Review Evercoss U60: Smartphone Full-Screen Dengan Harga Terjangkau

Sinyaliti.com – Produsen smartphone lokal, Evercoss, tampaknya tak ingin kalah dengan produsen gadget asing. Terbukti, Evercoss meluncurkan smartphone terbarunya yang bertajuk Evercoss U60. Smartphone ini hadir dengan membawa fitur layar penuh atau full-screen yang merupakan tren baru di tahun 2018 ini.

Tak hanya mengandalkan layar full-screen saja, namun Evercoss juga melakukan konversi layar full-screen dari smartphone mahal menjadi smartphone dengan harga yang terjangkau. Tentu saja hal ini menjadi salah satu keunggulan menarik yang hanya didapatkan pada ponsel lokal ini.

“Inilah selling point Evercoss U60, smartphone brand nasional pertama yang mengadopsi fitur premium, yaitu layar full-screen dan harga terjangkau.”, ujar Suryadi Willim, selaku Marcomm Manager Evercoss, dalam keterangan persnya pada hari Rabu (10/1/2018) lalu.

Hanya saja, mengingat harganya yang sangat murah, maka tak heran jika ada beberapa spesifikasi yang kurang greget. Misalnya saja, kapasitas RAM yang masih berukuran 1 GB serta kapasitas internal yang juga masih sebesar 8 GB.

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi dari Evercoss U60 di sektor lain? Penasaran dengan spesifikasi dan harga Evercoss U60 ini? Untuk lebih mengetahuinya secara lengkap, yuk kita simak bersama ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Evercoss U60

Desain Evercoss U60

Untuk urusan desain, smartphone Android ini hadir dengan desain yang stylish nan elegan. Bodinya berpadu material metal dan plastik yang menawarkan empat varian warna, yakni Blue, Gold, Black, dan Gray. Alhasil, tampilan luar smartphone ini tampak terlihat lebih mewah dengan sudut berkilau dan memiliki lengkungan halus di setiap sudutnya.

Sementara itu, dibalik murahnya harga yang dibanderol, smartphone ini memiliki layar seluas 5.7 inci dengan resolusi yang masih tergolong rendah, yaitu hanya 480 × 960 piksel saja.

Evercoss U60

Layar tersebut sudah mengadopsi panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi HD+ yang memiliki aspek rasio 18 : 9, yang membuat smartphone ini terasa sangat optimal saat digunakan untuk gaming ataupun menonton video. Hal ini disebabkan layar yang ada pada smartphone mampu menampilkan akurasi gambar hingga 12,5 persen.

Layar tersebut juga memiliki kedalaman 16 juta warna. Permukaan layarnya pun telah mendukung kemampuan multitouch yang cukup responsif. Evercoss U60 juga mengusung teknologi fingerprint scanner.

back to menu ↑

Fitur

Mengulas sektor jaringan dan konektivitas yang ada pada spesifikasi Evercoss U60. Perusahaan telah membekalinya dengan dukungan konektivitas 2G GSM, 3G HSDPA, dan juga jaringan 4G LTE pada ponsel buatannya ini.

Sehingga sangat memungkinkan bagi pengguna untuk beraktivitas seluler maupun berselancar di dunia maya saat digunakan untuk browsing atau streaming YouTube dengan lebih cepat, ringan, dan tentunya membuat akses internet menjadi ngebut dengan speed HSPA Plus 42/5.7 Mbps hingga LTE Cat4 150/50 Mbps.

Selain itu, untuk jaringan dan konektivitas, smartphone Full-View pertama dari vendor lokal ini telah dibenamkan dua slot SIM Card untuk fitur Dual-SIM yang dapat siaga dengan dua kartu secara bersamaan.

Sedangkan untuk konektivitas jarak dekat, smartphone mengandalkan WiFi dan Hotspot yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan sinyal internet atau memancarkan sinyal internet secara gratis.

Sedangkan untuk aktivitas transfer data, perusahaan telah membekalkan phablet ini dengan Bluetooth dan microUSB Type 2 serta OTG. Di sisi lain, untuk sistem navigasinya, smartphone ini masih mengandalkan A-GPS yang cukup akurat dalam memberikan informasi mengenai pemetaan lokasi.

Dengan demikian, spesifikasi Evercoss U60 pada sektor jaringan dan konektivitasnya bisa dikatakan sudah cukup mumpuni dan modern.

back to menu ↑

Performa

Meski secara teknis tak secanggih ponsel premium, namun dengan bekalan komponen yang dibawanya dipastikan akan memberikan performa cukup tangguh. Disebutkan, untuk chipsetnya sendiri perangkat ini menggunakan processor Quad-Core berjenis Cortex-A53 dan memiliki kecepatan 1.3 GHz yang cukup menjanjikan, sehingga mampu menghasilkan performa yang cukup gahar di kelasnya.

Sementara itu, guna menunjang tingkat keresponan sistem kinerja operasionalnya, maka Evercoss pun melengkapi U60 ini dengan RAM 1 GB serta kapasitas internal yang juga masih sebesar 8 GB untuk penyimpanan datanya. Yang membuat phablet ini dapat menjalankan aplikasi atau game secara lancar.

Meski tampaknya masih terbilang kurang greget, namun tawaran memori internal tersebut sudah cukup memadai untuk menunjang penyimpanan di kelas perangkat entry-level. Bahkan, sektor penyimpanan yang diusung perangkat Evercoss ini juga masih bisa diperluas kembali dengan menggunakan microSD hingga 32 GB.

Tentu dengan keberadaan memori internal dan memori eksternal berupa microSD, seluruh file ataupun aplikasi yang kamu butuhkan akan seluruhnya tertampung di ruang simpan.

Untuk memajukan perusahaan ke depannya, di kuartel pertama awal tahun 2018 ini, Evercoss pun menyematkan beragam spesifikasi lebih up to date seperti hanya dari segi sistem operasi yang sudah menjalankan sistem operasi Android v7.0 Nougat dengan balutan user interface menarik khas Evercoss.

Dengan sistem operasi terbaru ini, diharapkan dapat memberikan tampilan antarmuka menjadi jernih dan menarik. Sedangkan untuk urusan tampilan grafik, smartphone ini telah disematkan GPU Mali.

back to menu ↑

Kamera

Menginjak ke segmen berikutnya, kita akan mengulas sisi fotografi yang dibawa Evercoss U60. Dimana fitur yang dibawa ponsel buatan lokal ini memang tak kalah dengan beberapa produk buatan pabrik asing.

Meski tak secanggih dengan ponsel di segmen menengah, namun fotografi yang diusung perangkat ini terbilang sudah cukup mumpuni. Pasalnya, smartphone telah didukung dengan kemampuan dual-camera belakang dengan konfigurasi 8 MP + 2 MP, yang dilengkapi pula oleh LED Flash dan juga autofocus.

Maka sudah dapat dipastikan bila smartphone ini akan memberikan bidikan foto yang cukup memukau. Sebab, smartphone U60 ini dapat memotret dengan wide-angle atau dapat mengambil gambar dengan objek area yang lebih lebar.

Apalagi dual-camera belakang tersebut sudah didukung oleh sejumlah fitur pendukung seperti LED Flash dan autofocus yang terpasang. Sehingga hasil foto yang diambil pun akan lebih optimal dan cerah, meski dalam kondisi yang kurang cahaya (malam hari).

“Kelebihan tersebut membuat kami yakin bila Evercoss U60 akan disambut antusias oleh konsumen di Tanah Air.”, ujar Suryadi dengan optimis.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan kemampuan dual-camera belakang ini untuk mengabadikan momen berharga dengan video berkualitas Full HD atau 1080p@30fps. Hasil rekaman videonya pun cukup atraktif dan menawan.

Sementara di bagian depan bodinya telah tertanam kamera bersolusi 8 MP, yang juga didukung dengan LED Flash untuk memanjakan para penggila foto selfie di Indonesia.

back to menu ↑

Baterai

Dari segi kapastitas baterai untuk menyuplai kebutuhan daya dari pada Evercoss U60, pabrikan lokal ini membenamkan sebuah baterai berkapasitas besar dari jenis Li-Ion (Lithium Ion) yang memiliki kapasitas 3,300 mAh yang dapat dilepas (Removeable). Bahkan Evercoss mengklaim bahwa baterai ini mampu bertahan selama 12 jam meskipun digunakan untuk bermain game.

Jika melihat dan membandingkan antara spesifikasi yang diusung U60 dengan kapasitas baterai yang disediakan tersebut, sepertinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan akan suplai dayanya.

Evercoss U60 yang hadir sebagai smartphone full-screen pertama Evercoss ini dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan saja.

 

*Sinyaliti.com juga menyaajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Evercoss yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7 Total Score
Good!

Evercoss mobile sebagai brand ternama lokal menawarkan Evercoss U60 dengan harga sangat murah. Ditempatkan pada segmen entry-level, ponsel ini dikemas dengan konsep full-screen Display berasio 18 : 9. Menariknya, ponsel ini dibekali dual-camera 8 MP + 2 MP di sisi belakang, yang didukung pula fitur Autofocus dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan beresolusi 8 MP + LED Flash. Evercoss U60 juga ditenagai oleh CPU quad-core 1,3 GHz berjenis Cortex-A53 dan dimaksimalkan oleh RAM 1 GB. RAM tersebut dikolaborasikan dengan memori internal 8 GB yang bisa ditambah menggunakan MicroSD hingga 32 GB. Sementara dari segi sistem operasinya sudah menjalankan Android v7.0 Nougat dengan user interface menarik.

Desain
8
Performa
7.5
Fitur
7.5
Kamera
7.5
Baterai
8
PROS
  • Tampil kekinian dengan aspek ratio 18:9.
  • Adanya konektifitas 4G LTE Cat 4 yang memiliki kecepatan mencapai 150/50 Mbps.
  • Dual SIM yang mampu beroperasi secara bersamaan.
  • Streaming ataupun bermain game akan semakin dimanjakan dengan layar IPS berdiameter 5,7 inchi.
  • Sudah menggunakan OS versi terbaru, yaitu 7.1 Nougat.
  • Performa cukup bisa diandalkan dengan CPU Quad core 1,3 GHz Cortex A53 yang ditopang RAM 1 GB.
  • Memory internal kapasitas lebih lega, yaitu 8 GB yang disupport microSD hingga 32 GB.
  • Dual-camera utama beresolusi 8 MP + 2 MP lengkap dengan LED Flash dan Autofocus.
  • Kamera depan beresolusi 8 MP untuk Selfie dan video call.
  • Baterai berkapasitas 3300 mAh.
  • Dilengkapi dengan Fingerprint Sensor.
CONS
  • Tidak ada pelindung layar.
  • Performa biasa saja, tidak begitu istimewa.
  • Baterai tidak dilengkapi Fast Charging.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password