Review Evercoss Genpro X: Smartphone Entry Level Pertama Yang Dilengkapi Fingerprint Sensor

Sinyaliti.com – Tampaknya persaingan dunia teknologi tak hanya didominasi oleh vendor asal Korea dan Tiongkok saja. Pasalnya, kini sebuah perusahaan teknologi asal Tanah Air yang didirikan pada tahun 2008 di Jakarta, Evercoss Mobile, mulai bisa bermain mengimbangi dominasi perusahaan-perusahaan asal Korea dan Tiongkok tersebut. Kali ini kita akan membahas mengenai Evercoss Genpro X, yang merupakan produk smartphone terbaru dari vendor gadget Anak Negeri.

Nama Evercoss sendiri bukanlah nama baru di belantika dunia gadget. Namun, invasi Evercoss ke pasar gadget dunia memang tak seagresif Samsung atau Lenovo. Dan setelah lama tak terdengar namanya, kini Evercoss kembali menggebrak pasar gadget dengan ponsel pintarnya yang mulai dipasarkan secara global, termasuk di Indonesia sendiri.

Nah, untuk lebih detailnya, kita akan membahas mengenai spesifikasi dari Evercoss Genpro X ini. Yuk, simak!

Spesifikasi Detail Evercoss Genpro X

Desain Evercoss Genpro X

Tampilan fisik yang menarik memang menjadi sangat penting. Karena biasanya konsumen gadget akan mempertimbangkan tampilan fisik suatu smartphone, selain tentunya fitur dan juga performanya. Smartphone Evercoss Genpro X hadir dengan tampilan fisik yang fresh khas anak mudah. Lewat desain compact yang dibalut cassing beraksen cantik dengan list chrome yang hadir dalam pilihan warna black, white, dan gold yang membuatnya nampak begitu cantik.

Untuk bagian visual, Evercoss Genpro X mengusung layar berukuran luas 5 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan mencapai 294 ppi. Untuk ukuran layar 5 inci, resolusi tersebut memang rendah. Jadi tampilan visual smartphone ini tak akan terlalu tajam, namun tetap enak dipandang mata. Namun saying, meskipun layarnya sudah didukung oleh fitur Multitouch yang lebih responsif, tetapi belum dibekali dengan sistem proteksi layar. Sehingga pengguna harus memasang lapisan anti gores sendiri agar layarnya lebih aman.

Desain Evercoss Genpro X

Sisi menarik dari smartphone Evercoss Genpro X ini adalah sudah dilengkapinya dengan sensor pemindai sidik jari atau Fingerprint Sensor. Menarik! Mengingat ponsel pintar ini merupakan ponsel yang ditujukan untuk segmen entry-level dan dijual dengan harga yang cukup murah. Itulah sebabnya Evercoss Genpro X diklaim sebagai smartphone murah pertama di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari.

back to menu ↑

Fitur

Melihat kemampuan spesifikasi Evercoss Genpro X di bagian konektivitas. Sebagai ponsel  kelas menengah ke bawah, smartphone ini hadir dengan kemampuan yang tinggi di sektor koneksi. Tak tanggung-tanggung dalam memberikan bekalan spesifikasi, Evercoss Genpro X terkoneksi super cepat melalui jaringan 4G LTE Cat9 yang menjadi garda terdepan di sektor akses internet.

Bahkan dengan kemampuan canggih yang diusung tersebut, Evercoss Genpro X mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Sementara itu, untuk kecepatan uploadnya berjalan hingga 50 Mbps.

Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 3G yang sudah ada pada smartphone ini. Dimana dengan melalui jaringan koneksi HSPA, ponsel mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 42.2 Mbps. Sementara itu, untuk kecepatan uploadnya berjalan hingga 5.76 Mbps.

Fitur Evercoss Genpro X

Evercoss Genpro X juga menyediakan teknologi WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual-Band, WiFi Direct, dan Hotspot yang membuat tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data.

Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Bluetooth 4.0, A2DP, dan juga slot microUSB serta USB Host. Keperluan navigasi pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Evercoss Genpro X dengan memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah ada pada smartphone ini.

back to menu ↑

Performa

Meski tampil sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, namun ternyata ponsel pintar ini memiliki komponen hardware yang cukup berkualitas. Pada bagian inti mesinnya, Evercoss Genpro X hadir dengan tenaga dari chipset Qualcomm Snapdragon 212. Hal ini pastinya sangat menarik, karena biasanya smartphone kelas pemula hanya dibekali dengan chipset selain Snpadragon. Jadi dengan hadirnya chipset Snapdragon tersebut, performa ponsel akan sangat tertolong.

Apalagi di dalam chipset tersebut telah disematkan CPU Octa-Core Corex A-7 yang memiliki kecepatan akses 1.3 GHz. Sehingga kombinasi perangkat keras di dalam jantung dapur pacu ponsel ini akan menghadirkan kinerja mesin yang tangguh dan stabil. Selain prosesor yang cukup baik, smartphone ini juga memiliki RAM berkapasitas 2 GB. Meski kapasitasnya berukuran sedang, namun ini akan sangat membantu dalam hal pengolahan datanya.

Selain itu, kemampuan multitasking dari Evercoss Genpro X pun sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ponsel ini sudah dibekali dengan kartu pengolah grafis atau GPU jenis Andreno 304. Dimana kehadiran GPU tersebut akan meningkatkan kemampuan olah grafis pada smartphone. Sementara untuk ruang mesin, akan digawangi oleh sistem operasi besutan Google, yaitu OS Android Marshmallow v.6.0.

Perform Evercoss Genpro X

Di sektor storage atau ruang penyimpanan file, smartphone ini tampil gahar dengan dibekali memori internal berkapasitas 16 GB. Sebenarnya untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah, kapasitas memori sebesar 16 GB sudah cukup besar. Kapasitas memori internal pada Evercoss Genpro X ini sudah cukup untuk menampung kebutuhan penyimpanan file sistem dan juga file aplikasi.

Namun jika menginginkan kapasitas memori yang lebih luas, ada baiknya jika menggunakan slot microSD yang tersedia pada Evercoss Genpro X ini. Sebab slot microSD tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengekspansi storage pada ponsel, dengan menggunakan external memori. Terlebih. slot external memory yang tersedia dalam Evercoss Genpro X mampu menampung microSD hingga kapasitas 256 GB. External memory ini bisa digunakan untuk menyimpan file-file pribadi seperti lagu MP3 atau foto-foto.

back to menu ↑

Kamera

Selanjutnya, kita akan mengupas spesifikasi Evercoss Genpro X di bagian kameranya. Untuk smartphone kelas menengah ke bawah, smartphone terbaru racikan Evercoss ini hanya dibekali dengan perangkat kamera sederhana. Namun perangkat kamera yang dimiliki oleh Evercoss Genpro X tetap fungsional dan pastinya bisa diandalkan untuk merekam setiap momen berharga.

Untuk kamera utamanya, smartphone ini dipersenjatai dengan kamera berukuran 13 MP dengan resolusi lensa sebesar 3264 x 2448 pixels. Kamera utama pada Evercoss Genpro X ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus dan juga LED Flash. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang cukup baik, kamera utama ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi sebesar 1080p@30fps. Hasil rekaman videonya pun tak terlalu mengecewakan.

Kamera Evercoss Genpro X

Sementara itu, untuk bagian depannya, Evercoss Genpro X memiliki kamera sekunder berukuran 8 MP. Kamera tersebut bisa digunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call. Jadi, meski spesifikasi Evercoss Genpro X di bagian kamera tidak memiliki perangkat yang canggih, namun kedua kamera tersebut masih sangat fungsional.

back to menu ↑

Baterai

Pada bagian yang suplay daya, sepertinya Evercoss menyadari bahwa smartphone racikannya ini memiliki komponen-komponen hardaware yang butuh suplay daya besar. Meski sebenarnya komponen tersebut merupakan komponen kelas menengah ke bawah. Untuk itu, Evercoss Genpro X pun dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar. Tercatat, Evercoss menanamkan baterai jenis Li-Po berkapasitas 2650  mAh pada smartphone ini.

Dengan kapasitas mencapai 2650 mAh, Evercoss Genpro X akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, bisa mencapai 500 jam saat stand-by di jaringan 3G. Namun hal itu harus dengan catatan bahwa smartphone ini digunakan secara normal.

Sudah puas dengan pembahasan spesifikasinya? Jika sudah,berapa kira-kira harga smartphone Evercoss Genpro X ini? Nah, jika sobat sinyaliti tertarik, bisa klik di sini.

7.5 Total Score
Good!

Setelah lama tak terdengar namanya, kini Evercoss kembali menggebrak pasar gadget dengan ponsel terbarunya, Evercoss Genpro X. Lewat desain compact yang dibalut cassing beraksen cantik, Evercoss Genpro X hadir melalui jaringan 4G LTE Cat9 yang menjadi garda terdepan di sektor akses internet dan berbagai fitur-fitur canggih lainnya. Tak ketinggalan smartphone ini dipersenjatai dengan kamera berukuran 13 MP.

Desain
7.5
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7.5
Baterai
7
Kelebihan
  • Harga terjangkau dengan spesifikasi cukup tinggi dan fitur cukup lengkap.
  • Layar HD dengan lapisan kaca 2.5D, makin cakep.
  • Internetan ngebut dengan jaringan 3G dan 4G LTE.
  • Modul keamanan canggih dengan sensor fingerprint sensor.
  • Sensor cukup lengkap.
  • Penyimpaan internal cukup besar, bisa di perluas melalui microSD hingga 256 GB.
  • RAM lega.
  • Performa cukup memumpuni dengan harga 1 jutaan.
  • Kamera depan dan belakang di lengkapi LED Flash.
  • Bisa rekam video berkualitas tinggi dengan resolusi Full HD.
Kekurangan
  • Kapasitas baterai kecil, namun masih bisa dimaafkan karena harganya sangat terjangkau.
User Rating: 3 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0