menggunakan poly carbonate.
  • Belum dibekali dengan perlindungan layar.
User Rating: 3 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0