Review Huawei Mate 10: Smartphone Flagship Dengan Desain Mewah

Sinyaliti.com – Smartphone canggih Huawei Mate 10 memang begitu menyita perhatian publik. Bukan tanpa sebab, karena smartphone ini diklaim bakal memiliki kelebihan yang lebih unggul jika dibandingkan dengan iPhone 8.

Tak hanya itu saja, dihadirkan sebagai generasi penerus dari Mate 9, smartphone yang mengusung nama Mate 10 besutan Huawei ini pun merupakan produk terbaru yang siap diluncurkan untuk bersaing dan melawan dominasi beberapa produk di segmen flagship seperti Galaxy S8, Xiaomi Mi6, One Plus 5, bahkan iPhone 8.

Dengan demikian, maka tak heran jika perangkat canggih ini bakal hadir dengan membawa kemampuan spesifikasi yang sangat mumpuni, dengan berbagai fitur menarik dan canggih untuk sanggup bersaing dengan para kompetitor beratnya.

Oleh karenanya, bisa dikatakan wajar jika harga untuk memboyong Mate 10 ini pun cukup mahal, dimana hal tersebut memang wajar terjadi pada sebuah perangkat berlabel flagship. Maka dari itu, yuk kita simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Huawei Mate 10 pada segmen-segmen di bawah ini.

Spesifikasi Detail Huawei Mate 10

Desain Huawei Mate 10

Di segmen pertama ini, ada sisi tampilan luar dari spesifikasi Huawei Mate 10. Untuk dimensi bodinya, perangkat ini memiliki panjang 150,5 mm, lebar 77,8 mm, dan tinggi 8,2 mm (5.93 x 3.06 x 0,32 in). Sehingga perangkat ini sangat lebar dan hampir menyerupai phablet.

Di sisi lain, yang jelas bahwa kali ini Huawei Mate 10 bakal mengusung gaya desain ala flagship modern dengan konsep layar penuh seperti halnya Galaxy S8. Bahkan, produsen asal Tiongkok yang satu ini pun juga akan tetap konsisten dengan tak memasang tombol fisik “Home” di bagian depan perangkat.

Selain itu, pada bagian layarnya sendiri, perangkat ini mengusung layar seluas 5,9 inchi (95.6 cm²) dengan rasio 81,6 % (screen-to-body-ratio) yang memiliki resolusi 1440 x 2560 piksel dengan rasio 16 : 9 berkerapatan 499ppi. Dan dilengkapi pula dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16M color, serta HDR10 compliant.

Sehingga, sudah bisa dipastikan bahwa sektor visual dari Huawei Mate 10 ini sanggup memperlihatkan tampilan visual yang begitu menawan dan memanjakan setiap mata yang memandangnya.

Tak hanya itu saja, pada bagian layarnya pun juga dilengkapi dengan pelindung layar berupa corning gorilla glass untuk mencegah ketika layar Huawei Mate 10 tersebut terkena goresan yang tak disengaja.

Bahkan, layar tersebut juga dilengkapi dengan EMUI 8.0 yang mana fitur-fitur layarnya dapat di setting dan di upgrade sedemikian rupa. Dan juga sensor fingerprint yang terletak di bagian depan yang akan memudahkan penggunanya.

back to menu ↑

Performa

Sebagai salah satu flagship modern yang bersaing di segmen kelas menengah atas, spesifikasi Huawei Mate 10 pun juga dibekali dengan beberapa komponen canggih dan tangguh. Beberapa di antaranya seperti dihadirkannya chipset HiSilicon Kirin 970 yang ditenagai prosesor Octa Core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8GHz Cortex-A53).

Tentu saja, dengan bekalan kedua komponen tersebut, maka performa yang dihasilkan Huawei Mate 10 ini pun tak akan mengecewakan penggunanya sama sekali.

Belum lagi dengan dukungan dari RAM yang berkapasitas besar, yaitu hingga 4 GB yang tak diragukan lagi bakal sanggup memberikan performa dapur pacu yang lebih gesit, handal, dan tentunya memiliki tingkat responsivitas tinggi.

Di sisi lain, perangkat super premium ini juga dibekali dengan GPU canggih untuk menampilkan grafik berkualitas tinggi, yaitu GPU Mali-G72 MP12.

Sementara itu, yang cukup menarik adalah pada sistem operasinya. Dimana kali ini pada sektor dapur pacu yang dibawa spesifikasi Huawei Mate 10 ini akan mengandalkan OS Android Oreo, yang dikenal sebagai platform terbaru dengan ragam fitur lebih modern.

Huawei juga menyediakan ruang penyimpanan yang berupa memori internal berkapasitas besar, yaitu hingga 64 GB. Jadi tak diragukan lagi bahwa kapasitasnya yang besar tersebut mampu menyimpan berbagai macam file yang berukuran besar sekaligus, seperti video, aplikasi, maupun game tanpa khawatir kapasitasnya kepenuhan.

Namun, bagi pengguna yang masih merasa kapasitas memori internal tersebut kurang, jangan khawatir. Sebab ruang simpan yang diusung Huawei Mate 10 ini masih bisa diperbesar lagi menggunakan microSD hingga kapasitas 256 GB.

Hanya saja, untuk penyematan micro SD ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yakni pada slot memory eksternal sendiri dan pada slot SIM Card 2. Yang jelas, dengan ketersediaan ruang simpan yang memiliki kapasitas besar tersebut, tentunya akan menjadi sebuah keunggulan dan daya tarik tersendiri.

back to menu ↑

Fitur

Tak hanya cukup pada sisi performanya saja yang canggih, bahkan pada sisi jaringan internet maupun konektivitas yang dibawa Huawei Mate 10 pun juga terbilang cukup canggih. Pasalnya, perangkat ini mendukung jaringan internet yang canggih garapan Huawei, yaitu 4G Cat18 LTE, yang diklaim memiliki kecepatan akses hingga 1200 Mbps. Tentu saja pengguna pun akan merasa termanjakan dengan kecepatan akses yang sangat cepat.

Selain itu, untuk konektivitas dalam hal komunikasi, Huawei Mate 10 juga menyediakan dua pilihan varian, yakni Single SIM Card (nano-SIM) dan Hybrid Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by) yang mana keduanya bisa dioperasikan atau digunakan secara bersamaan secara maksimal.

Huawei Mate 10

Selain itu, konektivitas jarak dekat pun akan mengandalkan WiFi, dual band, DLNA, WiFi Direct, dan Hotspot. Sedangkan untuk mendukung aktivitas transfer data atau file antar perangkat, kali ini Huawei menyediakan beberapa fitur berupa Bluetooth, Infrared Port, NFC, dan micro USB Type-C 1.0 reversible connector.

Nah, terakhir yang tak kalah penting pada segmen ini yakni untuk urusan informasi terkait peta lokasi. Spesifikasi Huawei Mate 10 bakal mengandalkan sistem navigasi berupa A-GPS, GLONASS, BDS, dengan tingkat akurasi pemetaan super tinggi.

back to menu ↑

Kamera

Untuk memanjakan aktivitas pengguna dalam hal pemotretan, Huawei Mate 10 dilengkapi dengan kamera super tangguh. Tentu saja bekalan kamera tangguh yang dibawanya tersebut tak lepas dari segmentasinya sebagai flagship modern agar mampu bersaing dengan para kompetitornya yang juga memiliki kemampuan kamera canggih.

Terkait lini kamera, kali ini Huawei Mate 10 membawa dual kamera dengan kamera ganda di bagian belakang bersolusi sangat tinggi, yakni 20 MP dan 12 MP. Bahkan lensa yang digunakan pun sudah menggunakan lensa OIS, 2X Lossless zoom, Leica Optics, phase detection, dan laser autofocus, serta dilengkapi pula dengan Dual LED (dual tone) flash.

Dengan kecanggihan pada kamera belakang tersebut, maka Huawei Mate 10 dipastikan akan sanggup menjepret dan menghasilkan bidikan foto yang sangat jernih dan berkualitas tinggi layaknya kamera DSLR.

Sementara itu, pada kamera depannya sendiri perangkat menggunakan kamera yang memiliki tingkat resolusi 8 MP, yang bisa digunakan untuk foto selfie dengan hasil bidikan yang sangat berkualitas.

Selain itu, sektor dokumentasi yang dibawa perangkat ini pun juga bakal bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas hingga 2160p@30/60fps. Tentu saja, dengan kecanggihan dan kemampuan kmera yang dimiliki Huawei Mate 10 ini dipastikan bakal sanggup membuat para pecinta selfie dan fotografi pun kepincut.

back to menu ↑

Baterai

Di samping memiliki ragam keunggulan, Huawei Mate 10 juga dibekali dengan sumber daya berupa baterai sebagai penyuplai tenaga. Sebagai sektor penyuplai tenaga, Huawei tak tanggung-tanggung mempersenjatai Mate 10 ini dengan baterai jenis Non-removable Li-Po (Lithium Polymer) yang memiliki kualitas lebih tinggi dari jenis Li-Ion yang sering digunakan pada beberapa smartphone. Tentu, hal ini menjadi salah satu kelebihan sendiri.

Namun, bukan hanya itu yang diunggulkan, melainkan kapasitas daya tampung pada baterai Huawei Mate 10 ini yang sanggup menyimpan suplai power hingga 4000 mAh. Pastinya, dengan bekalan kapasitas baterai yang cukup besar tersebut dipastikan perangkat bakal sanggup memenuhi kebutuhan suplai power dari setiap komponen yang disematkan pada flagship ini.

Huawei Mate 10

Tak hanya itu saja, sektor baterai yang dibawa Huawei Mate 10 ini pun juga sudah dilengkapi fitur fast battery charging yang membuatnya tak perlu butuh waktu lama saat mengisi daya baterai. Dengan begitu, tentu saja kecanggihan yang ditawarkan pada baterai dari spesifikasi Huawei Mate 10 tersebut kian menjadi sektor yang diunggulkan.

Dikabarkan, harga Huawei Mate 10 ini dibanderol dengan angka sekitar 700 euro, atau setara dengan Rp 11 jutaan. Sebuah nominal yang cukup sepadan jika dibandingkan dengan kemampuan spesifikasinya. Apalagi dengan layar beresolusi tinggi serta kemampuan komponen mesin pacu dari perangkat ini yang berada di tingkat tertinggi.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Huawei yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Huawei Mate 10 membawa desain modern dan elegan dengan mengusung layar seluas 5.9 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel. Selain itu, tak ketinggalan juga pada sektor dapur pacunya sendiri Huawei Mate 10 ini dilengkapi dengan komponen handal seperti RAM 4 GB dengan sistem operasi terbaru, yakni Android 8.0 (Oreo) yang dipastikan akan memberikan performa yang sangat gahar dan mumpuni. Belum lagi dengan kamera ganda pada sisi belakang 20 MP + 12 MP dan kamera depan 8 MP, yang dipastikan bakal semakin menguatkan sisi kemewahan dan kecanggihannya.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Desain sangat elegan dan mewah.
  • Layar luas, beresolusi tinggi dan dilapisi pelindung.
  • Mendukung jaringan 4G LTE.
  • Performa dapur pacu kencang.
  • Memory internal lega.
  • Menjalankan OS Android Nougat.
  • Mendukung sensor sidik jari.
  • Usung dual kamera utama.
Kekurangan
  • Body bongsor, sehingga kurang nyaman dioperasikan dengan satu tangan.
  • Baterai tidak dapat dilepas.
  • Harga Huawei Mate 10 mahal.
User Rating: 4 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0