Review Huawei GR3: Versi Ekonomis Huawei GR5

Sinyaliti.com – Setelah resmi memperkenalkan Huawei GR5 beberapa waktu yang lalu nampaknya Huawei belum puas jika mengeluarkan smartphone terbaru hanya dalam jumlah yang sedikit, terbukti dengan diperkenalkannya kembali smartphone yang akan mengisi kasta kelas menengah kebawah bernama Huawei GR3. Huawei menjadi salah satu smartphone yang sangat dinantikan oleh para pecinta gadget smartphone diseluruh negara karena memang kualitas nya yang sangat terjamin dan harganya yang tidak terlalu mahal namun dibekali dengan spesifikasi yang tinggi.

Seperti pada Huawei GR3 ini, smartphone ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi seperti processor berkekuatan Octa Core dari Mediatek serta didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB yang akan menjadi modal utama bagi performa smartphone ini, untuk menarik minat masyarakat terhadap smartphone Huawei GR3, Huawei telah membekali smartphonenya dengan kamera utama berkekuatan 13 megapixel yang siap menghasilkan foto dengan kualitas tinggi berkat segudang fitur pendukung didalamnya. Masih banyak kelebihan yang dibawa oleh smartphone ini. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Huawei GR3

Desain Huawei GR3

GR5 mengusung desain all metal. Tersedia dalam varian silver dan gold, keduanya tampil sama menawannya. Untuk pengujian kali ini kami menggunakan varian berwarna silver dengan variasi putih. Pada varian berwarna silver ini, sisi depan smartphone pun menggunakan warna putih. Sisi muka yang berwarna putih ini memang sedikit mengurangi kesan mewah pada varian silver. Lucunya, varian gold menggunakan sisi layar tetap berwarna gold/emas. Jadi, bagi yang menyukai penampilan lebih elegan, varian dengan warna gold akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

 

Di sisi depan atas terlihat jajaran sensor, kamera (5 megapixel) dan speaker. Cukup menarik, mengingat GR3 menggunakan kamera yang sama sepsifikasinya dengan GR5. Pada sisi kanan smartphone ini tersedia 2 tombol: volume dan power. Hanya pada sisi ini saja lah Sobat Sinyaliti akan menemukan tombol pengaturan untuk GR3.

Slot MicroSD dan MicroSIM tersedia di sisi kiri. Berbeda dengan GR5, Huawei GR3 ini menggunakan kombinasi slot atau yang sering disebut combo. Jadi, opsinya adalah menggunakan 2 microSIM atau 1 microSIM dan 1 MicroSD. Pengguna tidak bisa menggunakan 2 microSIM dan 1 mMicroSD secara bersamaan.

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

Di sisi atas terdapat audio jack dan hanya audio jack saja. GR3 memang cenderung terlihat sederhana. Sisi belakang smartphone ini menampilkan 2 komponen penting dari GR5: kamera dan finger print reader. Sementara itu, finger print reader-nya menjanjikan kemampuan respon cepat 0.5 detik. Cukup cepat untuk smartphone kelas mid-end. Uniknya, finger print reader ini pun bisa dimanfaatkan untuk beragam fungsi lain. Sementara itu, berbeda dengan GR5, smartphone yang lebih murah ini memiliki speaker utama yang menghadap ke arah belakang.

back to menu ↑

Fitur

Huawei GR3 telah dibekali dengan konektifitas lengkap yaitu sudah dibekali Dual SIM yang terdiri dari Micro SIM dan Nano SIM. Bekalan dual sim tersebut akan membantu para pengguna Huawei GR3 lebih mudah melakukan komunikasi dengan keluarga dan rekan kerja. Huawei GR3 sudah dibekali kapasitas memori internal seluas 16 GB. Memori internal Huawei GR3 seluas itu masih bisa diperluas lagi menggunakan memori eksternal jenis microSD hingga kapasitas maksimum 32 GB. Namun disayangkan slot microSD sama dengan slot sim 2 sehingga keduanya tidak dapat digunakan bersamaan.

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

Smartphone GR3 juga sudah dibekali dengan koneksi data GPRS dan EDGE yang sudah didukung dengan jarngan 2G GSM. Koneksi data tersebut dapat digunakan sebagai pengganti jaringan 3G ataupun 4G untuk mengakses internet. Ponsel cerdas Huawei GR3 juga sudah dibekali dengan beberapa fitur serta konektifitas lain yang nantinya akan membantu mempermudah para pengguna GR3 dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Smartphone GR3 sudah dibekali dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan juga USB.

back to menu ↑

Performa

Tak hanya akan menampilkan desain dan tampilan yang cemerlang untuk memanjakan para penggunanya. Kelebihan Huawei GR3 juga terasa pada bagian dapur pacunya yang akan menghadirkan sejumlah komponen tangguh. Berbekal chipset MediaTek MT6753T 64-bit, GR3 juga bakal dimotori oleh otak prosesor dengan CPU delapan inti Cortex-A53 yang mampu menghadirkan clock speed hingga mencapai 1.5 GHz. Hal tersebut tentunya akan menjadi modal yang penting untuk Huawei GR3 dapat menyuguhkan performa yang kian maksimal dan dapat diandalkan.

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

Guna memenuhi kebutuhan gaming para pecinta video game pada platform android, Huawei GR3 menanamkan prosesor grafis Mali-T720MP3 yang terbukti piawai menghadirkan grafik game yang menarik. Didukung pula dengan memori utama berupa RAM seluas 2 GB yang akan menampung berbagai data dari program yang sedang dijalankannya, Huawei GR3 siap menghadirkan proses multitasking yang lancar. Sehingga, sobat sinyaliti tak perlu menutup aplikasi yang berjalan dilator belakang terlebih dahulu untuk memainkan game berat.

Sementara untuk membantu sobat mengamankan berbagai file penting pada Huawei GR3, smartphone yang satu ini akan menawarkan memori internal dengan kapasitas penampungan hingga mencapai 16 GB. Meskipun ukuran tersebut sudah terbilang cukup besar, tampaknya Huawei GR3 juga bakal menyediakan slot memori eksternal untuk menambahkan kapasitas penyimpanan tambahan. Dengan slot tersebut, Huawei GR3 diklaim mampu menampung memori microSD dengan kapasitas maksimal hingga mencapai 32 GB. Sehingga, soal penyimpanan tak akan lagi menjadi masalah untuk Huawei GR3.

back to menu ↑

Kamera

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

Pada sektor fotografi sobat sinyaliti akan dimanjakan dengan kamera utama yang memiliki lensa berkekuatan 13 megapixel terletak pada bagian belakang lengkap dengan autofocus dan LED Flash nya, walapun harga Huawei GR3 ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal namun sobat akan puas dengan hasil kameranya yang sangat terjamin hingga beresolusi 4160 x 3120 pixels karena dilengkapi dengan segudang fitur pendukung pada aplikasi kameranya seperti Digital Image stabilization, Auto focus, Digital Zoom, geo-tagging, face detection, touch focus, panorama, HDR, dan self timer.

Tidak hanya bagus dalam mengambil gambar, sobat sinyaliti  juga dapat menggunakan kameranya tersebut untuk merekam dengan hasil video hingga beresolusi Full HD 1080p@30fps sebanding dengan harga Huawei GR3. Kemudian pada bagian depan sobat sinyaliti akan menemukan kamera depan yang siap menghasilkan foto selfie dengan kualitas foto terbaik karena sudah menggunakan lensa berkekuatan 5 megapixel, kamera depannya tersebut mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 2560 x 1920 pixels.

Selain itu kamera depannya juga dapat di gunakan untuk merekam video, video yang dihasilkan bahkan mampu berkualitas Full HD 1080p@30fps, tidak sampai disitu saja kamera depannya tersebut juga dapat sobat sinyaliti gunakan untuk melakukan panggilan video atau video call dengan aplikasi yang tersedia di play store. Sayangnya walapun harga Huawei GR3 ini cukup mahal namun smartphone ini belum memiliki sensor fingerprint, sensornya masih hanya sebatas Accelerometer, Proximity, dan Ambient light sensor saja. Berikut salah satu contoh foto yang diambil dengan kamera GR3.

Huawei GR3, Harga, Spesifikasi

back to menu ↑

Baterai

Mengekor pada sejumlah perangkat android yang mulai banyak menggunakan baterai Non-Removable, pengguna Huawei GR3 tampaknya bakal sedikit mengalami kendala. Terlebih untuk sobat yang aktif dengan smartphonemu, Huawei GR3 hanya akan dibekali dengan baterai Li-Po dengan kapasitas hanya 2200 mAh. Selain itu, baterainya juga bersifat non-removable yang pastinya akan sedikit merepotkan jika baterainya mengalami kerusakan. Lebih detail mengenai reviewnya dalam bentuk video, klik disini sobat sinyaliti. Baca Juga: Review Huawei Y5II: Mana yang Kamu Pilih Varian 4G LTE atau 3G HSPA?, Klik disini

8 Total Score
GOOD!

Huawei bersensor sidik jari sudah muncul di pasaran dalam beberapa model. Kebanyakan merupakan ponsel flagship dengan harga di atas 5 juta rupiah. Untuk itu kehadiran seri GR, baik GR5 maupun GR3 menjadi satu kesempatan bagi siapapun yang ingin mencoba fitur tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Dual SIM, jaringan 2G, jaringan 3G dan jaringan 4G
  • Luas layar 5.0 inches, IPS LCD
  • Sistem operasi Android v5.1 (Lollipop), antarmuka Emoticon UI 3.1 Lite
  • Kinerja Octa Core 1.5 GHz, Cortex-A53
  • RAM 2 GB
  • Dual kamera (kamera utama 13 MP + kamera depan 5 MP)
  • Memori internal 16 GB
Kekurangan
  • Layar Huawei GR3 belum dilengkapi pelindung layar
  • Baterai Huawei GR3 masih bersifat Non-removable
  • microSD dan SIM 2 menggunakan slot sama sehingga tidak dapat digunakan bersamaan
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0