Review Iphone 5: Peringkat atas Smartphone iOS

Sinyaliti.com – Memang tidak ada hentinya Apple dalam meluncurkan smartphonenya dengan produk iPhone andalannya. Setelah iPhone 4, 4S, dan 4 CDMA dirilis di Indonesia, kali ini giliran iPhone 5 yang melakukan tugasnya dalam menduduki peringkat atas smartphone iOS. So, Bagaimana spesifikasi dan harga iPhone 5 tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini sobat Sinyaliti.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

Spesifikasi Detail Iphone 5

Desain  Iphone 5

Tampilan iPhone 5 sendiri sebenarnya masih memiliki benang merah dari gaya desain iPhone 4/4S namun lebih sempurna lagi sehingga penampilan iPhone 5 terlihat lebih menggoda. Balutan chrome pada sisi sudutnya masih dipertahankan dengan warna yang lebih mentereng. Lalu pada sisi belakangnya tidak lagi menggunakan lapisan kaca melainkan lapisan chrome yang hampir menutupi seluruh sisi belakangnya.

Harga, spesifikasi, iPhone 5 Dengan ukuran bodi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan berat 112 gr membuat body iPhone 5 menjadi lebih ramping ringan dengan layar yang lebih luas dari generasi iPhone sebelumnya. Letak tombol-tombol hampir serupa dengan iPhone terdahulu, hanya saja untuk jack earphones pada iPhone 5 berada dibagian bawah.iPhone 5 masih mempertahankan layar Retina Display-nya, namun dengan tampilan grafis dan warna yang terlihat lebih cerah dan tajam.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

iPhone 5 menggunakan teknologi In-Cell pada sektor layar sehingga performanya meningkat namun hadir dengan ukuran yang lebih tipis. Hal ini juga sudah dibuktikan dari hasil pengujian oleh DisplayMate. Kualitas layarnya tak perlu diragukan lagi. Pada bagian layar yang berukuran 4.0 “ tersebut, iPhone 5 dilengkapi dengan tipe layar LED-backlit IPS TFT, capasitive touchscreen dengan 16 juta warna.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

Resolusi layarnay sendiri adalah 640 x 1136 pixel dengan kerapatan layar 326 ppi, serta dukungan fitur lain yang ditujukan untuk perlindungan layar anti gores dan teknologi Corning Gorilla Glass dan oleophobic coating.

back to menu ↑

Fitur

Harga, spesifikasi, iPhone 5

Fitur iPhone 5 diantaranya MP3 Player, Game, MP4 Player dan masih banyak lagi yang lainnya. Fitur-fitur ini telah di sediakan Apple untuk para pengguna smartphone besutannya ini. Serta beberapa fitur tambahan yang mendukung kualitas gambar seperti, simultaneous HD video dan image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama HDR.

Di sektor jaringan, iPhone ini mengalami upgrade dari generasi sebelumnya karena kini ia mendukung 4G LTE. Layanan LTE operator GSM di Indonesia (XL, Telkomsel, Indosat) bisa digunakan dengan lancar (jangan lupa memastikan  bahwa Nano SIM yang anda gunakan sudah mendukung LTE). Jaringan tidak bisa dikunci di LTE/3G only, tetapi bisa dikunci di 2G (EDGE).

Fiture lainnya juga tersedia seperti MP3 Player, Game, MP4 Player dan masih banyak lainnya yang sudah di sediakan Apple untuk para pengguna smartphone besutannya ini dengan Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass.

iPhone 5s 64GB ini seperti nama serinya yang mana memiliki memori internal sebesar 64GB, ponsel Apple ini tidak memiliki memori eksternal, hanya mengandalkan memori internal saja yang sudah di includekan cukup besar. Nah untuk memori RAM nya memiliki ukuran 1 GB RAM DDR3. Ukuran memori RAM ini sudah cukup bagus untuk mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi ayng di gunakannya.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

back to menu ↑

Performa

iPhone 5S 64GB ini memili spesifikasi yang cukup tinggi, pasalnya sistem operasi yang di gunakan sudah menggunakan iOS 7 yang merupakan OS terbaru dari Apple untuk smartphonenya. OS tersebut dioptimalkan dengan prosesor yang sudah suport 64 bit yakni Apple A7 CPU Dual-core 1.3 GHz Cyclone (ARM v8-based), GPU PowerVR G6430 (quad-core graphics) dan sensor yang di pakai adalah Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass.

Memori HP, RAM 1GB DDR3 tersebut akan membantu pengoptimalan kinerja dari ponsel ini, sehingga nanti akan menghasilkan performa ponsel yang cukup smooth. Semua aktivitas di iPhone 5 akan terasa sangat cepat. Contohnya Dalam membuka situs yang tengah ramai dikunjungi dan berukuran besar, tak akan ditemukan kendala berarti. Setiap halaman muncul dalam tempo yang sangat singkat, tanpa hambatan sama sekali.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

Sebelumnya, Apple menggunakan dock connector berukuran 30-pin pada perangkat iOS-nya. Dan kini, di iPhone 5, mereka menggunakan dock berukuran 8-pin atau biasa disebut dengan Lightning. Lightning bisa dipasang dalam posisi apapun. Hal ini sangat membantu sekali karena hanya tinggal pasang dan terkoneksi. Memang, awalnya agak tidak biasa melihat connector yang lebih kecil namun, ini hanya masalah biasa atau tidak.

Earpods adalah sebuah headset dengan design yang eksklusif untuk iPhone 5. Bentuknya sangat presisi di telinga sehingga mendengarkan lagu dalam durasi lama, tidak akan menyakiti telinga. Kualitas Suara yang dihasilkan sendiri jauh lebih baik dari headset Apple sebelumnya. Suara bass di Earpods sangat tebal, suara treble yang dihasilkan juga begitu garing. Bisa dikatakan bahwa Apple melakukan pemutakhiran yang sangat signifikan pada Earpods.

back to menu ↑

Kamera

Kamera iPhone 5 menggunakan sensor Exmor R IMX145 besutan Sony, dengan spesifikasi 8MP AF f/2.4 5-element lens ditemani sebuah LED flash di belakang, sedangkan di bagian depan ia menggunakan sensor beresolusi 1.2MP. Dibandingkan iPhone 4S, peningkatan spek kamera belakangnya tak terlalu signifikan, namun kamera depan naik cukup jauh (dari VGA menjadi 1.2MP).

Tampilan menu kameranya sangat khas iPhone, minim pengaturan. Mode yang disediakan cukup lengkap, mulai dari time lapse, video (beresolusi 1080p dengan kamera belakang dan 720p dengan kamera depan), photo, square (foto berformat 1:1 alias kotak), dan panorama. Pengaturan flash, grid, timer, switch kamera depan-belakang, dan sembilan filter foto juga terdapat didalamnya. Sayang, iPhone 5 belum mendukung mode slow motion video seperti pada 5S/6/6S. Berikut dibawah ini adalah hasil foto yang diambil dengan iPhone 5.

Hasil kamera di luar ruangan pada keadaan cahaya berlimpah, sama memuaskannya seperti 4S. Detail foto tampak natural dan tidak terdeteksi adanya noise. Shutter speed jauh lebih cepat dibanding 4S, begitu juga kecepatan penguncian fokusnya. Beralih ke kondisi dalam ruangan dengan pencahayaan terang, hasilnya masih sama memuaskannya seperti di luar ruangan dengan level noise sedikit. Kecepatan shutter dan penguncian fokus juga masih cepat. Memotret objek di jarak dekat juga memuaskan. Fokusnya walaupun berkecepatan standar namun akurat memfokuskan objek, dan kedalaman foto yang dihasilkan oke. Detail yang sangat baik, turut mempercantik foto yang dihasilkan dengan ponsel ini. Berikut dibawah ini adalah hasil foto yang diambil dengan iPhone 5 sobat Sinyaliti.

Harga, spesifikasi, iPhone 5

Kamera depan beresolusi 1.2MP mungkin bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan lagi saat ini. Tetapi, justru bagian ini adalah nilai jual utama iPhone 5 dibanding ponsel Android yang dicari-cari oleh orang. Mengapa? Karena meskipun resolusi kameranya kecil dan tidak begitu detil hasilnya, ia mampu menghasilkan foto natural tanpa efek poles dan distorsi Hal inilah yang membuat pecinta selfie masih memburu iPhone 5 hingga kini.

Perekaman video mendukung hingga 1080p di kamera depan (bisa diatur menjadi 720p) dan 720p di kamera depan. Hasil rekamannya memuaskan, dengan warna tampil alami, framerate terjaga di 30 fps, autofokus bekerja cepat, juga minim goyangan walaupun tangan bergoyang ketika merekam. Satu lagi, audio yang terekam sangat jelas dan bersih.

back to menu ↑

Baterai

Harga, spesifikasi, iPhone 5 Kelemahan yang ada pada spesifikasi IPhone 5 ini adalah daya baterai non-removable yang tidak dapat dilepas dari gadget. Untuk kapasitas daya baterainya sendiri handphone dari Apple ini memiliki kapasitas baterai sebanyak 1440 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu rasanya masih kurang untuk mendukung IPhone 5 ini hidup lebih lama. Selain itu daya baterai yang boros juga menjadi sorotan dengan waktu standy-by hanya 225 jam , talk time 8 jam , dan musik play 8 jam membuat sobat Sinyaliti harus selalu siaga dengan power bank dan charger untuk dapat menggunakan smartphone ini dengan maksimal. Lebih detail mengenai spesifikasinya, klik disini sobat Sinyaliti.

9 Total Score
Excellent!

iPhone 5 memakai desain yang mewah, style simple, enak di genggaman, fiture banyak, dan sistem operasi sudah menggunakan iOS 7 yang mendukung aplikasi berjalan pada prosesor 64bit. Pasalnya prosesor yang di gunakan sudah menggunkaan 64 bit.

Desain
8.5
Fitur
8.5
Performa
8.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Tambilan gambarnya sangat jelas dan jernih berkat layar LED Backlit IPS LCD serta resolusi 640 x 1136 pixels.
  • Menggunakan dapur pacu Dual-core berkecepatan 1.3 GHz Swift serta RAM 1 GB.
  • Menggunakan sistem operasi iOS 6 yang bisa di upgrade hingga iOS 7.1.1
  • Memiliki tiga pilihan kapasitas memori internal yang besar, yakni 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.
  • Memiliki kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan dengan resolusi 1.2 MP.
  • Untuk kamera belakang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik diantaranya: LED flash, geo-tagging, 1/3.2” sensor size, HDR, face focus, dan sebagainya. Bisa juga digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p.
  • Untuk kamera depan bisa digunakan untuk video call dengan gambar yang jelas.
  • Memiliki fitur konektivitas yang banyak sesuai kebutuhan kita, yakni 2G, 3G, 4G LTE, serta dilengkapi dengan Wi-Fi, USB v2.0, dan bluetooth v4.0 dengan A2DP dan LE.
CONS
  • Harganya yang ditawarkan cukup mahal
  • Tidak memiliki fitur radio FM
  • Masih menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas atau non-removable serta kapasitas yang rendah yakni 1440 mAh.
  • Tidak memiliki slot memori eksternal, hanya bisa bergantung pada slot memori internal dan tidak bisa ditambah.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0