Review Huawei P9: Canggihnya Kamera Leica pada Smartphone Huawei P9

Sinyaliti.com – Semakin canggih sebuah smartphone Android pastinya harganya semakin mahal, karena didalamnya telah terpasang berbagai komponen hardware terbaik yang mendukung kinerja lebih cepat dan performa lebih responsif. Semua kemampuan tersebut bisa kita jumpai pada ponsel terbaru dari Huawei, yaitu Huawei P9. Ponsel ini mengusung spesifikasi hampir sama dengan Huawei Mate 8 yang sempat menjadi ponsel Android tercepat di dunia, karena nilai benchmarknya melebihi Samsung Galaxy Note 6 dan Galaxy S6 Edge.

Selama ini Huawei dikenal jago dalam meracik sebuah smartphone Android, karena mereka selalu mendesainnya dengan bodi premium dan dilengkapi berbagai fitur canggih. Tak hayal apabila harga Hp Android Huawei selalu dibanderol dengan harga mahal, begitu pula dengan harga Huawei P9 sobat Sinyaliti. Terlebih ponsel ini membawa fitur sangat lengkap dan didukung komponen hardware terbaik. Nah bagi yang penasaran ingin tahu lebih jauh mengenai harga dan spesifikasinya, silahkan simak review Sinyaliti berikut ini.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9Spesifikasi Detail Huawei P9

Desain Huawei P9

Layar dari Huawei P9 memiliki lebar 5,2 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS-NEO LCD. Dengan adanya teknologi IPS memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Cukup disayangkan resolusinya belum Quad HD, namun Huawei akan melindunginya dengan lapisan anti gores bertipe Corning Gorilla Glass 4 dan membalutnya dengan bodi full metal yang didesain premium layaknya Huawei P8. Smartphone ini juga dilengkapi fingerprint sensor.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Ukuran layar yang bisa dibilang tidak besar dan tidak kecil juga, pas digenggaman tangan dan dioperasikan menggunakan satu tangan. Tampilan UI nya akan mengandalkan Emotion UI dengan basic sistem operasi Android Marshmallow yang terbaru, ada banyak kelebihan Huawei P9 berkat penggunaan OS Android terbaru tersebut diantaranya ketahanan baterai lebih awet dan manajemen aplikasinya lebih baik dibandingkan sistem operasi sebelumnya.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Smartphone flagship masa kini sudah jarang menggunakan bahan yang terbuat plastik dan menggantinya dengan bahan metal. Dengan bahan ini membuat Huawei P9 terlihat lebih kokoh dan elegan, terutama dengan berbagai warna logam yang ditawarkan seperti Haze Gold, Ceramic White, Rose Gold, Prestige Gold, Titanium Grey, Mystic Silver, Blue, dan Red.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

back to menu ↑

Fitur

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Pada sektor konektivitas, Huawei P9 sudah membawa jaringan 4G LTE dengan slot kartu Dual SIM. Harga Huawei P9 yang mungkin akan mahal karena dikategorikan Smartphone Flagship maka tipe koneksi yang ia dukung juga tergolong sangat lengkap, mulai dari wifi, bluetooth, nfc dan USB Type C yang saat ini menjadi trend di banyak Smartphone Android terbaru.

Selain itu hampir sama dengan smartphone flagship saat ini, Huawei P9 telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari pada bagian belakangnya. Dengan adanya pemindai ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone, membuka aplikasi, dan mengaktifkan beberapa fitur hanya dengan menempelkan jarinya pada Huawei P9. Pemindai sidik jari ini dapat mengenali 5 sidik jari berbeda yang telah didaftarkan pada smartphone. Sementara itu, respon yang diberikan pemindai ini terhadap sidik jari yang ditempelkan bisa dibilang sangat cepat.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Lebih hebatnya lagi. Ponsel ini akan didukung konektor USB Type-C yang memiliki fitur reversible connector. Sehingga sobat sinyaliti tak perlu khawatir memasukan kabel charger secara terbalik, dan mampu mempercepat pengisian daya baterai serta pengiriman data. Konektivitas 4G LTE dengan kecepatan mencapai 300 mbps dan upload 50 mbps juga dimiliki smartphone ini. Lalu terdapat pula koneksi nirkabel yang diperkuat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual band, Bluetooth v4.1, NFC, dan navigasi GPS (A-GPS, GLONASS). Nah yang tak kalah menarik, Huawei P9 akan mendukung fitur Dual Sim.

back to menu ↑

Performa

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Huawei menjadi salah satu produsen smartphone yang tak pernah berhenti berinovasi dalam merancang smartphone Android. Tak hayal mereka berhasil masuk kejajaran 5 besar smartphone terlaris di dunia dan bersaing melawan Apple, Samsung, Xiaomi, dan Lenovo. Tak hanya itu, mereka juga berhasil mengembangkan chipset yang memiliki performa sangat powerull, yakni chipset HiSilicon Kirin 950.

Didalamnya telah terintegrasi processor Octa Core 64-Bit yang memiliki kecepatan (Quad-core 2.3 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.8 GHz Cortex-A53) dan terintegrasi pada GPU Mali-T800MP4. Komponen hardware yang mengotaki Huawei P9 memiliki performa sangat cepat, dan akan dioptimalkan oleh Ram 3GB serta pilihan memori internal yang terdiri dari 16GB dan 64GB. Melihat kapasitas Ram-nya yang masih 3GB, kemungkinan harga Huawei P9 akan dibanderol cukup terjangkau, dan pastinya lebih murah dibandingkan Galaxy S7 maupun LG G5 yang memiliki Ram 4GB.

Sementara untuk bagian software, smartphone ini telah mengadopsi OS Android Marshmallow 6.0 yang dipercantik tampilan antarmuka Emotion UI yang membawa user interface lebih menarik. Slot microSD juga disediakan untuk menambah daya tampung memori bawaan smartphone ini. Jadi sobat sinyaliti tak perlu khawatir apabila membeli varian 16GB, karena kebutuhan media penyimpanan akan tercukupi dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimum 128GB.

Tentunya harga Huawei P9 16GB akan lebih murah dibandingkan harga Huawei P9 64Gb, sehingga bisa menjadi solusi bagi sobat sinyaliti yang memiliki budget terbatas namun ingin merasakan kehebatan kamera utama Huawei P9 yang dilengkapi fitur  beresolusi tinggi

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Menariknya, dua kamera ini memiliki dua sensor warna yang berbeda. Dimana kamera satunya memiliki sensor RGB (berwarna) dan kamera satunya lagi monokrom (hitam putih). Ketika melakukan foto, kamera dari Huawei P9 dapat mengombinasikan sensor RGB dan monokrom sehingga menghasilkan foto dengan warna yang lebih detail.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

Bahkan ketika penggunanya menggunakan kamera dengan sensor monokrom saja akan menghasilkan foto khas Leica. Meskipun aperture kamera yang dimiliki smartphone ini hanya f/2.2. Namun bisa menghasilkan foto bokeh atau efek background blur dramatis seperti aperture f/0.9 berkat adanya dua kamera utama. Salah satu kameranya berfungsi utnuk mengambil kedalaman gambar sehingga efek blur bisa diatur sebelum atau sesudah mengambil gambar.

Selain itu, penggunanya juga bisa memanfaat fitur light painting untuk bisa mengambil foto momen cahaya di jalanan maupun melukis cahaya dengan mudah. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.4 ditambah fitur Beauty yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie maupun wefie dengan baik. Berikut dibawah ini salah satu foto yang diambil dengan Huawei P9 Sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Huawei P9

back to menu ↑

Baterai

Sobat Sinyaliti tak perlu khawatir kehabisan daya baterai saat berfoto selfie. Dibalik cover belakang berlapis metal yang diusung smartphone ini, telah terpasang baterai Li-Ion berdaya 3.900 mAh. Baterai berjenis tanam atau non-removable tersebut, sudah pasti akan sangat irit dan bisa sobat andalkan seharian penuh dalam berkomunikasi, dan menikmati akses internet pada jaringan 4G LTE. Lebih hebatnya lagi, ponsel ini akan didukung konektor USB Type-C. Dengan fitur reversible connector, sehingga sobat tak perlu khawatir memasukan kabel charger secara terbalik. Kabarnya smartphone ini juga mampu mempercepat pengisian daya baterai, dan pengiriman data.

Huawei P9 menawarkan spesifikasi hardware powerfull dan dipercantik tampilan luar premium. Sobat Sinyaliti akan mendapatkan sebuah smartphone Android berbalut full metal dengan kehebatan teknologi Dual Kamera yang tertanam pada back cover bersamaan dengan sensor pemindai sidik jari (Fingerprint Sensor). Tertarik memilikinya? Klik disini untuk video lengkap review tampilan Huawei P9 dalam bentuk video sobat Sinyaliti.

9 Total Score
Excellent!

Huawei semakin menunjukan eksistensinya sebagai salah satu vendor besar yang keberadaanya patut diperhitungkan para kompetitornya. Hal ini terlihat dengan smartphone terbaru mereka Huawei P9 yang dipersiapkan untuk bersaing dikelas high-end. Jika dilihat dari segi tampilan, smartphone ini terlihat begitu mewah dan elegan, sehingga mampu meninggalkan kesan merek China yang dikenal dengan kualitas yang kurang bagus. Penggunaan bahan material alumunium alloy semakin menambah kesan premium serta terlihat sangat solid dan kokoh dalam genggaman.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8.5
Kamera
9
Baterai
8
PROS
  • Desain elegan dengan balutan bahan full metal alumunium
  • Layar IPS Neo LCD 5.2 inchi resolusi Full HD yang sangat nyaman digunakan
  • Layar dilapisi dengan Gorilla Glass 4
  • Mendukung kemampuan Dual-SIM stanby
  • Support Jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint sensor
  • CPU HiSilicon Kirin 955 Quad-core 2.5 GHz & quad-core 1.8 GHz kinerjanya cukup tangguh
  • RAM 3 / 4 GB dan memori internal 32 / 64 GB untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi.
  • Kamera Utama Dual 12 MP + 12 MP f/2.2, 27 mm, Leica optics, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Kamera depan 8 MP untuk menunjang foto selfie
  • Baterai 3000 mAh untuk menunjang kinerja HP
CONS
  • Tidak ada kemampuan IP68 ( tahan air )
  • Slot sim 2 menyatu dengan slot microSD
  • Baterai Non-removable
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0